on

Perbandingan Microsoft Surface Pro 3 vs. Microsoft Surface Pro 4

Microsoft akhirnya memperkenalkan generasi terbaru lini produk Surface Pro bersama beberapa produk terbaru mereka lainnya seperti Lumia 950 dan 950 XL. Menurut para pengamat, perbedaan antara Microsoft Surface Pro 3 vs. Microsoft Surface Pro 4 sangat signifikan hingga rasanya layak merelakan Surface Pro 3 untuk upgrade ke Surface Pro 4.

Namun sebelum Anda terburu-buru melego Microsoft Surface Pro 3 yang sudah dimiliki ada baiknya mempertimbangkan ulang. Sebab Microsoft pada event yang sama juga merilis beberapa aksesoris yang kompatibel pula dengan Surface Pro 3 masing-masing adalah Pro Type Cover serta Surface Dock model baru yang memiliki 2 mini DiplayPort, port Gigabit Ethernet 4x USB 3.0 serta audio jack. Lantas pilhan mana yang lebih baik antara membeli aksesoris baru atau mengganti dengan Surface Pro terbaru? Silakan simak terlebih dahulu perbandingan Microsoft Surface Pro 3 vs. Microsoft Surface Pro 4 berikut.

Perbandingan Microsoft Surface Pro 3 vs. Microsoft Surface Pro 4


Beberapa Perbedaan Microsoft Surface Pro 3 vs. Microsoft Surface Pro 4

Tidak salah memang jika banyak yang menyebut ubahan Microsoft Surface Pro 4 sangat signifikan jika dibandingkan dengan Surface Pro 3. Dari sisi layar saja sudah demikian kentara. Kali ini sang produsen memperkenalkan layar dengan teknologi Pixelsense berukuran 12.3 inch dengan resolusi 2736 x 1824 yang jelas meningkat cukup pesat dibanding pendahulunya.

N-Trig pada layar Microsoft Surface Pro 4 kini lebih responsif serta sensitif berkat dukungan 1024 level sensitivitas tekanan. Pen-top eraser-nya juga bisa dilekatkan di bingkai layar dengan magnet.

Perbandingan Harga Microsoft Surface Pro 3 vs. Microsoft Surface Pro 4

Tentu saja performa komputasi tak luput dari penyempurnaan, kali ini Microsoft memercayakan prosesor Core M3 MY30 untuk versi termurahnya di samping Intel Core i5-6300 U dan Core i7-6650U untuk versi menengah dan teratasnya. Namun demikian untuk port yang tersedia berikut tata letaknya masih tidak berubah, sebelumnnya sempat muncul rumor Microsoft Surface Pro akan menawarkan prot USB tipe C dan bahkan NFC. Kenyataannya tidak demikian, alasan sang produsen tidak mengubah port dan tata letak adalah supaya docking tipe lama tetap bisa dipakai dan kompatibel dengan Microsoft Surface Pro.

Di atas kertas Microsoft Surface Pro 3 pun sebenarnya juga sudah mendukung Windows 10, namun pengalaman menggunakan Windows 10 akan lebih optimal bersama Microsoft Surface Pro 4 karena generasi terbaru ini memang sejak awal dirancang dan dioptimasi secara khusus untuk menjalankan sistem operasi Windows terbaru tersebut.

Perbandingan Spesifikasi Microsoft Surface Pro 3 vs. Microsoft Surface Pro 4

Hal-hal yang baru pada Microsoft Surface Pro

  • Layar lebih lebar (12.3-inches)
  • Resolusi layar 2736 x 1824
  • Prosesor Intel Core generasi ke-enam.
  • Hello-compatible front camera and 8 MP auto-focus rear cam.
  • Maximum 1TB storage and 16 GB RAM
  • Improved pen and digitizer technology
  • Slightly reduced weight: 766 grams (minimum) vs 799 grams
  • Thickness slightly reduced to 8.45 mm (from 9.14 mm)