on

Impresi Awal Duo Lumia Terbaru: Microsoft Lumia 950 dan Lumia 950 XL

Microsoft Lumia 950 dan Microsoft Lumia 950 XL yang diperkenalkan bersamaan dengan Surface Pro 4 serta Microsoft Band 2 tampak cukup menjanjikan. Tidak heran, pasalnya kedua Windows Phone terbaru ini diposisikan sebagai flagship models dari raksasa perangkat lunak yang kini agresif merambah ke industri lain tersebut.

Selain spesifikasi dua Microsoft Lumia terbaru tersebut terdengar penuh potensi, keduanya juga mengusung beberapa fitur unggulan yaitu Hello biometric logins dan Continuum. Dugaan bahwa Microsoft sudah menyerah dengan Windows Phone pun seolah sirna lewat kehadiran Microsoft Lumia 950 dan Microsoft Lumia 950 XL. Simak impresi awal untuk kedua handphone terbaru berbasis Windows Phone tersebut.

Spesifikasi dan Harga Microsoft Lumia 950 dan Lumia 950 XL


Mengenal Microsoft Lumia 950 dan Microsoft Lumia 950 XL

Baik Microsoft Lumia 950 maupun 950 XL sama-sama mengandalkan chipset Snapdragon terbaru yang umun digunakan juga oleh kompetitor sekelasnya yang berbasis Android. Lumia 950 menggunakan Snapdragon 808 seperti digunakan oleh LG G4 sementara Lumia 950 XL menggunakan Snapdragon 810 seperti digunakan pula oleh Sony Xperia Z5. Cukup mengejutkan mengingat di masa lalu ponsel Lumia tidak pernah menggunakan chipset terkini.

Selain chipset terbaru, duo Lumia 950 dan 950 XL juga dibekali RAM berkapasitas 3 GB serta memori internal berkapasitas 32 GB yang tentu saja mendukung pula memori eksternal via microSD.
Di sektor layar Lumia 950 menggunakan layar 5.2 inch sementara 950 XL sesuai namanya memiliki layar sedikit lebih lebar yaitu 5.7 inch. Kedua layar menggunakan teknologi yang sama yaitu AMOLED dengan tingkat resolusi yang sama pula 2560 x 1440 ppi.

Fitur kamera keduanya juga tidak berbeda, dengan modul 20 MP berikut fitur OIS sebagai kamera primer dan modul 5 MP sebagai kamera sekunder. Semenjak generasi pertamanya ponsel Lumia terutama untuk kelas high-end selalu dikenal memiliki kamera dengan performa yang solid dan reliable.

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Lumia 950 dan Lumia 950 XL


Sejauh ini satu-satunya kelemahan Microsoft Lumia 950 dan Microsoft Lumia 950 XL setidaknya pada impresi tahap awal ini adalah seputar desain yang tak banyak berubah dari tahun-tahun sebelumnya dan sejujurnya tampak ketinggalan jaman jika membandingkan dengan iPhone 6s, Samsung Galaxy S6, LG G4, Sony Xperia Z5 atau bahkan OnePlus 2.
Sejak masih digarap oleh Nokia hingga setelah digarap langsung oleh Microsoft hampir tak ada ubahan berarti di sisi desain kecuali sekedar permainan warna.

Build quality-nya sangat solid, namun tak ada istimewanya dari segi estetika. Bukan hanya disayangkan namun juga mengejutkan dalam arti negatif mengingat sebenarnya desainer produk Microsoft cukup mumpuni, tengok saja hasil kerja mereka pada lini Microsoft Surface misalnya.

Opini Awal Microsoft Lumia 950

Meski belum mencoba secara langsung kedua Microsoft Lumia terbaru namun melihat data di atas kertas serta penampakannya rasanya tak berlebihan jika menilai Microsoft Lumia 950 dan Microsoft Lumia 950 XL cukup memiliki potensi untuk kembali mengangkat citra Windows Phone. Desain yang outdated sejauh ini menjadi satu-satunya kekurangan.

Estimasi harga Microsoft Lumia 950 bakal ada di kisaran Rp 7,5 juta-an, sedangkan harga Microsoft Lumia 950 XL sedikit lebih mahal yaitu menyentuh Rp 9 juta. Minimnya aplikasi acapkali menjadi alasan calon konsumen mengurungkan niat membeli smartphone berbasis WP ketimbang Android atau iOS, namun tantangan sesungguhnya bagi Microsoft sebenarnya justru keraguan yang mulai muncul di kalangan konsumen loyal sebab dalam setahun belakangan ini sang produsen kurang memberikan support positif terutama dalam pembaruan (update) aplikasi yang populer digunakan, salah satunya Facebook for Windows Phone.