on

Microsoft Surface Pro 3 Review : Mampu Menggantikan Laptop?

Microsoft Surface Pro 3 kembali menjadi tablet Windows terbaik terlepas dari kritik yang ditujukan kepadanya. Fakta ini tidak terlalu mengejutkan mengingat bahwa Micrsoft sudah barang tentu lebih mengerti spesifikasi hardware seperti apa yang paling ideal menjalankan sistem operasi buatan mereka. Berbeda dengan Microsoft Surface Pro 2 yang diposisikan sebagai pengganti tablet maupun laptop Surface Pro 3 secara khusus diposisikan hanya sebagai pengganti laptop oleh pabrikannya.

Microsoft Surface Pro 3 hadir dengan layar yang lebih besar dibandingkan dengan pendahulunya, demikian pula dengan resolusi yang lebih tinggi. Dengan layar berukuran 12 inch dan resolusi 2160 x 1440 pixels jelas perbedaannya sangat kentara jika dibanding Surface Pro 2 yang hanya memiliki resolusi layar 1920 x 1080 pixels. Baik ketajaman warna maupun kontras terasa jauh lebih baik pada Microsoft Surface Pro 3.

Microsoft Surface Pro 3 Review

Meski ukuran layarnya lebih besar namun pada dasarnya Microsoft Surface Pro 3 masih tetap layak diposisikan sebagai pangganti Tablet. Sebab dengan bobot 795 gram dan tebal 9 mm rasa-rasanya Tablet Windows buatan Microsoft ini masih terasa praktis kala digunakan sebagai tablet. Dengan bobot dan tebal tersebut bahkan Microsoft Surface Pro 3 masih lebih nyaman digunakan sebagai tablet dibanding rata-rata laptop hybrid.

Soal performa Microsoft Surface Pro 3 tak bisa dianggap remeh meski ukurannya tak sebesar laptop. Di balik casing-nya tersembunyi prosesor generasi keempat keluaran Intel yaitu i5-4300U dengan kecepatan 1.9 GHz. Prosesor ini didukung dengan DDR3 SDRAM berkapasitas 8 GB serta SSD 256 GB. Perlu digarisbawahi bahwa Microsoft Surface Pro 3 menjalanlan sistem operasi Windows 8.1 64 bit dalam versi penuh, artinya persis sama seperti laptop ataupun desktop. Itulah salah satu keunggulan Microsoft Surface Pro 3 jika dibanding tablet Android atau tablet Windows lain yang umumnya masih menjalankan Windows RT.


Spesifikasi Microsoft Surface Pro 3

Software

Windows 8.1 Pro

Exterior

Casing: Magnesium • Color: Silver • Physical buttons: Volume, Power, Home

Dimensions

11.50 x 7.93 x 0.36 in (292.10 x 201.42 x 9.14 mm)

Weight

1.76 lbs (0.79 kg)

Hard drive size2

Solid state drive (SSD) 256GB

Memory

8GB RAM

Display

Screen: 12" ClearType Full HD Display • Resolution: 2160 x 1440 • Aspect Ratio: 3:2 • Touch: Multitouch input

Processor

256GB/Intel i5 version:
4th generation Intel Core i5-4300U 1.90 GHz with Intel HD Graphics 4400

TPM (Trusted Platform Module) chip for enterprise security

Wireless

802.11ac/802.11a/b/g/n

Bluetooth

Bluetooth 4.0 Low Energy technology

Battery Life

Up to 9 hours of web browsing5

Cameras and Video

5MP and 1080p HD front- and rear-facing cameras • Built-in front- and rear-facing microphones • Stereo speakers with Dolby Audio-enhanced sound

Audio

Stereo speakers with Dolby Audio-enhanced sound

Ports

Full-size USB 3.0 • microSD card reader • Headphone jack • Mini DisplayPort • Cover port • Charging port

Sensors

Ambient light sensor • Accelerometer • Gyroscope • Magnetometer

Warranty

1-year limited hardware warranty6

Surface Pen

Dimensions: 135mm (length), 9.5mm (diameter) • Weight: 20 grams

Pre-installed Apps

Flipboard • Skype Wi-Fi • Skype • OneNote MX • Solitaire • Mahjong • Sudoku/Microsoft Number Puzzle • Fresh Paint

In the box

Surface Pro 3 • Surface Pen • 36-watt power supply • Quick Start Guide • Safety and warranty documents
Dengan spesifikasi Microsoft Surface Pro 3 itulah maka tak terasa berlebihan jika pihak Microsoft berani mengklaim bahwa Surface Pro merupakan pengganti dari laptop dalam bentuk yang lebih praktis.
Satu hal yang disayangkan dan tidak terasa sejalan dengan klaim pabrikan yang menyebutnya sebagai pengganti laptop adalah fakta bahwa keyboard cover-nya dijual secara terpisah.

Dalam pembelaannya, Microsoft menyebut bahwa alasan keyboard cover tidak menjadi aksesoris standar pada Microsoft Surface Pro 3 adalah agar konsumen bisa memilih warna sesuai dengan seleranya. Warna yang disediakan antara lain cyan, red, purple, black dan blue. Manapun pilihan Anda keempatnya tampak menarik dipadukan dengan warna casing Surface Pro 3, perpaduan kontras warna grey pada tablet Windows besutan Microsoft itu dengan pilihan keyboard yang ada tampak atraktif.

Microsoft Surface Pro 3 Review

Microsoft Surface Pro 3 Review

Cover keyboard-nya sendiri sudah dilengkapi dengan backlight sehingga tetap bisa berfungsi dengan baik saat digunakan di ruangan yang minim cahaya atau malam hari di luar ruangan. Berbeda dengan pendahulunya, keyboard pada Surface Pro 3 kini memiliki touchpad yang lebih luas sekaligus lebih rigid sehingga proses mengetik terasa jauh lebih nyaman. Kini tablet Windows buatan Microsoft ini bahkan benar-benar bisa disetarakan dengan sebuah ultrabook.

Namun demikian ada beberapa kelemahan Surface Pro 3 yang tidak bisa sepenuhnya menggantikan laptop atau ultrabook. Dari segi produktivitas memang tak ada kekurangan Surface Pro dibanding laptop namun karena dimensinya yang kecil maka posisi tangan tidak senyaman menggunakan laptop. Selain itu karena antara layar dan keyboard merupakan dua bagian terpisah maka proses memindah dari satu posisi ke posisi duduk yang lain tidak sepraktis laptop yang kesemuanya merupakan satu bagian utuh.

Memang antara layar dengan keyboard hanya disatukan oleh magnet seperti versi sebelumnya, namun magnet tersebut terbukti kuat. Bahkan Anda bisa memegang keyboardnya saja tanpa menjatuhkan layar atau tablet yang melekat pada keyboard tersebut.

Microsoft Surface Pro 3 Review

Sebagai sebuah Tablet, Tablet Windows ini dilengkapi dengan stylus pen seperti yang terdapat pada Samsung Galaxy Note 4. Keunggulan Microsoft Surface Pro 3 di bagian ini pertama-tama layarnya sudah dilapis dengan Gorilla Glass 3 sehingga tidak mudah tergores. Keunggulan kedua adalah konstruksi desain layar yang menyatu antara glass dengan layarnya sendiri sehingga tidak ada jarak(gap) antara kedua bagian tersebut. Hasilnya stylus pen terasa lebih alamiah ketika digunakan, bahkan jauh lebih baik dibandingkan S-Pen pada Samsung Galaxy Note 4.

Harga Microsoft Surface Pro 3

Saat ini perangkat buatan Microsoft ini hanya tersedia dalam satu pilihan saja yaitu menggunakan prosesor Intel Core i5. Harga Microsoft Surface Pro 3 sendiri saat ini dibanderol $1299, dengan berbagai kelebihan yang dimiliki rasa-rasanya harga tersebut cukup layak. Surface Pro dalam banyak hal sudah bisa diposisikan sebagai pengganti laptop, sementara dibanding rivalnya Mac Book Air bahkan Surface Pro 3 masih lebih layak diunggulkan.

Microsoft Surface Pro 3 Review

Sayangnya hingga saat ini tidak mudah mendapatkan unit Microsoft Surface Pro 3 di Indonesia, selain itu jika terjadi kerusakan tidak bisa diperbaiki disembarang toko namun harus ke outlet resmi yang ditunjuk oleh Microsoft.