on

Pilih iPhone 6s atau Samsung Galaxy S6?

Genderang perang yang menandai babak baru kompetisi klasik smartphone kelas high-end antara Apple vs. Samsung pun kembali memasuki babak baru bersamaan dengan dirilisnya iPhone 6s belum lama ini. Kompetisi tersebut tak lain merupakan duel sengit iPhone 6s vs. Samsung Galaxy S6 yang sudah pasti keduanya akan menjadi pertimbangan utama konsumen di segmen puncak tersebut sekalipun ada banyak pilihan merek lain.

Baik iPhone 6s maupun Samsung Galaxy S6 sama-sama menawarkan perubahan yang lumayan signfikan dibanding para pendahulunya. Mulai sektor desain, performa dan bahkan fitur keduanya menawarkan sebuah revolusi yang selama ini memang diharapkan oleh konsumen loyal masing-masing. Bagaimanapun tidak setiap konsumen merupakan konsumen loyal atau fanatik, tak sedikit yang bersedia bergonta-ganti merek baik atas nama pengalaman maupun dalam rangka mencari yang terbaik dari yang terbaik. Jika Anda termasuk tipe konsumen tersebut silakan menyimak perbandingan iPhone 6s vs. Samsung Galaxy S6 berikut.

Pilih iPhone 6s atau Samsung Galaxy S6?


Perbandingan Desain & Spesifikasi iPhone 6s vs. Samsung Galaxy S6

Apple iPhone 6s Samsung Galaxy S6

Screen size
4.7-inches 5.1-inches

Screen resolution
1334x750 2560x1440
Weight 143 grams 138 grams
OS iOS 9.0.1 Android 5.1.1 Lollipop

Rear camera
12-megapixels 16-megapixels

Front camera
5-megapixels 5-megapixels
Processor Apple A9 Samsung Exynos 7420
Memory 2GB 3GB
Storage 16GB/64GB/128GB 32GB/64GB/128GB
4G Yes Yes

Kali ini baik iPhone 6s maupun Samsung Galaxy S6 sama-sama mengandalkan material aluminium 7000 series sebagai material utama pembuatan casing keduanya. Apple meninggalkan material yang lama menjadi ciri khasnya dalam rangka menghindari skandal “bendgate” yang sempat menggoyahkan penjualan iPhone 6 tahun lalu. Sementara Samsung setelah bertahun-tahun akhirnya mengakui bahwa casing polycarbonate yang selama ini menjadi andalan Galaxy seri S memang menjadikannya berkesan murahan.

Hasilnya baik iPhone 6s maupun Samsung Galaxy S6 kali ini sama-sama tampil solid, memikat, premium sekaligus elegan serta mampu merepresentasikan diri masing-masing sebagai sebuah flagship model yang layak ditebus dengan harga relatif mahal.

Fitur layar juga menjadi biang persaingan sengit antara Apple dan Samsung di segmen high-end. Seperti biasa Samsung masih mengandalkan teknologi Super AMOLED untuk layar 5.1 inch Galaxy S6 yang memiliki tingkat kepadatan warna 577 ppi.
Pada sisi lain Apple tidak banyak melakukan penyempurnaan. Layar 4.7 inch dengan resolusi 1334 x 750 ppi milik iPhone 6s dengan kepadatan warna 326 ppi tak dipungkiri tetap merupakan salah satu yang terbaik tahun ini. Namun sayangnya kala diperhadapkan dengan layar Galaxy S6 kentara bagaimana inferiornya layar kebanggaan pabrikan berbasis di Cupertino ini.

Perbandingan Samsung Galaxy S6 vs. iPhone 6s

Alih-alh melakukan evolusi pada teknologi layar yang tahun-tahun sebelumnya menjadi salah satu keunggulan iPhone justru Apple pilih menempatkan fitur 3D Touch sebagai key selling point tahun ini.

Masuk pada perbandingan performa komputasi iPhone 6s vs. Samsung Galaxy S6 keduanya sama-sama mengandalkan chipset terbaru untuk memastikan performa optimal. Chipset A9 meski tidak dipaparkan secara detil namun tentu saja merupakan chipset tercepat yang pernah dimiliki oleh lini produk iPhone dalam sejarahnya. Aplikasi kompleks seperti olah video serta game terbukti berjalan dengan sangat lancar pada iPhone terbaru ini meski kapasitas RAM-nya hanya 2 GB.

Sementara itu Samsung Galaxy S6 pun juga mengandalkan chipset tercepat yang pernah ada dalam sejarah smartphone Android yaitu Exynos 7420 didampingi oleh RAM 2 GB.

Sulit mengukur kecepatan keduanya berdasar hasil benchmark mengingat basis sistem operasi yang digunakan tidak sama. Namun dalam penggunaan sehari-hari baik Galaxy S6 maupun iPhone 6s sama-sama terasa fluid, minim lag dan bertenaga.

Perbandingan kamera iPhone 6s vs. Samsung Galaxy S6 tentu juga merupakan poin paling membuat penasaran calon konsumen. Sebelumnya, kamera Galaxy S6 dengan mudah mempecundangi kamera iPhone 6. Berkaca dari kekalahan tersebut kali ini Apple untuk pertama kalinya melakukan upgrade kamera iPhone dalam empat tahun terakhir. Kamera dengan sensor 12 MP kini menjadi andalan di bagian belakang, sementara kamer sekunder-nya pun di-upgrade menjadi 5 MP.

Dibanding kamera iPhone 6 tentu saja kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera iPhone 6s tampak lebih jernih, tajam dan akurat. Dan akurasi warna memang merupakan keunggulan utama dari kamera iPhone terbaru. Sebab meski pada sisi lain kamera Galaxy S6 tampak unggul namun reproduksi warna yang dihasilkan tidak seakurat hasil foto dari kamera iPhone 6s. Kala diperbandingkan langsung maka reproduksi warna foto maupun video dari kamera Samsung Galaxy S6 menjadi tampak oversaturated.

Pilih iPhone 6s atau Samsung Galaxy S6?

Kesimpulan: Pilih iPhone 6s atau Samsung Galaxy S6?

Perbandingan Harga Samsung Galaxy S6 vs. iPhone 6s
Samsung Galaxy S6 iPhone 6s
Harga Samsung Galaxy S6 Harga Samsung Galaxy S6 Edge
Sony Xperia Z2 beli sekarang


Memilih antara iPhone 6s atau Samsung Galaxy S6 memang bukan pekerjaan mudah jika Anda bukan fanatik terhadap salah satunya. iPhone 6s meski mengusung perubahan signifikan dibanding iPhone 6 namun tidak terlalu mengejutkan, Apple tampaknya memang lebih berfokus pada penyempurnaan pada point-point yang dirasa memang sudah ketinggalan seperti modul kamera berikut penambahan fitur 3D sebagai upaya diferensiasi.

Samsung Galaxy S6 dipihak lain menawarkan lebih banyak inovasi jika membandingkannya dengan Galaxy S5. Memang tingkat akurasi warna foto yang dihasilkan oleh kamera Galaxy S6 tidak sebaik iPhone 6s namun di luar itu kamera Galaxy S6 lebih mumpuni dan dibekali dengan teknologi yang lebih canggih. Keputusan Samsung menanggalkan casing plastik dan beralih ke aluminium juga menjadikan Samsung Galaxy S6 dari sisi penampilan serta build quality kini setara dengan iPhone 6s.

Keputusan memang di tangan Anda, namun bagi kami sendiri meski mengapresiasi penyempurnaan yang dilakukan Apple terhadap iPhone 6s tetap cenderung menjatuhkan pilihan pada Samsung Galaxy S6.