on

Kehadiran iPad Pro Makin Membenamkan iPad Air 2

iPad Pro yang diperkenalkan beberapa waktu lalu oleh Apple bersama beberapa produk terbaru keluaran Apple lain termasuk iPhone 6s dan iPhone 6s Plus merupakan berita gembira bagi konsumen. Namun demikian dari sisi pemilik iPad Air 2 dan Apple sendiri sebenarnya tidak sepenuhnya memberi dampak positif. Pasalnya kehadiran iPad terbaru ini diprediksi bakal makin menyurutkan popularitas dan penjualan iPad Air 2.

iPad Air 2 sendiri pada awal kehadirannya mendapat respon beragam, sebagian mengapresiasi sementara sebagian lagi merasa kecewa karena dianggap tak banyak menawarkan ubahan berarti dibanding pendahulunya. Respon pasar terhadap iPad Air 2 terbukti tak sebaik kala perusahaan berbasis di Cupertino tersebut merilis iPad Air generasi sebelumnya. Kini kelahiran iPad Pro bahkan diprediksi sebagai “suntik mati” bagi iPad Air generasi kedua tersebut.

Spesifikasi dan Harga iPad Pro


Menilik Potensi Apple iPad Pro

Dimensi Apple iPad Pro lebih besar dibanding iPad Air 2, pasalnya dengan mengusung layar berukuran 12.9 inch kali ini sang produsen ingin memfokuskan pada pengalaman hiburan yang optimal. Hal itu tercermin dari upaya mereka untuk meningkatkan resolusi sehingga meski ukuran layarnya lebih lebar namun tingkat kepadatan warnanya masih bisa dipertahankan yaitu 264 ppi.

Sebagai perangkat hiburan bergerak tentu layar bukan satu-satunya fitur yang bakal disoroti calon konsumen, karena itu Apple turut menggarap sistem audio Apple iPad Pro dengan cukup serius. Sebelumnya tablet Apple sering mendapat kritik karena kualitas audio di bawah ekspektasi, kali ini sebuah buah speaker diletakkan pada masing-masing sudut dan keempatnya secara bersama menghasilkan suara stereo yang bulat serta volume tiga kali lebih kuat dibanding iPad Air 2.

Keunggulan Apple iPad Pro dibanding iPad Air 2 masih berlanjut di sektor performa komputasi. Tablet terbaru buatan Apple ini kali ini mengandalkan chipset A9X 64 bit yang menurut produsennya memiliki kemampuan olah grafis dua kali lebih cepat dibanding chipset iPad Air 2. Prosesor ini juga secara khusus dirancang untuk bekerja optimal dengan sistem operasi terbaru iOS 9 sehingga tingkat fluiditasnya jelas lebih baik dibanding saat sistem operasi yang sama dijalankan oleh iPad Air 2 yang notabene masih menggunakan prosesor A8X.

Kelebihan Kekurangan iPad Pro

iPad Pro Dibandingkan iPad Air 2

Untuk mengoptimalkan produktivitas maka Apple pun merancang Smart Keyboard sebagai pendamping dari Apple iPad Pro. Kerja sama keduanya memungkinkan tablet ini berfungsi sebagai pengganti laptop, bahkan Apple secara jelas menyebut bahwa iPad Pro memang dimaksudkan mengisi kekosongan celah antara iPad Air 2 dengan MacBook terbaru. Selain itu masih tersedia pula Apple Pencil yang fungsinya kurang lebih sama seperti S-Pen pada Samsung Galaxy Note.

Impresi Awal Apple iPad Pro

Tak berlebihan sama sekali jika menilai kelahiran Apple iPad Pro bakal membenamkan iPad Air 2. Sejak awal konsep dan inovasi yang diusung oleh iPad seri terbaru tersebut memang tidaklah kuat dan kini muncul saudara kandungnya yang meski dibanderol sedikit lebih mahal namun menawarkan berbagai keunggulan dan dukungan produktivitas yang membuat konsumen tak bakal merasa dirugikan menggelontorkan uang sejumlah tersebut untuk menebus Apple iPad Pro.