on

LG Nexus 5X vs. OnePlus X: Mana yang Anda Pilih?

OnePlus X terdengar cukup potensial dengan desain yang unik serta beberapa fitur unggulan yang dimiliki. Sebelum Anda tergesa-gesa menjatuhkan pilihan kepadanya ada baiknya mempertimbangkan pula LG Nexus 5X. Persaingan antara LG Nexus 5X vs. OnePlus X tampaknya akan memanaskan kompetisi di segmen mid-end tahun ini.

Seperti sudah diungkap pada artikel sebelumnya bahwa meski tampilannya tak se-premium Huawei Nexus 6P namun tidak bisa dibantah bahwa LG Nexus 5X adalah smartphone kelas mid-end terbaik jika tolok ukurnya adalah value for money. Namun dengan kisaran harga yang sama OnePlus X versi ceramic tampak lebih unik, menarik sekaligus beda dari sisi desain. Bermaksud membantu Anda membuat keputusan berikut kami sajikan perbandingan LG Nexus 5X vs. OnePlus X.

Perbandingan LG Nexus 5X vs. OnePlus X


Head-to-head Perbandingan LG Nexus 5X vs. OnePlus X

Di masa lalu, selain unggul dalam value for money nyaris tak ada daya tarik dari lini produk Google Nexus dibanding kompetitor sekelasnya. Kondisi itu sudah berakhir semenjak tahun lalu, dan bahkan makin kentara di tahun ini. Walau memang tidak se-unik beberapa kompetitornya namun LG Nexus 5X tampil dengan desain elegan dan premium. Material plastik yang menjadi bahan casing smartphone Android Marsmallow pertama ini sama sekali tidak membuatnya berkesan murahan.
Ketebalan yang tercatat 7.9 mm serta bobot 136 gram termasuk kompak dan ideal untuk sebuah smartphone yang memiliki layar berukuran sangat lebar.

OnePlus bagaimanapun tampil lebih all-out dari sisi desain kala merancang OnePlus X. Alih-alih menggunakan material plastik, produsen handphone asal Cina ini pilih menggunakan paduan bingkai aluminium dan serat kaca. Bahkan jika beruntung Anda bisa mendapatkan versi ceramic yang hanya diproduksi dalam jumlah sangat terbatas.

Keduanya sama-sama merupakan pilihan yang menarik, namun karena LG yang mewakili Google pilih menggunakan material plastik maka untuk poin ini OnePlus X tampil sebagai pemenang.

Masuk pada perbandingan layar LG Nexus 5X vs. OnePlus X keduanya memiliki tingkat resolusi yang sama yaitu setara FHD. Karena layar OnePlus X sedikit lebih kecil maka nilai kedapatan warnanya sedikit lebih tinggi dibanding LG Nexus 5X. Bagaimanapun perbedaan tersebut tidak terlalu kentara kala membandingkan keduanya secara langsung.

Ketika membandingkan spesifikasi LG Nexus 5X vs. OnePlus X terkait performa kecepatan maka di atas kertas saja sudah kentara bahwa OnePlus X tampak begitu inferior di hadapan LG Nexus 5X. Pasalnya, OnePlus masih mengandalkan chipset lawas Snapdragon 801 yang tampaknya merupakan sisa stok saat memproduksi OnePlus One tahun lalu. Sebaliknya LG mengandalkan chipset yang sama digunakan pula oleh flagship model terbaru mereka yaitu Snapdragon 808.

Tidak dalam setiap bagian terkait perangkat keras OnePlus X inferior. Di sektor media penyimpanan misalnya, Nexus 5X hanya tersedia dalam opsi memori internal 16 GB sementara OnePlus X tersedia dala opsi 16 dan 32 GB. Selain itu salah satu slot dual microSIM pada OnePlus X juga bisa digunakan untuk menempatkan keping microSD hingga dukungan kapasitas maksimal 128 GB. Kapasitas RAM OnePlus X pun 1 GB lebih besar dibanding kapasitas RAM LG Nexus 5X.

LG Nexus 5X kembali unggul berkat keberadaan sensor pemindai sidik jari, modul NFC, 11ac Wi-Fi dan port USB tipe C dimana kesemuanya tak ditemukan pada OnePlus X.

Masuk ke fitur kamera, lensa kamera utama pada LG Nexus 5X sudah teruji. Kemampuannya menghasilkan foto dengan tingkat detil tinggi menjadi salah satu daya tarik utama smartphone seri Nexus terbaru ini. Bahkan low-light performance-nya pun sama sekali tidak mengecewakan.
Sayangnya, kamera OnePlus X belum diuji coba sampai saat tulisan ini dibuat. Karena itu sulit menentukan mana yang lebih dari dari keduanya.

Opini Hasil Perbandingan LG Nexus 5X vs. OnePlus X

OnePlus X tak bisa dipungkiri adalah smartphone kelas menengah paling stylish di kelasnya, pada sisi lain LG Nexus 5X memiliki spesifikasi serta fitur yang lebih baik. Jika Anda mementingkan performa komputasi lebih baik, fitur lebih lengkap serta sistem operasi Android terbaru maka baiknya menjatuhkan pilihan pada LG Nexus 5X. Sedangkan jika penampilan dinilai sebagai pertimbangan utama, diikuti dengan fleksibilitas media penyimpanan berikut kapasitas RAM sedikit lebih lega OnePlus X tampaknya akan lebih mampu memenuhi harapan.