on

Apa Saja Perbedaan Huawei Nexus 6P vs. LG Nexus 5X

Huawei Nexus 6P vs. LG Nexus 5X bisa diibaratkan sebagai persaingan antar dua saudara kandung. Keduanya merupakan smartphone pertama yang secara khusus dirancang untuk menjalankan sistem operasi Android Marshmallow sekaligus merupakan smartphone resmi dari Google meski diproduksi oleh dua pabrikan berbeda.

Selain fakta bahwa keduanya secara resmi merepresentasikan smartphone ideal sebagaimana dimaksud oleh Google sebernanya lebih banyak perbedaan antara Huawei Nexus 6P dan LG Nexus 5X ketimbang kesamaan yang dimilki. Nexus 6P diposisikan selevel lebih tinggi, sedangkan Nexus 5X lebih merupakan smartphone “sejuta umat”. Berikut adalah perbandingan keduanya.

Perbedaan Huawei Nexus 6P vs. LG Nexus 5X


Membandingkan Huawei Nexus 6P vs. LG Nexus 5X


Nexus 6PNexus 5X
Display5.7-inch AMOLED display

2560 x 1440 resolution, 518ppi
5.2-inch LCD display

1920 x 1080 resolution, 424ppi

Corning Gorilla Glass 3
ProcessorQualcomm Snapdragon 810 processor2.0GHz hexa-core Qualcomm Snapdragon 808 processor
RAM3GB2GB
Storage32, 64, 128GB16, 32GB
MicroSD NoNo
NetworksGSM 850/1900

W-CDMA 2/4/5

CDMA 0/1/10

LTE Band 2/4/5/7/12/13/17/25/26/41
GSM 850/1900

W-CDMA 2/4/5

CDMA 0/1/10

LTE Band 2/4/5/7/12/13/17/25/26/41
SoftwareAndroid 6.0 MarshmallowAndroid 6.0 Marshmallow
Fingerprint scannerYesYes
Camera12.3MP rear-facing camera

8MP front-facing camera
12.3MP rear-facing camera

5MP front-facing camera
BatteryNon-removable 3450mAhNon-removable 2700mAh
Wireless chargingNoNo
Dimensions159.4 x 77.8 x 7.3mm, 178g147.0 x 72.6 x 7.9mm, 136g

Dari penampilan atau desainnya saja perbedaan segmenting kedua produk berlabel Nexus tersebut sudah kentara. Nexus 6P tampak lebih elegan sekaligus stylish berkat paduan material logam dan cover belakang yang sedikit mengkurva. Bar atau persegi panjang berkelir hitam pada bagian atas cover belakang Huawei Nexus 6P memang bukan selera setiap orang, namun tidak pula terlalu tampak menganggu. Lagipula keberadaanya dimaksudkan untuk melindungi lensa kamera utama dari goresan, tentu bisa dipahami.

Bagian lain dari cover bagian belakang ini juga terasa aman sekaligus nyaman digenggam, tentu merupakan hal positif mengingat dimensi Huawei Nexus 6P sangat besar.

Pada bagian depan, layar 5.7 inch diapit oleh satu speaker di atas dan satu lagi di bawahnya. Penempatan tombol-tombolnya pun dirancang se-ergonomis mungkin untuk mengurangi ketidaknyamanan akibat dimensi yang lebar.

Bagaimana dengan LG Nexus 5X? Karena diposisikan di segmen serta rentang harga satu level di bawaj Nexus 6P maka Anda takkan menemukannya menggunakan casing metal. Dalam rangka membuatnya kompetitif sesuai tujuan semula maka LG hanya memberikan casing bermaterial plastik.
Berbeda dengan Nexus 6P dimana lensa kamera utamanya terlindung oleh serat kaca, bukan saja lensa kamera Nexus 5X tanpa perlindungan namun juga sedikit menonjol keluar sehingga cukup rawan tergores.

Perbandingan Spesifikasi Huawei Nexus 6P vs. LG Nexus 5X

Setidaknya LG Nexus 5X sudah dilengkapi fitur sensor pemindai sidik jari sebagaimana diketemukan pada saudaranya dan tata letak tombol-tombolnya pun mayoritas identik. Walau pada bagian depan alih-alih dual speaker LG hanya memberikan satu speaker saja.

Keduanya memang sangat berbeda, walau demikian sama sekali tidak berarti LG Nexus 5X merupakan pilihan yang lebih buruk. Sebaliknya Nexus 5X memiliki segala syarat untuk menjadikannya sebagai salah satu smartphone Android terbaik yang ada saat ini, sebagian calon konsumen mungkin justru bertanya-tanya alasan Google merasa perlu meriis Nexus 6P mengingat Nexus 5X sebenarnya sudah lebih dari cukup.

Pada perbandingan layar Huawei Nexus 6P vs. LG Nexus 5X di atas kertas orang akan cenderung menduga bahwa Nexus 6P unggul berkat resolusi QHD dibanding Nexus 5X yang masih menampilkan resolusi FHD. Kala membandingkan keduanya secara langsung baru kentara bahwa alasan layar Nexus 5X tampak inferior bukan karena resolusi yang lebih rendah melainkan reproduksi warna yang tidak sebaik layar Nexus 6P. Alasan Nexus 6P memiliki layar dengan akurasi warna lebih baik adalah karena Huawei pilih menggunakan teknologi AMOLED, sementara LG sendiri memercayakan pada IPS LCD.

Kualitas Layar Huawei Nexus 6P vs. LG Nexus 5X

Pilih Huawei Nexus 6P atau LG Nexus 5X?

Masuk ke poin perbandingan performa komputasi kembali Huawei Nexus 6P secara mencolok mengungguli LG Nexus 5X berkat kombinasi chipset Snapdragon 810 dan RAM 3 GB. LG Nexus 5X sendiri menggunakan kombinasi Snapdragon 808 dan RAM 2 GB.
Kesenjangan antara keduanya baru terasa manakala menjalankan game 3D kompleks, sedangkan untuk penggunaan harian nyaris tak terasa perbedaan di antara keduanya.

Kelemahan Nexus 5X dibanding Nexus 6P yang paling mencolok sebenarnya ada pada stamina baterai. Memang baterai ini cukup mampu bertahan selama sehari namun jelas masih kalah dibandingkan stamina baterai Nexus 6P.
Sayangnya oleh karena keduanya menggunakan port USB tipe C maka fitur Quick charging yang sebenarnya sudah didukung oleh Snapdragon 810 maupu 808 tidak bisa digunakan oleh Nexus 5X maupun 6P. Tanpa adanya fitur itupun pengisian ulang daya baterai dua Nexus terbaru itu terbilang cepat, hanya perlu waktu 90 menit untuk mengisi ulang daya baterai nexus 5X dan 6P dari kondisi kosong sama sekali.

Kabar baik bagi Anda yang mengandalkan kamera smartphone untuk mengabadikan momen atau objek sehari-hari. Sebab meski dibanderol lebih murah LG Nexus 5X menggunakan sensor serta teknologi kamera yang sama persis digunakan oleh Huawei Nexus 6P. Keduanya sanggup menangkap detil denan sangat baik serta relatif tidak mengecewakan di dalam ruangan maupun malam hari.

Perbandingan Kamera Huawei Nexus 6P vs. LG Nexus 5X

Kesimpulan Perbandingan Huawei Nexus 6P vs. LG Nexus 5X

Mengacu pada uraian perbandingan Huawei Nexus 6P vs. LG Nexus 5X di atas maka tidak sulit mengambil kesimpulan jika LG Nexus 5X unggul dari sisi value for money, namun bagi mereka yang memiliki anggaran fleksibel serta menuntut kesempurnaan tentu akan melihat Huawei Nexus 6P sebagai pilihan ideal. Alasan Google sendiri tetap memproduksi Huawei Nexus 6P meski LG Nexus 5X sebenarnya sudah lebih dari cukup adalah dalam rangka berkompetisi dengan Samsung Galxy S6 Edge+ dan LG G4 yang saat ini menjadi dua smartphone Android terbaik di segmen high-end.