on

Lenovo Vibe S1: Apa Saja Kelebihan dan Kekurangannya?

Melengkapi daftar portofolio produknya di industri ponsel tahun ini, pabrikan asal Cina Lenovo merilis handphone Android kelas menengah Lenovo Vibe S1. Perusahaan yang saat ini merupakan produsen PC terbesar di dunia itu perlahan namun pasti mulai menguasai industri ponsel, dan saat ini sudah menempatkan dirinya dalam daftar lima besar produsen smartphone.

Melihat dari banderol harga Lenovo Vibe S1 bisa diduga bahwa sang produsen ingin menempatkannya di segmen mid-low dimana untuk saat ini memang banyak dibanjiri produk-produk dari Negeri Tirai Bambu tersebut. Apa kelebihan dan kekurangan Lenovo Vibe S1 dibanding opsi yang sudah ada selama ini? Adakah keunggulan yang membuatnya menonjol? Silakan menyimak ulasan singkatnya berikut ini:

Lenovo Vibe S1 Indonesia


Mengulas Spesifikasi dan Fitur Lenovo Vibe S1

Menemukan apa yang membuat Lenovo Vibe S1 menonjol dibanding kompetitor sekelas tidaklah sulit, sebab dari desainnya saja sudah sangat jelas. Sementara produk lain di segmen ini tidak terlalu memperhatikan faktor estetika desain, tidak demikian halnya dengan Lenovo. Bingkai metal dengan finishing tipe matte menjadikan tampilannya berkesan lebih mahal ketimbng harga yang sebenarnya.

Ketebalan yang mencapau 7,8 mm memang tidak bisa dibilang tipis, namun karena desain cover belakang dibuat mengkurva maka tetap terasa nyaman digenggam dan dioperasikan dalam jangka waktu relatif panjang. Lagi pula desainnya secara keseluruhan tidak memberikan kesan tebal sama sekali, yang terjadi justru berkebalikan.

Corning Gorilla Glass 3 tidak hanya melindungi sisi bagian depan namun juga bagian belakang. Cover bagian belakang juga tak kalah menarik dengan paduan penampilan reflektif dan minimalis yang memberi kesan elegan.

Kelebihan dan Kekurangan Lenovo Vibe S1

Dari sisi desain mungkin satu-satunya kekurangan Lenovo Vibe S1 adalah tombol-tombol yang masih belum mengadopsi backlit sehingga menyusahkan digunakan di ruangan gelap jika belum terbiasa dengan letak tombol-tombol tersebut.

Lenovo Vibe S1 mengusung layar IPS berukuran 5 inch yang menampilkan resolusi maksimal setara Full HD. Tingkat kerapatan warna yang dihasilkan mencapai 441 ppi sehingga tidaklah mengherankan jika gambar tampak hidup dan warna sangat tajam. Meski memang masih belum sebaik layar AMOLED namun terbilang istimewa untuk layar berteknologi IPS di segmen ini. Kala digunakan di luar ruangan juga masih bisa terbaca sangat baik.

Spesifikasi dan Harga Lenovo Vibe S1

Lenovo juga melengkapi Vibe S1 dengan mode pocket-dial prevention yang berfungsi mencegah ponsel memasuki mode unlock manakala proximity sensor-nya mendeteksi objek di depannya.

Performa kecepatan Lenovo Vibe S1 sendiri dipercayakan pada duet chipset MediaTek MT6752 berprosesor octa-core 1.7 GHz dengan RAM berkapasitas 3 GB. Kapasitas penyimpanan internal yang disediakan cukup lega yaitu 32 GB, masih pula mendukung memori eksternal hingga 128 GB. Dua slot SIM card-nya sama-sama mendukung jaringan 4G, sayang oleh karena merupakan hybrid slot maka pengguna harus memilih antara menggunakan keduanya untuk SIM card atau salah satunya untuk memori eksternal.

Seperti biasa Lenovo menempatkan tampilan antar muka VibeUI di atas Android 5.0 Lollipop. Penampilannya memiliki banyak kemiripan dengan stock Android namun mengusung beberapa bloatware yang tidak bisa di-uninstall. Dari sisi estetika tampilan antar muka Vibe UI pada Lenovo Vibe S1 tidak tampak menarik, namun dari sisi performa terasa meningkat dibanding versi sebelumnya.

VibeUI terbaru ini tidak haus sumber daya dan memberikan cukup keleluasaan bagi pengguna untuk mengatur tiap-tiap aplikasi dalam rangka memperpanjang stamina baterai maupun RAM.
Dalam pengujian Lenovo Vibe S1 menunjukkan performa yang sangat mulus baik kala mengetik maupun menjalankan Google Chrome. Bahkan menjalankan beberapa game 3D juga cukup lancar.

Lenovo Vibe S1 dilengkapi kamera utama 13 MP dengan fitur pendukung berupa dual tone flash. Sedangkan kamera selfie 8 MP di bagian depan didukung oleh kamera 2 MP untuk meningkatkan tingkat detil foto yang dihasilkan.

Kamera Lenovo Vibe S1

Untuk ukuran smartphone kelas mid-low kedua kamera menunjukkan kinerja yang sangat baik, cepat dalam mengunci objek dan foto yang dihasilkan relatif tajam. Bahkan foto yang dihasilkan oleh kamera utama 13 MP-nya masih tampak tajam sekalipun menggunakan zoom.

Opini Awal Terhadap Lenovo Vibe S1

Lenovo Vibe S1 memang tampak memiliki beberapa kekurangan seperti tombol non backlit, tampilan antar muka kurang menarik, stamina baterai biasa-biasa saja serta slot SIM card tipe hybrid yang artinya tidak bisa menggunakan keduanya untuk kartu SIM jika menghendaki menggunakan pula microSD.

Namun dibalik beberapa kekurangan itu Lenovo Vibe S1 juga memiliki kelebihan dari sisi desain, performa, kualitas layar serta kamera termasuk kamera depan yang aplikasinya secara spesifik dirancang untuk memfasilitasi penggemar foto selfie. Dari sisi value for money jelas Lenovo Vibe S1 merupakan kandidat penting untuk dipertimbangkan di kisaran harga Rp 3 juta-an.