on

Xiaomi Redmi Note 3: Phablet Android Berbalut Casing Logam

Xiaomi selama ini dikenal sebagai salah satu produsen yang rajin merilis phablet dan smartphone dengan harga terjangkau dan spesifikasi tinggi di atas kertas. Hanya saja untuk menekan biaya produksi, pabrikan handphone asal Cina tersebut konsisten menggunakan casing plastik untuk setiap produknya alih-alih casing logam (metal) yang memberi kesan lebih premium. Xiaomi Redmi Note 3 mendobrak kebiasaan tersebut, hadir dengan casing metal Xiaomi tampaknya mengekor langkah Samsung lewat lini Galaxy A.

Penggunaan casing metal berpadu dengan desain unibodi selama ini terbukti sebagai pedang bermata dua bagi Samsung. Pada satu sisi penampilan handset tampak lebih elegan namun pada saat bersamaan produsen dipaksa menggunakan baterai non-removable dan menghilangkan slot microSD, Samsung Galaxy Note 5 menuai begitu banyak kritikan oleh karenanya. Bagaimana dengan Redmi Note 3?

Xiaomi Redmi Note 3


Membedah Desain dan Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 3

  • MediaTek MT6795 Helio X10 octa-core processor
  • PowerVR G6200 GPU
  • 2GB/3GB of RAM
  • 5.5-inch full HD display, 1920 x 1080 resolution
  • 16GB/32GB of storage
  • 13-megapixel rear camera with PDAF
  • 5-megapixel front camera
  • Dual-SIM
  • 3G, LTE
  • WiFi, Bluetooth, GPS, A-GPS, fingerpint scanner
  • Android 5.1 Lollipop with MIUI 7.0
  • 4000mAh battery

Dari sisi penampilan, Redmi Note 3 langsung memberi kesan berbeda dibanding para pendahulunya. Alasan utamanya sudah jelas adalah penggunaan casing aluminium dalam pilihan warna silver, gold serta grey, ketiganya tampak premium sekaligus tidak mudah kusam sebagaimana casing plastik Redmi Note 2. Mengikut jejak para kompetitor seperti Samsung, Apple, Huawei dan Oppo maka Xiaomi kali ini juga sudah menempatkan sensor pemindai sidik jari sebagai salah satu fitur dari Redmi Note 3.

Xiaomi Redmi Note 3 Indonesia

Pada sektor desain kelemahan utama dari Xiaomi Redmi Note 3 yang langsung bisa dirasakan adalah penempatan speaker pada bagian belakang, posisinya tidak menguntungkan kala phablet diletakkan di atas meja atau permukaan lain karena output audio-nya menjadi tidak optimal.

Sedangkan untuk tata letak serta penempatan berbagai port kurang lebih masih sama seperti pada Redmi Note 2, dan seperti sudah bisa diduga slot microSD tidak disediakan pada phablet Android terbaru buatan Xiaomi ini.

Layar 5.5 inch berteknologi IPS pada sisi depan menampilkan resolusi maksimal setara FHD dengan tingkat kerapatan warna mencapai 403 ppi. Warna dan gambar yang dihasilkan tampak tajam, jernih serta hidup. Gejala layar kekuning-kuningan sebagaimana terjadi pada layar Redmi Note 2 tidak lagi diketemukan pada penerusnya. Sedangkan di atas layar posisi kamera sekunder tampak dipindahkan ke sisi kanan, selain itu kamera 5 MP ini kini sudah mendukung rekam video dalam resolusi 1080 pixels.

Sejujurnya dalam banyak hal tampak sekali ada kemiripan antara penampilan Xiaomi Redmi Note 3 dengan iPhone 6s buatan Apple. Tapi kondisi semacam ini sudah makin jamak diketemukan pada produk-produk terbaru buatan Cina maupun Korea.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 3

Meski tampak ada peningkatan dalam beberapa hal namun Xiaomi Redmi Note 3 masih mengandalkan chipset yang sama dengan pendahulunya yaitu MediaTek MT6795 atau yang lebih akrab disebut sebagai Helio X10 dengan prosesor octa-core 2.0 GHz. Sang produsen sendiri menyediakan Redmi Note 3 dalam dua opsi kapasitas RAM yaitu 2 GB dan 3 GB. Manapun yang Anda pilih keduanya terbukti cukup mumpuni menjalankan aplikasi harian maupun game terbaru seperti NBA 2016 tanpa masalah.

Sementara itu penyempurnaan lain yang diketemukan pada Xiaomi Redmi Note 3 dibanding Xiaomi Redmi Note 2 adalah temperatur yang kini cenderung lebih stabil. Dalam kondisi idle suhu yang tercatat adalah 32 Derajat C, sementara kala digunakan bertelepon, menjelajah internet serta berkirim pesan suhunya meningkat menjadi 33.5 Derajat C. Setelah selama satu jam menjalankan game NBA 2K16 suhu meningkat pesat menjadi 37 Derajat C namun masih lebih rendah dibanding Redmi Note 2 yang dalam kondisi serupa mencatat suhu 39 Derajat C.

Xiaomi memercayakan sensor 13 MP Samsung/OV ISOCELL dengan fitur PDAF (Phase Detection Autofocus) untuk kamera utama Xiaomi Redmi Note 3. Meski spesifikasinya tidak berbeda dari Redmi Note 2 namun foto yang dihasilkan tampak sedikit lebih jernih dibanding pendahulunya.

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 3

Kualitas Kamera Xiaomi Redmi Note 3

Untuk pertama kalinya Xiaomi menjejalkan baterai dengan kapasitas 4.000 mAh pada produk buatannya. Baterai yang lebih besar ini memang menambah bobot sekitar 4 gram namun pada saat yang bersamaan pada pengujian lewat PCMark Battery Test ia sanggup bertahan selama 7 jam.

Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi Note 3

Opini Awal Terhadap Xiaomi Redmi Note 3


Harga Xiaomi Redmi Note 3
Putih
Harga Xiaomi Redmi Note 3
Jual Xiaomi Redmi Note 3

Xiaomi Redmi Note 2 sendiri sudah mendapat respon cukup positif sejak pertama dijual di Indonesia hingga hari ini. Penerusnya, Redmi Note 3 tampak lebih menjanjikan terutama berkat penambahan sensor sidik jari dan casing metal yang memberi kesan elegan. Konon banderol harga resmi Xiaomi Redmi Note 3 juga tidak akan berselisih jauh dibanding Xiaomi Redmi Note 2, artinya kemungkinan besar Redmi Note 2 akan segera berhenti diproduksi.