on

Pilih iPad Mini 4, iPad Air 2 atau iPad Pro?

Tahun ini Apple merilis tiga varian dalam lini produk iPad masing-masing adalah iPad Mini 4, iPad Air 2 dan iPad Pro. Kehadiran ketiganya pada satu sisi dimaksudkan untuk memfasilitasi gap antar konsumen yang memiliki kebutuhan berbeda, namun pada saat bersamaan tak pelak membuat calon konsumen merasa bimbang kala harus memilih satu diantara ketiga opsi yang ada.

Perbandingan iPad Mini 4 vs. iPad Air 2 vs. iPad Pro berikut diangkat untuk membantu Anda yang sedang dalam posisi hendak meminang satu diantara ketiganya. Sebab selain dimensi yang sudah jelas berbeda ketiganya masih memiliki beberapa perbedaan satu dengan yang lain meski sama-sama mengusung nama iPad. Tanpa berpanjang lebar silakan menyimak perbandingan berikut:

Pilih iPad Mini 4, iPad Air 2 atau iPad Pro?


Perbandingan iPad Mini 4 vs. iPad Air 2 vs. iPad Pro

Tablet iPad Pro iPad Air 2 iPad Mini 4
Screen size 12.9-inches 9.7-inches 7.9-inches
Screen resolution 2732x2048 (264ppi) 2048x1536 (264ppi) 2048x1536 (326ppi)
Weight 713g 437g 299g
Processor A9X A8X A8
Storage 32/128GB 16/64/128GB 16/64/128GB
TouchID? Yes Yes Yes
Cameras 8MP/1.2MP 8MP/1.2MP 8MP/1.2MP
Price From £679 From £399 From £319

Seperti sudah disinggung di atas bahwa secara fisik yang paling kentara membedakan iPad Mini 4, iPad Air 2 dan iPad Pro tentu saja ada pada perbedaan dimensi. iPad Pro yang merupakan anggota keluarga paling baru mengusung layar berukuran 12 inch atau setara laptop. Sementara itu iPad Air 2 dan iPad Mini 4 masing-masing dilengkapi layar 9.4 dan 8 inch. Perbedaan ukuran layar jelas berpengaruh pada dimensi keseluruhan, walau untuk perbedaan ketebalan diantara ketiganya tidak cukup signifikan.

Untuk penggunaan dengan tangan satu dalam waktu panjang tentu saja iPad Mini dan iPad Air terasa lebih nyaman. Dengan bobot masing-masing 437 gram dan 300 gram membaca e-book, e-paper, e-magazine dan sebagainya terasa lebih nyaman. Walau demikian keduanya juga masih memadai pula untuk aktivitas browsing, gaming dan bahkan menonton film.

Bobot iPad Pro sendiri mencapai 713 gram, tidak jauh berbeda dengan bobot laptop. Artinya mengoperasikan dengan satu tangan jelas bukan opsi. iPad Pro lebih tepat diletakkan di atas meja.

Bagi Anda yang menghendaki sebuah Tablet dengan tingkat kepraktisan tinggi, mudah di bawah kemana-mana opsi terbaik ada pada iPad Mini 4. Bagi kaum Hawa kepraktisan ini lebih terasa lagi karena iPad Mini bisa masuk ke dalam handbag dengan mudah dimana iPad Air dan iPad Pro memerlukan bagpack.

Perbedaan di sisi dimensi untungnya tidak berpengaruh pada sektor build quality dan bahkan fitur. Ketiga seri iPad menawarkan desain premium, build quality solid juga fitur-fitur unggulan seperti TouchID.

Bagaimanapun jika Anda nantinya bakal lebih sering menggunakan Tablet tersebut di dalam rumah, sekedar berpindah antar ruangan rasa-rasanya iPad Pro merupakan pilihan ideal. Pasalnya layar yang lebih lega selain membuat mata tidak cepat letih juga lebih optimal kala digunakan memutar film.
Lebar layar iPad Pro hampir dua kali lipat dibanding layar iPad Air 2, dan karena tingkat resolusinya sangat tinggi maka ketajaman layarnya masih terbilang sangat baik meski dengan ukuran sebesar itu.

iPad Pro juga memiliki keunggulan dibandig dua seri iPad lainnya yaitu kemampuannya menampilkan multi-screen. Artinya untuk mendukung pekerjaan sehari-hari jelas iPad Pro terasa lebih memadai dibanding iPad Air maupun iPad Mini.

Opini Hasil Perbandingan iPad Mini 4 vs. iPad Air 2 vs. iPad Pro

Jika yang dibutuhkan adalah Tablet yang mampu secara optimal mendukung produktivitas tentu pilihan terbaik dari ketiganya jatuh pada iPad Pro. Sebaliknya jika portabilitas dianggap sebagai faktor terpenting maka iPad Air 2 dan iPad Mini 4 lebih mampu memfasilitasi kebutuhan tersebut.