on

Dimana Posisi Microsoft Lumia 950 Dibanding Samsung Galaxy S6, LG G4, Sony Xperia Z5 dan iPhone 6s?

Sebagaimana diketahui Microsoft akhirnya merilis resmi flagship model terbaru mereka Lumia 950 yang saat artikel ini disusun sudah mulai membuka proses PO (pre-order). Meski masih merupakan satu-satunya flagship smartphone berbasis Windows 10 Mobile namun Lumia 950 tak pelak harus berhadapan dengan kompetitor berbasis sistem operasi lain yaitu iOS dan Android.

Di segmen high-end saat ini iPhone 6s, Galaxy S6, LG G4 dan Xperia Z5 dianggap sebagai tolok ukur performa dan kualitas. Maka tentu saja menimbulkan pertanyaan bagaimana posisi Microsoft Lumia 950 dibanding keempat flagship smartphones yang dipersepsi sebagai terbaik saat ini tersebut? Banderol harga Microsoft Lumia 950 sendiri termasuk yang paling murah dibanding keempat smartphone dimaksud di sini, ditambah dengan fitur Continuum yang fenomenal di atas kertas mestinya Lumia 950 memiliki cukup potensi dan peluang. Hanya saja pada sisi lain minimnya aplikasi berbasis Windows 10 Mobile sering dianggap sebagai batu sandungan terbesar mandeg-nya pangsa pasar Windows Phone selama ini.

Microsoft Lumia 950 vs. Samsung Galaxy S6 vs. LG G4 vs. Sony Xperia Z5 vs. iPhone 6s


Membandingkan Microsoft Lumia 950 vs. Samsung Galaxy S6 vs. LG G4 vs. Sony Xperia Z5 vs. iPhone 6s

Phone Lumia 950 Xperia Z5 Galaxy S6 LG G4 iPhone 6s
Screen size 5.2-inch 5.2-inch 5.1-inch 5.5-inch 4.7-inch
Screen res 2560x1440 1920x1080 2560x1440 2560x1440 1334x750
Weight 150g 154g 138g 155g 143g
Processor Snapdragon 808 Snapdragon 810 Exynos 7420 Snapdragon 808 Apple A9
Memory 3GB 3GB 3GB 3GB 2GB
Wireless charging? Yes No Yes No No
Storage 32GB + microSD 32GB + microSD 32/64/128GB 32GB + microSD 16/64/128GB
Water resistant? No Yes No No No
Security Iris recognition Fingerprint sensor Fingerprint sensor PIN + Knock Code Fingerprint sensor
Cameras 20Mp + 5MP 23MP + 5.1MP 16MP + 5MP 16MP + 8MP 12MP + 5MP
Bonus features Continuum Remote Play Heart rate sensor Leather backing Force Touch

Dari sisi penampilan kelima flagship smartphones kontestan perbandingan ini memiliki keunggulan sekaligus ciri khas masing-masing. Sony Xperia Z5 dan Samsung Galaxy S6 tampil elegan terutama berkat paduan antara material serat kaca dengan logam. Pilihan Sony menggunakan serat kaca dari sisi tampilan membuat Xperia Z5 lebih berkesan premium namun ternyata keputusan tersebut juga sedikit menimbulkan keraguan dalam hati calon konsumen akan kekuatan material itu sendiri meski Sony menjamin kekuatannya. Xperia Z5 juga adalah satu-satunya kontestan yang menerapkan desain anti air.

Samsung Galaxy S6 sendiri tampak lebih kokoh dan solid dari sisi penampilan, namun ada sedikit kekurangan dimana permukaan mengkilap atau glossy pada casing belakang-nya terbukti cenderung cepat tampak kotor oleh jari/tangan dibanding para kompetitor sekelasnya. Dalam genggaman, desain casing Galaxy S6 juga terasa lebih nyaman dibanding Xperia Z5.

Bagaimanapun jika Anda termasuk pengguna yang mengedepankan kepraktisan dalam arti lebih suka menggunakan ponsel dengan satu tangan maka iPhone 6s andalan terbaru pabrikan asal Cupertino adalah pilihan paling tepat. Dimensinya paling ramping dibanding kontestan lain. Pada sisi lain jika operasional dua tangan tidak dianggap penting dan Anda lebih mengedepankan keunikan, tampil beda, maka LG G4 terutama versi yang menggunakan leather rasa-rasanya bakal menjadi pilihan pas.

Sebagai penggemar Windows Phone harus mengaku bahwa dari sisi tampilan Microsoft Lumia 950 seketika menjadi inferior. Selain desainnya tak banyak berubah dari para pendahulunya, penggunaan material plastik menurunkan kesan elegan padanya. Build quality-nya memang solid, namun ketika diperhadapkan dengan sesama flagship smartphone ia tampak seolah satu kelas di bawah kompetitornya. Setidaknya ada sisi unggul Microsoft Lumia 950 dibanding iPhone 6s, Galaxy S6 atau Xperia Z5 yaitu bersama LG G4 ia menjadi satu dari dua kontestan yang masih menggunakan removable battery serta menyediakan slot memori eksternal (microSD).

Microsoft Lumia 950 vs. Samsung Galaxy S6 vs. LG G4 vs. Sony Xperia Z5 vs. iPhone 6s

Pada poin perbandingan layar antara Microsoft Lumia 950 vs. Samsung Galaxy S6 vs. LG G4 vs. Sony Xperia Z5 vs. iPhone 6s lagi-lagi setiap kontestan menunjukkan keunggulan dan keunikan yang relatif berbeda satu dengan yang lain. iPhone 6s meski ukuran layarnya paling kecil namun dari sisi ketajaman dan kualitas sama sekali tak kalah dari keempat kontestan lain. Layar Super AMOLED pada Galaxy S6 terbukti tampak paling hidup dibanding para kompetitor sementara LG G4, Xperia Z5 dan Lumia 950 menawarkan komposisi warna yang dinamis.

Masih di sisi layar, Sony Xperia Z5 juga adalah satu-satunya yang layarnya bisa menerima perintah meski dalam kondisi basah wajar.

Di sektor performa audio meski pada dasarnya kelima kontestan di sini sama-sama menawarkan kualitas audio istimewa namun sayang tak satupun yang sanggup menyamai speaker BoomSound milik HTC One M9. HTC boleh kalah dari sisi angka penjualan, namun soal audio smartphone ternyata produsen sekelas Apple, Sony, Samsung, LG dan Mirosoft pun masih belum sanggup menyamai. Karena itu untuk hasil optimal penggunaan earphone sangat direkomendasikan pada kelima smartphone dalam perbandingan ini.

Sekedar pengingat saja bagi Anda yang gemar mengkoleksi banyak file musik, video dan foto ada baiknya menghindari Galaxy S6 dan iPhone 6s karena keduanya tidak mendukung penambahan memori eksternal. Namun jika ngotot memilih satu dari keduanya ambil saja versi yang menyediakan kapasitas memori internal setidaknya 64 GB meski lebih direkomendasikan 128 GB.

Masuk pada perbandingan fitur sistem operasi jelas bahwa Apple lewat iPhone 6s dan iPhone 6s Plus mengandalkan 3D Touch, sementara itu para konstenstan berbasis Android selain menawarkan fitur pemindai sidik jari (yang ada pula di iPhone 6s) juga mengusung Smart Locks. Windows 10 Mobile di atas kertas terdengar paling menjanjikan dengan Windows Hello dan Continuum. Sayang sekali saat ulasan ini dibuat sistem operasi Windows 10 Mobile sendiri masih jauh dari versi final dan versi yang beredar saat ini masih kaya akan bug. Karenanya sulit untuk menilai cukup tidaknya kedua fitur itu membuat Windows 10 Mobile unggul atas Android maupun iOS.

Dalam poin perbandingan performa kecepatan Microsoft Lumia 950 vs. Samsung Galaxy S6 vs LG G4 vs. Sony Xperia Z5 vs. iPhone 6s bagaimanapun di atas kerta Galaxy S6 masih merupakan yang terbaik berkat Exynos 7420. Bukan saja dalam uji benchmark Samsung Galaxy S6 menunjukkan keunggulan tersebut, namun dalam penggunaan sehari-hari memang ia sanggup menawarkan pengalaman super smooth bahkan kala melakukan multitasking maupun menjalankan game kompleks.

Sementara itu keempat kontestan lainnya masuk dalam kategori smooth kala menjalankan aplikasi harian namun gejala lag kadang masih bisa dirasa walau minim. Setidaknya tak satupun dari kelima kontestan dalam perbandingan ini yang mengalami masalah kala menjalankan film beresolusi FHD maupun game kompleks terkini.

Untuk performa baterai Sony Xperia Z5 dan LG G4 terbukti sebagai dua pilihan tertangguh karena dalam penggunaan wajar stamina baterai keduanya sanggup bertahan selama satu setengah hari. Pada saat bersamaan Xperia Z5 dan iPhone 6s menjadi dua kontenstan yang belum mendukung pengisian daya nirkabel (wireless charging).

Microsoft Lumia 950 vs. Samsung Galaxy S6 vs. LG G4 vs. Sony Xperia Z5 vs. iPhone 6s

Untuk perbandingan kamera antara Samsung Galaxy S6 vs. LG G4 vs. Sony Xperia Z5 vs. iPhone 6s sudah pernah diulas beberapa kali. Karenanya ulasan kali ini tidak akan membahas ulang kamera keempat ponsel itu. Kamera Lumia 950 secara terpisah juga pernah dibahas pada ulasan sebelumnya dan kala dibandingkan dengan keempat kontestan yang lain Lumia 950 sayangnya masih inferior terutama pada mode video.

Opini Hasil Perbandingan Microsoft Lumia 950 vs. Samsung Galaxy S6 vs. LG G4 vs. Sony Xperia Z5 vs. iPhone 6s

Secara menyedihkan Microsoft Lumia 950 terbukti masih jauh di bawah keempat kontestan lain, meski fakta ini tidak akan dianggap penting oleh konsumen loyal Windows Phone dimana sebagian besar adalah konsumen tipe trend setter, anti mainstream dan senantiasa ingin stand out from the crwod namun tetap mengecewakan mengingat penantian panjang terhadapnya.