on

Xiaomi Redmi Note 2: Rival Berat Untuk Meizu M2 Note

Xiaomi Redmi Note 2 bisa dibilang kecolongan start sebab jauh-jauh hari sebelum kehadirannya kompetitor yang sama-sama berasal dari Cina yaitu Meizu sudah lebih dahulu merebut hati konsumen di segmen yang sama pula lewat produk terbarunya Meizu M2 Note. Penjualan M2 Note sendiri sampai sekarang tercatat fantastis.

Walau demikian bukan berarti tak ada harapan bagi Xiaomi Redmi Note 2 untuk mencatatkan penjualan gemilang. Pasalnya Meizu M2 Note dijual secara eksklusif oleh retailer tertentu dan sistem penjualannya pun hanya lewat flash sale. Masih ada demikian banyak calon konsumen yang menanti Meizu M2 Note dan disinilah peluang Xiaomi Redmi Note 2 untuk merebut mereka. Selain peluang yang diciptakan akibat keterbatasan stok kompetitornya itu adakah kelebihan Xiaomi Redmi Note 2 dibanding Meizu M2 Note yang memberi cukup alasan bagi calon konsumen untuk berpaling kepadanya?

Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi Note 2


Membedah Spesifikasi Sang Rival Meizu M2 Note: Xiaomi Redmi Note 2


Generasi kedua phablet Android harga terjangkau buatan Xiaomi ini tidak tampak fenomenal dari sisi desain. Material plastik dengan penampilan yang tidak revolusioner dibanding pendahulunya membuat Redmi Note 2 tampak ketinggalan jaman jika dibanding phablet generasi terkini.

Berbeda dari Meizu yang menempatkan tombol-tombol pada sisi kiri, Xiaomi mempertahankan peletakkan tombol di sisi kanan yang menjadikannya sangat mungkin dioperasikan dengan satu tangan saja.

Pada bagian depan Xiaomi meletakkan kamera selfie 5 MP serta LED yang berfungsi sebagai notifikasi. Sementara itu tiga buah capacitive button berada di bawah layar 5.5 inch. Kreativitas desain memang sama sekali tidak tercermin dari Xiaomi Redmi Note 2, tampaknya para desainer memang mengedepankan sisi kepraktisan dan fungsionalitas di atas estetika.

Pesaing Meizu M2 Note

Salah satu point of sale dari Xiaomi Redmi Note 2 adalah layarnya, memang ukurannya sama persis seperti Meizu M2 Note namun dengan rasio screen-to-body mencapai 72.2% sekilas lalu saja layar ini cukup menyita perhatian. Dengan resolusi FHD dan teknologi IPS, di atas kertas kualitasnya tidak berbeda dari lata Meizu M2 Note. Namun di lapangan ternyata tidak tepat demikian. Dari sisi ketajaman gambar Redmi Note 2 sedikit unggul namun reproduksi warnanya tidak seakurat M2 Note. Menariknya layar Xiaomi Redmi Note 2 memiliki viewing angles yang bahkan lebih luas dibanding OnePlus 2 sekalipun.

Kualitas audio yang terbilang cukup baik untuk ukuran phablet dengan harga kurang dari Rp 3 juta membuatnya ideal digunakan untuk menikmati klip video pendek di YouTube maupun film berdurasi panjang.

Pengalaman Xiaomi Redmi Note 2

Fitur istimewa dari Xiaomi Redmi Note 2 yang tak dimiliki oleh Meizu M2 Note adalah IR blaster, namun sebelum Anda terlalu bergembira perlu diketahui bahwa selama pengujian sensor ini terbukti tidak selalu kompatibel dengan semua merek TV. Konon hal ini bisa diatasi dengan aplikasi pihak ketiga, tentu saja akurasinya perlu dibuktikan terlebih dahulu.

Xiaomi Redmi Note 2 sendiri sudah menjalankan sistem operasi Android Lollipop 5.0.2, namun tampilan antar muka MIUI 7 sendiri hanya mendukung dua bahasa yaitu Cina dan Inggris.
Sebagaimana sempat dibahas pada perbandingan antara Xiaomi Redmi Note 2 vs. Meizu M2 Note beberapa waktu lalu bahwa cukup menggoda dari sisi value for money. Sebab dengan banderol yang tidak beda jauh dari Meizu M2 Note, phablet terbaru Xiaomi ini sudah menggunakan chipset Helio X10 yang oleh MediaTek sendiri diposisikan sebagai lawan bagi Snapdragon 810. Didampingi oleh RAM sebesar 2 GB performa komputasi Xiaomi Redmi Note 2 terasa cepat dan fluid meski masih jauh jika Anda mengharapkan performa sekelas phablet kelas high-end.

Dengan GPU PowerVR G6200 terintegrasi Redmi Note 2 mampu menjalankan game-game Android terbaru dengan detil yang jauh lebih baik jika dibandingkan Meizu M2 Note.

Untuk fitur kameranya memang tidak terlalu istimewa, hanya saja jika kembali berpatokan bahwa Xiaomi Redmi Note 2 merupakan phablet kelas low-end yang banderolnya hanya di kisaran Rp 2 juta-an maka sebenarnya kualitas serta performa kamera generasi kedua ini termasuk istimewa atau di atas rata-rata kompetitor di kisaran harga sama.

Kamera Xiaomi Redmi Note 2

Perangkat lunak kameranya sendiri mendukung mode manual, pengaturan exposure, pengaturan fokus serta tersedia pula beberapa filter.

Kapasitas baterai 3060 mAh juga terbilang istimewa untuk sebuah phablet di kisaran harga ini, belum lagi Xiaomi Redmi Note 2 juga mendukung Quick charge meski faktanya tetap membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk pengisian daya penuh. Setidaknya hanya dalam waktu 30 menit daya baterainya sudah terisi ulang sebanyak 60%.

Xiaomi Redmi Note 2 Indonesia

Opini untuk Xiaomi Redmi Note 2

Xiaomi Redmi Note 2 memang bukan smartphone/phablet sempurna jika Anda memiliki fleksibilitas anggaran, sebab faktanya masih ada banyak alternatif lain yang lebih baik. Sebaliknya jika anggaran Anda terbatas dibawah Rp 2.5 juta maka Xiaomi Redmi Note 2 adalah pilihan terbaik yang bisa didapat untuk saat ini.