on

Komparasi Final Asus Zenfone 2 (ZE551ML) vs. Xiaomi Redmi Note 2

Secara tak terduga persaingan antara dua produk masing-masing asal Taiwan dan Cina di segmen mid-low mendominasi kelasnya. Persaingan yang dimaksud adalah antara Asus Zenfone 2 vs. Xiaomi Redmi Note 2. Oleh konsumen keduanya dianggap sebagai alternatif atas produk merek mapan yang umumnya dibanderol lebih mahal.

Xiaomi kala memperkenalkan Redmi Note 2 bermaksud menyasar kelompok konsumen yang menginginkan smartphone kelas flagship namun anggarannya terbatas. Meski terkesan jeli dan cerdik namun bukan berarti pelaksanaannya mulus di lapangan. Pasalnya Asus juga sedang getol-getolnya menyasar kelompok konsumen yang sama lewat Zenfone 2.

Asus Zenfone 2 (ZE551ML) vs. Xiaomi Redmi Note 2


Membedah Komparasi Asus Zenfone 2 (ZE551ML) vs. Xiaomi Redmi Note 2

Tahun lalu kami pernah mencoba melakukan perbandingan awal Asus Zenfone 2 vs. Xiaomi Redmi Note 2, namun perbandingan tersebut belum lengkap karena kepastian mengenai spesifikasi Redmi Note 2 sendiri kala itu masih menyisakan banyak misteri. Kali ini situasinya sangat berbeda setelah kedua produk yang diperbandingkan sama-sama resmi tersedia di pasaran.

Kala dirilis Xiaomi Redmi Note 2 mencatat penjualan fantastis yaitu 8.000 unit pada hari pertama saja. Meski mengundang decak kagum namun perlu dicatat bahwa penjualan tersebut dicapai di negeri asal mereka sendiri. Sementara di pasar global, kompetitor yang harus dihadapi lebih beragam demikian pula dengan karakter konsumennya.

Xiaomi melengkapi Redmi Note 2 dengan layar berukuran 5.5 inch yang sanggup menampilkan resolusi maksimal 1920, menariknya Asus pun juga memberikan layar dengan ukuran serta tingkat resolusi yang sama persis dengan kompetitornya tersebut.

Sementara di sektor performa Asus mengandalkan chipset Intel dengan prosesor Quad-core berkombinasi dengan RAM sebesar 4 GB. Xiaomi Redmi Note 2 sendiri menggunakan prosesor Cortex-AS53 yang terintegrasi dengan chipset MediaTek MT6795.

Pada pengujian dengan Basemark OS II 2.0 Asus Zenfone 2 mampu mencatatkan poin lebih baik dibanding Xiaomi Redmi Note 2.

Asus Zenfone 2 juga tersedia dalam opsi kapasitas memori internal yang lebih beragam mulai dari 16, 32 dan 64 GB dimana pada Xiaomi Redmi Note 2 hanya tersedia dua pilihan saja yaitu 16 dan 32 GB. Belum lagi untuk versi 16 dan 32 GB Asus Zenfone 2 mendukung penggunaan memori eksternal hingga kapasitas 64 GB.

Membandingkan kamera Asus Zenfone 2 vs. Xiaomi Redmi Note 2 di atas kertas terkesan setara karena sama-sama menggunakan kamera utama 13 MP dan kamera sekunder 5 MP, perbedaan yang kentara adalah kamera sekunder Xiaomi Redmi Note 2 sudah mendukung perekaman video 720 pixels. Namun untuk menilai mana yang lebih baik diantara keduanya Anda harus memperbandingkan secara langsung mengingat penilaian terhadap kualitas foto acapkali bersifat subjektif.

Kedua smartphone dalam perbandingan ini juga sama-sama menjalankan sistem operasi Android Lollipop.

Harga Asus Zenfone 2 vs. Xiaomi Redmi Note 2
Asus Zenfone 2 Xiaomi Redmi Note 2
Harga Asus Zenfone 2 Harga Xiaomi Redmi Note 2
Sony Xperia Z2 beli sekarang


Opini Akhir Terhadap Perbandingan Asus Zenfone 2 vs. Xiaomi Redmi Note 2

Mencari mana yang lebih baik sebagai jawab atas hasil perbandingan Asus Zenfone 2 vs. Xiaomi Redmi Note 2 bukan hal gampang. Pasalnya dalam banyak hal keduanya benar-benar identik satu dengan yang lain. Di atas kertas berdasar data spesifikasi teknis maupun hasil benchmark Asus Zenfone 2 unggul di sektor performa namun di sisi lain harga Xiaomi Redmi Note 2 lebih murah dibanding kompetitornya tersebut. Silakan Anda tentukan sendiri mana diantara keduanya yang lebih pas memenuhi preferensi masing-masing.