on

Perbandingan Antara Asus Zenfone 2 vs. Xiaomi Redmi Note 2

Perbandingan Asus Zenfone 2 vs. Xiaomi Redmi Note 2 merepresentasikan pertarungan dua ponsel Android murah dengan performa yang secara teoritis jauh melebihi ekspektasi. Kedua ponsel sama-sama dibanderol dengan harga yang sulit ditolak oleh mayoritas calon konsumen. Redmi Note 2 menanggung beban meneruskan sukses pendahulunya, sedangkan Zenfone 2 merupakan terobosan baru di produsen asal Taiwan.

Perbandingan Asus Zenfone 2 vs. Xiaomi Redmi Note 2 jelas menarik untuk disimak. Sebab di masa lalu tak seorangpun membayangkan bisa membeli phablet Android secanggih keduanya dengan harga kisaran Ro 2 juta-an. Namun karena tak mudah memilih salah satu di antaranya maka itu kali ini kami menghadirkan artikel perbandingan Asus Zenfone 2 vs. Xiaomi Redmi Note 2 ini.

Perbandingan Antara Asus Zenfone 2 vs. Xiaomi Redmi Note 2


Perbandingan Desain dan Spesifikasi Asus Zenfone 2 vs. Xiaomi Redmi Note 2

Dari pihak pabrikan asal Taiwan, Asus sebelumnya sudah memperkenalkan dan mencatat sukses dengan seri Zenfone. Menariknya setelah menggunakan nama Zenfone 4, Zenfone 5 dan Zenfone 6 justru pada seri terbarunya mereka menggunakan angka yang lebih rendah yaitu Zenfone 2. Angka-angka pada Asus Zenfone 4, 5 dan 6 selama ini menunjukkan ukuran layar yang diusung oleh masing-masing. Maka ketika produsen tersebut memperkenalkan Asus Zenfone 2 tentu orang bertanya-tanya apakah angka 2 tersebut juga merepresentasikan ukuran layarnya?

Tentu terasa tak masuk akal jika angka 2 merepresentasikan hal yang sama seperti tiga produk di jajaran keluarga Zenfone yang sudah dirilis terlebih dahulu. Jadi memang bukan itu maksud sang produsen, bahkan faktanya Asus Zenfone 2 sendiri mengusung layar IPS berukuran 5.5 inch dengan kepadatan warna 403 ppi yang dikelilingi oleh bezel 3,3 mm dan terlindung di balik Corning Gorilla Glass 3.

Perbandingan Antara Asus Zenfone 2 vs. Xiaomi Redmi Note 2

Bukan dari sisi layar saja Asus Zenfone 2 membuat orang tak mampu menahan diri untuk tak meliriknya. Desain yang diusung oleh smartphone Asus Zenfone terbaru ini juga sama sekali berbeda dengan produk lain di jajaran keluarga Zenfone yang sudah ada selama ini.

Untuk mendukung tampilan yang memesona tersebut Asus menempatkan Intel Atom processor Z3580 yang memiliki konstruksi 64 bit dengan laju maksimal 2.3 GHz berikuta RAM dengan kapasitas 4 GB untuk bertanggung jawab terhadap performa kecepatannya.

Di lain sisi Xiaomi Redmi Note 2 mencoba meneruskan sukses Xiaomi Redmi Note generasi pertama. Bukan saja mempertahankan sukses lebih menantang ketimbang meraihnya namun juga kali ini kehadiran Zenfone 2 diyakini bakal mengganjal penjualan Xiaomi Redmi Note 2.
Hingga saat ini masih begitu banyak misteri menyelimuti kepastian spesifikasi Xiaomi Redmi Note 2. Diduga Xiaomi bakal menempatkan layar 5.5 inch FHD berikut dimensi casing yang lebih ringan dan tipis dibanding Redmi Note generasi awal.

Perbandingan Antara Asus Zenfone 2 vs. Xiaomi Redmi Note 2

Sedangkan di sektor performa kecepatan masih ada dua dugaan yang dipegang, yang pertama meyakini Xiaomi Redmi Note 2 akan ditenagai oleh Snadragon 615 sedangkan yang lain meyakini bahwa MediaTek MT6752 lah yang bakal menjadi jantung performanya. Sementara untuk kapasitas RAM nya sendiri diduga takkan terlalu ekstrem yaitu antara 1 atau 2 GB.

Asus Zenfone 2 maupun Xiaomi Redmi Note 2 juga sama-sama mencoba menarik minat calon konsumen yang dewasa ini makin peduli akan kualitas kamera pada smartphone. Asus menempatkan kamera utama 13 MP dengan didukung teknologi PixelMaster berikut lensa f/2.0 dan Red Tone Flash yang secara teoritis mampu memberikan pencahayaan lebih natural dibanding LED flash biasa. Keunggulan teknologi PixelMaster sendiri berikut implementasinya di lapangan sudah pernah diulas pada review Asus PadFone S beberapa waktu lalu. Sedangkan pada bagian depan terdapat kamera sekunder 5 MP untuk memikat penggemar aktivitas foto selfie.

Lagi-lagi Redmi Note 2 juga masih menyisakan misteri di sini, namun sejauh ini diyakini juga akan mengusung kamera utama 13 MP dan kamera kedua 5 MP sama halnya dengan Zenfone 2. Namun kelebihan atau fitur pendukung apa yang akan menyertai masih belum diketahui sampai artikel ini dibuat. Selama ini smartphone Xiaomi tak pernah terkenal karena kualitas kamera yang istimewa, karena itu kami sendiri tidak berharap banyak pada kualitas kamera Redmi Note 2.

Di sektor sistem operasi Asus Zenfone 2 bakal sedikit unggul dibandingan Xiaomi Redmi Note 2 karena sudah menjalankan sistem operasi Android Lollipop, sedangkan Xiaomi sendiri pilih menggunakan Android KitKat. Sementara untuk tampilan antar muka keduanya sama-sama menarik, hanya saja ZenUI milik Asus lebih sederhana dan optimal untuk dipersonalisasikan.

Zenfone 2 juga lebih fleksibel dalam menawarkan pilihan kapasitas media penyimpanan internal mulai dari 16, 32 hingga 64 GB dimana Redmi Note 2 hanya tersedia dalam satu pilihan yaitu 8 GB. Untuk dukungan memori eksternal keduanya berimbang dengan kapasitas maksimal 64 GB.

Belum terbukti apakah performa baterai Asus Zenfone 2 bakal disempurnakan karena selama ini seri Zenfone yang menggunakan prosesor Intel terkenal cukup boros dalam menggunakan daya baterai. Namun yang pasti baterai tipe non removable berkapasitas 3000 mAh pada Zenfone 2 ini didukung oleh teknologi fast charging yang hanya membutuhkan waktu 39 menit untuk mengisi ulang daya hingga 60%. Di lain pihak Xiaomi Redmi Note 2 dilengkapi baterai 3100 mAh yang diklaim oleh pabrikannya mampu bertahan hingga dua hari.

Harga Asus Zenfone 2 vs. Xiaomi Redmi Note 2
Asus Zenfone 2 Xiaomi Redmi Note 2
Harga Asus Zenfone 2 Harga Xiaomi Redmi Note 2
Sony Xperia Z2 beli sekarang


Kesimpulan Awal Perbandingan Asus Zenfone 2 vs. Xiaomi Redmi Note 2

Menarik kesimpulan perbandingan Asus Zenfone 2 vs. Xiaomi Redmi Note 2 memang masih terlalu dini, lebih-lebih informasi mengenai Redmi Note 2 masih banyak yang belum terkonfirmasi secara resmi. Namun tak ada salahnya menarik dugaan awal berasal pecahan-pecahan informasi yang ada sejauh ini.

Sejauh ini Asus Zenfone 2 tampak menjadi pilihan menarik karena ada begitu banyak kebaruan yang diusung olehnya mulai dari desain, kamera hingga perangkat lunak. Namun di sisi lain reputasi smartphone Asus Zenfone dalam hal performa baterai sejauh ini tidak terlalu menjanjikan.
Di lain sisi meski menawarkan performa baterai lebih baik namun Xiaomi Redmi Note 2 tak banyak membawa kebaruan jika dibanding Zenfone 2 maupun pendahulunya.

Mana yang lebih baik di antara Asus Zenfone 2 vs. Xiaomi Redmi Note 2 pada akhirnya seperti biasa kembali pada preferensi dan pertimbangan masing.