on

Perbandingan Samsung Galaxy E5 vs. Lenovo Vibe K4 Note

Tahun ini Samsung Galaxy E5 mendapat tantangan serius dari handphone buatan Cina yang cukup potensial yaitu Lenovo Vibe K4 Note. Dengan positioning yang berbeda keduanya sama-sama menyasar segmen mid-low dan dibanderol dengan harga yang tak jauh beda pula satu dengan yang lain.

Sama halnya seperti anggota keluarga Galaxy Seri E lainnya, kala dihadirkan Samsung Galaxy E5 mengedepankan desain yang ramping meski tanpa casing logam seperti Galaxy seri A. Di sisi lain Vibe K4 Note merupakan lompatan besar jika dibanding K3 Note karena kini smartphone Android buatan Lenovo tersebut mengusung desain serta fitur kelas premium.

Perbandingan Samsung Galaxy E5 vs. Lenovo Vibe K4 Note


Mengupas Perbandingan Samsung Galaxy E5 vs. Lenovo Vibe K4 Note

Samsung Galaxy E5 sampai saat ini masih merupakan salah satu smartphone tertipis di segmen menengah dengan dimensi 141.6 x 70.2 x 7.3 mm. Walau tidak mengadopsi casing aluminium namun ia termasuk well-crafted dan solid. Layar berukuran 5 inch dengan teknologi Super AMOLED-nya menampilkan resolusi maksimal 720 x 1280 dengan kerapatan warna mencapai 294 ppi. Di kelasnya layar ini termasuk pula sebagai yang terbaik.

Lenovo Vibe K4 Note sendiri yang memiliki dimensi 153.6 x 76.5 x 9.2 mm jelas lebih besar dibanding Galaxy E5, namun ia juga memiliki ukuran layar lebih lebar yaitu 5.5 inch dengan teknologi IPS yang sanggup menampilkan resolusi setara FHD (1080 x 1920 pixels) yang kerapatan warnanya mencapai 401 ppi. Selain sudah memberikan lapisan Corning Gorilla Glass 3, Lenovo juga membekali phablet Android terbarunya ini dengan sensor pemindai sidik jari yang makin jamak ditemukan pada smartphone/phablet masa kini.

Lenovo Vibe K4 Note Indonesia

Dengan demikian untuk poin pertama Samsung Galaxy E5 memiliki keunggulan dari sisi dimensi, namun Lenovo Vibe K4 Note unggul dengan layar lebih lebar, lebih tajam belum lagi sensor pemindai sidik jari dan Corning Gorilla Glass.

Masuk ke poin perbandingan performa secara teoritis Samsung Galaxy E5 makin terlihat inferior dibanding Lenovo Vibe K4 Note. Chipset yang menjadi jantung performanya sudah tergolong lawas demikian pula halnya dengan kapasitas RAM yang hanya 1.5 GB. Bagaimanapun pada kenyataannya jika Anda sekedar menggunakan untuk kebutuhan mendasar maka smartphone Samsung Galaxy ini masih sangat handal melakukan tugasnya.

Sementara itu Lenovo Vibe K4 Note mengandalkan chipset MediaTek MT6753 yang relatif anyar dengan didampingi oleh RAM sebesar 3 GB. Secara teoritis ia jelas jauh mengungguli Galaxy E5, namun spesifikasi tersebut baru bisa optimal dengan manajamen perangkat lunak yang mumpuni pula. Bagaimana Lenovo mampu menjadikannya optimal di lapangan masih harus diuji lebih lanjut.

Di sektor media penyimpanan keduanya sama-sama dibekali memori internal dengan kapasitas 16 GB, bedanya jika Galaxy E5 hanya mendukung memori eksternal hingga kapasitas 64 GB pada Vibe K4 Note bisa mencapai 128 GB.

Mungkin satu-satunya kesamaan antara Samsung Galaxy E5 dan Lenovo Vibe K4 Note terletak pada sistem operasi dimana keduanya sama-sama masih menjalankan Android Lollipop.

Opini Terhadap Hasil Perbandingan Samsung Galaxy E5 vs. Lenovo Vibe K4 Note

Meski harga keduanya berselisih tipis namun Galaxy E5 lebih diposisikan sebagai entry-level smartphone yang menyasar calon konsumen dengan anggaran minim dan hanya menggunakan ponsel-nya untuk kebutuhan dasar.

Sementara Lenovo dengan berani menawarkan banyak fitur dengan Lenovo Vibe K4 Note mulai dari sensor pemindai sidik jari hingga teknologi VR.

Bagaimanapun ketika mempertimbangkan membeli smartphone bukan sekedar menimbang rasio antara harga dan spesifikasi semata namun termasuk jaminan reliabilitas di kemudian hari. Smartphone Lenovo selama ini kerap bermasalah, sebaliknya Samsung terbukti handal dari sisi produk maupun layanan purna jual. Akankah Lenovo Vibe K4 Note mampu mempecundangi Samsung Galaxy E5 nantinya?