on

Perbandingan Motorola Moto G 2015 vs. Microsoft Lumia 650

Perbandingan Motorola Moto G 2015 vs. Microsoft Lumia 650 menjadi topik yang diangkat pada artikel ini sebab secara mengejutkan Microsoft berani menghadirkan handphone terbaru kelas menengah dengan standar di atas rata-rata. Sedangkan Moto G 2015 sendiri saat ini dianggap sebagai tolok ukur kualitas bagi smartphone kelas menengah.

Membandingkan Lumia 650 dengan Moto G 2015 bertujuan memahami sejauh mana Microsoft bekerja keras untuk menjadikan produknya di kategori smartphone mampu disejajarkan dari segi kualitas dibanding kompetitor yang kebanyakan berbasis sistem operasi Android. Meski tahun ini bisa jadi merupakan tahun terakhir bagi seri Lumia namun hampir dipastikan bahwa perkembangan serta pencapaiannya bakal dijadikan dasar bagi Microsoft dalam merancang Surface Phone yang diprediksi mulai rilis tahun 2017 mendatang.

Perbandingan Motorola Moto G 2015 vs. Microsoft Lumia 650

Membandingkan Desain & Spesifikasi Motorola Moto G 2015 vs. Microsoft Lumia 650

Phone Lumia 650 Moto G
OS Windows 10 Android 5.1
Screen size 5-inch 5-inch
Screen resolution 720p 720p
Processor Snapdragon 212 Snapdragon 410
Battery 2000mAh 2470mAh
Memory 1GB 1GB
Storage 16GB + microSD 16GB + microSD
Cameras 8 MP + 5MP 13 MP + 5MP

Penampilan keduanya bak bumi dan langit, dengan kata lain tak ada kemiripan diketemukan diantara kedua ponsel berbeda basis sistem operasi tersebut.
Motorola Moto G tampil lebih dinamis baik dari sisi desain maupun warna yang lebih tampak memikat bagi kelompok konsumen usia muda.
Sedangkan Microsoft Lumia 650 sendiri tampil lebih elegan sebab memang sang produsen menyasar kelompok bisnis lewat salah satu produk andalannya tahun ini tersebut.

Oleh karena keduanya sama-sama menggunakan layar berukuran 5 inch maka perbedaan dimensinya juga tak terlalu signifikan, kecuali pada sisi ketebalan dimana memang Moto G 2015 memiliki ketebalan lebih dibanding Lumia 650.

Secara menyeluruh Lumia 650 tampil lebih solid sekaligus premium, namun Moto G menawarkan casing yang mampu menahan rembesan air.

Untuk perbandingan layar sendiri di atas kertas keduanya setara dengan layar 5 inch beresolusi FHD, umumnya tingkat resolusi tidak selalu mencerminkan kualitas sebenarnya namun dalam kasus kedua smartphone ini baik Lumia 650 maupun Moto G 2015 sama-sama menawarkan tingkat kecerahan, rasio kontras, viewing angles serta saturasi warna yang mendekati ideal bahkan cenderung superior untuk ukuran smartphone kelas ini.

Perbedaan paling mencolok antara Motorola Moto G 2015 vs. Microsoft Lumia 650 tentu saja terletak pada sistem operasi. Sebagai smartphone kelas menengah yang pertama kali menjalankan sistem operasi Windows 10 Mobile memang dua fitur andalan sistem operasi tersebut yaitu Continuum serta Windows Hallo disunat dari Limia 650. Walau demikian tanpa kedua fitur itu Windows 10 Mobile tetap memiliki daya tariknya tersendiri.

Tampilan antar muka yang menarik sekaligus mudah dipahami serta penggunaan sumber daya yang efisien menjadi dua dari beberapa kelebihan sistem operasi buatan Micsoroft ini, belum lagi fitur Cortana yang bisa dinikmati dengan catatan Anda memilih region yang didukung olehnya.

Sementara itu Motorola Moto G 2015 mewakili sistem operasi Android dengan sangat baik, pihak pabrikan tidak memberikan tampilan antar muka maupun bloatware berlebihan sehingga selain digemari oleh para purist juga tidak boros dalam mengkonsumsi sumber daya. Motorola juga sudah menjanjikan update resmi Android Marshmallow untuk smartphone kelas menengah andalannya di tahun 2015 tersebut.

Dari sisi performa Moto G 2015 terasa lebih fluid dan bertenaga dibandingkan Microsoft Lumia 650. Bahkan setelah digunakan selama beberapa bulan pun tidak terasa terjadi penurunan performa.

Lumia 650 sendiri meski menggunakan low-end chipset performa serta fluiditasnya sama sekali tidak buruk namun memang terkadang terasa lag yang menjadikannya belum bisa disetarakan dengan Moto G untuk poin performa.

Untuk perbandingan stamina baterai keduanya relatif berimbang, sama-sama membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk pengisian daya penuh dari kondisi 0% baik baterai Moto G generasi ketiga maupun Lumia 650 sama-sama sanggup bertahan selama sehari penuh. Kala keduanya diuji melakukan video streaming baterai Lumia 650 bertahan hampir selama delapan jam sedangkan Moto G mencatat waktu lima setengah jam.

Sementara itu pada poin perbandingan kamera Moto G vs. Lumia 650 dengan sangat jelas kamera utama Moto G 2015 mengungguli kamera utama Lumia 650. Kamera yang juga digunakan oleh Motorola Nexus 6 ini menghasilkan foto serta video dengan kualitas terbaik di kelasnya sampai hari ini. Kamera utama Lumia 650 sendiri sebenarnya juga cukup baik namun belum mampu menyamai Moto G.

Opini Terhadap Hasil Perbandingan Motorola Moto G 2015 vs. Microsoft Lumia 650

Dari beberapa poin perbandingan di atas terlihat bahwa keduanya memiliki kelemahan dan kelebihan yang memang berpotensi menghadirkan dilema pada calon konsumen yang hendak membuat keputusan beli. Casing aluminium dengan desain premium pada Lumia 650 langsung memberi impresi positif pada pandangan pertama namun di balik itu Moto G 2015 bukan saja dibanderol lebih murah namun juga menawarkan casing tahan air, berikut performa dan kamera yang lebih baik juga.