on

Perbedaan Samsung Galaxy S6 vs. Samsung Galaxy S7

Produk terbaru Samsung Galaxy S7 yang lama dinanti akhirnya resmi juga diperkenalkan oleh perusahaan berbasis di Korea yang selama beberapa tahun ini mengalami kemerotosan penjualan. Kehadirannya memang tidak dinilai bakal mendongkrak angka penjualan mereka tahun ini namun memiliki peran penting tersendiri karena merepresentasikan penguasaan teknologi sang produsen.

Setelah resmi diperkenalkan maka pembahasan beralih dari yang semula berupa dugaan mengenai spesifikasi Samsung Galaxy S7 menjadi perbandingan Samsung Galaxy S6 vs. Samsung Galaxy S7. Lantas apa sebenarnya perbedaan antara kedua flagship phones tersebut?

Perbedaan Samsung Galaxy S6 vs. Samsung Galaxy S7


Mengupas Perbedaan Samsung Galaxy S6 vs. Samsung Galaxy S7

Phone Samsung Galaxy S6 Samsung Galaxy S7
Screen size 5.1-inches 5.1-inches
Screen resolution 2560x1440 2560x1440
Storage 32/64/128GB 32/64GB
microSD memory cards? No Yes (up to 200GB)
Processor Exynos 7420 Exynos 8890/Snapdragon 820
Memory 3GB 4GB
Battery 2550mAh 3000mAh
Cameras 16MP, 5MP 12MP dual pixel, 5MP
Water resistant? No Yes (IP68)

Sangat bisa ditebak jika desain dan tampilan Samsung Galaxy S7 masih sangat identik dengan smartphone yang digantikan olehnya. Bahkan dari sisi penggunaan material pun pihak pabrikan tidak melakukan ubahan berarti. Pada poin ini yang kentara membedakan Samsung Galaxy S7 dari Samsung Galaxy S6 adalah lensa kamera utama yang tidak lagi menonjol sehingga relatif aman kala diletakkan di meja atau permukaan lainnya.

Selain itu setelah mendapat kritikan tahun lalu karena ketiadaan sertifikasi IP68 paada Galaxy S6 akhirnya produk terbaru Samsung Galaxy ini kembali menghadirkan keunggulan yang terakhir pernah dimiliki oleh Samsung Galaxy S5 dua tahun silam.

Namun jika Anda berharap ada ubahan signifikan di sektor layar sebagaimana sempat beredar rumornya beberapa waktu lalu tampaknya Anda bakal sedikit kecewa. Sebab Samsung memutuskan untuk mempertahankan layar Quad HD 5.1 inch milik Galaxy S6. Ubahan minor hanya dilakukan pada layar Galaxy S7 yang kini dilengkapi fitur always- on yang memungkinkan pengguna melihat notifikasi, missed calls ataupun pesan tanpa harus mengaktifkan layar terlebih dahulu.

Di sektor sebelumnya kali ini Samsung kembali melanjutkan kerjasama dengan Qualcomm sehingga seperti yang sudah-sudah Samsung Galaxy S7 bakal tersedia dalam dua versi masing-masing menggunakan chipset Exynos dan yang lain adalah Snapdragon 820.
Peningkatan di performa Samsung Galaxy S7 dibanding Samsung Galaxy S6 itu diimbangi pula dengan kapasitas baterai yang lebih besar sehingga secara teoritis stamina baterai Galaxy S7 bakal mampu bersaing dengan Sony Xperia Z5.

Jika membandingkan kamera Samsung Galaxy S6 vs. Samsung Galaxy S7 di atas kertas tampaknya memang ada penurunan dari yang semula menggunakan kamera utama 16 MP menjadi 12 MP. Namun perlu diingat bahwa nilai MP tidak merespresentasikan kondisi sesungguhnya. Bahkan kamera Galaxy S7 menggunakan lensa f/1.7 yang semestinya memiliki kemampuan lebih baik pada situasi low-light. Ditambah lagi kamera ini juga dilengkapi dengan dual pixel technology terbaru.

Harga Samsung Galaxy S6 vs. Samsung Galaxy S7
Samsung Galaxy S6 Samsung Galaxy S7
Harga Samsung Galaxy S7 Edge Harga Samsung Galaxy S7
Samsung Galaxy S7 beli sekarang


Opini Awal Terhadap Perbedaan Samsung Galaxy S6 vs. Samsung Galaxy S7

Perbandingan Samsung Galaxy S6 vs Samsung Galaxy S7 di atas masih sekedar membandingkan secara teoritis karena belum bisa menguji Galaxy S7 secara langsung. Dari perbandingan di atas kertas tersebut tampaknya Galaxy S7 menawarkan ubahan yang layak diapresiasi meski mungkin tak terlalu signifikan.