on

Mengenal Gaming Laptop Berpendingin Air: Asus RoG GX700VO

Potensi besar segmen gaming laptop bukan hanya menggoda pemain kelas dua seperti Acer yang beberapa waktu silam merilis seri terbaru dari Acer Predator namun juga mengukuhkan pemain veteran asal negeri yang sama untuk merilis generasi terbaru sub-brand RoG yaitu Asus RoG GX700VO.

Nama besar RoG (Republic of Gamers) sudah mendarah daging di kalangan penggemar game, bahkan reputasinya dianggap menyamai Alienware. Meski demikian bukan berarti potensi Asus RoG sudah mencapai puncaknya. Buktinya baru-baru ini kehadiran GX700VO menunjukkan bahwa masih banyak improvisasi dan kejutan yang bisa dihadirkan oleh produsen asal Taiwan tersebut.

Asus RoG GX700VO


Desain dan Spesifikasi Gaming Laptop Berpendingan Air: Asus RoG GX700VO

  • Intel quad-core Core 2.7GHz i7-6820HK
  • NVIDIA GeForce GTX980 GPU, 8GB of GDDR5 VRAM
  • 64GB of RAM
  • 17.3-inch full HD IPS display, 1920 x 1200 resolution
  • 1TB of storage
  • HD web camera
  • 802.11 ac, 3 USB 3.0, 1 USB Type-C, 1 mini Display Port, 1 HDMI port, 1 Thunderbolt port
  • 3.6 kilos (tanpa dock)
Penampilan serta desainnya sendiri memang tak terlalu memberi kejutan, pasalnya Asus RoG GX700VO banyak mengambil inspirasi dari seri RoG lainnya yang sudah dikenal terlebih dahulu yaitu GX752. Casingnya terbuat dari aluminium dengan logo ‘ROG’ berukuran besar di bagian tengah diapit oleh dua strip yang terbuat dari LED.

Kesan garang tersebut masih diperkuat lagi lewat perpaduan kelir aluminium dengan tembaga dibarengi oleh kelir merah di beberapa bagian. Dengan bobot lebih dari 3 kg sama seperti laptop game pada umumnya ia tidak cukup nyaman mendukung mobilitas tinggi pemiliknya. Bukan hal baru dan jelas bukan pula sebuah pengorbanan yang tak mau diambil oleh maniak game.

Begitu membuka casing-nya pengguna akan disuguhi oleh keyboard berukuran besar berikut layar 17.3 inch berteknologi IPS yang sanggup menampilkan resolusi setara FHD. Ukuran trackpad yang lebar juga memberi kenyamanan tersendiri kala memainkan game dengan Asus RoG GX700VO.

Laptop Game Berpendingin Air Asus RoG GX700VO

Review Asus RoG GX700VO Indonesia

Ukuran besar ini juga membawa kelebihan tersendiri dalam ketersediaan interface. Beberapa yang disediakan oleh laptop game buatan Asus ini termasuk 3x USB 3.0 dimana satu diantaranya mendukung fitur fast charging, 1x USB tipe C, port Thunderbolt, HDMI serta DisplayPort. Tentu saja SD Card reader serta serta konektor audio baik in maupun out juga tersedia. Ketersediaan port-port tersebut sekaligus memastikan bahwa investasi konsumen kala membeli Asus RoG GX700VO benar-benar worth karena ia layak dipertahankan hingga beberapa tahun kedepan.

Asus RoG GX700VO Indonesia

Walau demikian kecanggihan sebenarnya dari Asus RoG GX700VO terletak dari modul pendingin air yang tak diketemukan pada laptop lain. Menghubungkan modul pendingin air dengan laptop itu sendiri bukan sebuah proses yang sulit sebab para desainer sudah mempertimbangkan dengan baik. Kehadiran modul tersebut memberi keleluasaan bagi pemilik untuk melakukan overclock pada laptopnya.

Oleh karena pendingin tersebut merupakan aksesoris bawaan maka pihak produsen pun sudah merancang agar hard case bawaan Asus RoG GX700VO menyediakan cukup ruang untuk menyimpannya.

Gaming Laptop Murah Asus RoG GX700VO

Layar 17.3 inch miliik Asus RoG GX700VO memang menampilkan kualitas gambar dan warna yang sangat baik namun resolusi FHD untuk laptop sekelas ini patut disayangkan, sebab ultrabook seperti Toshiba Satellite saja sudah menawarkan resolusi 4K.

Performa Asus RoG GX700VO sendiri merupakan tanggung jawab dari kombinasi GPU Nvidia GTX980 yang memiliki VRAM sebesae 8 GB dengan prosesor Intel quad-core 2.7GHz i7-6820HK dari generasi Skylake. Kapasitas RAM-nya sendiri sangat ideal untuk menjalankan game-game kompleks yaitu 64 GB. Dalam pengujian beberapa judul game yang menuntut performa tinggi seperti ‘The Division’ berjalan dengan mulus pada setting tertinggi.

Lantas dimanakah peran dari pendingin air yang tak lain adalah daya tarik utama dari gaming laptop terbaru buatan Asus tersebut? Kala modul tersebut tidak disambungkan ke laptop secara otomatis GPU-nya akan beralih menjadi GTX980M dimana performanya menurun sekitat 43% dibanding GTX980 (tanpa M). Asus juga mengklaim bahwa penggunaan pendingin air turut meningkatkan performa RAM sekitar 31%.

Meski stamina baterai tidak pernah menjadi keunggulan untuk sebuah laptop game namun stamina baterai Asus RoG GX700VO terbilang baik. Dalam pengujian ia sanggup bertahan selama lebih dari satu jam, tentu saja saat itu tidak digunakan untuk memainkan game namun sekedar menjalankan aplikasi office serta menjelajah internet.

Spesifikasi dan harga laptop game Asus RoG GX700VO

Opini Terhadap Laptop Game Berpendingin Air Asus RoG GX700VO

Praktis jelas bukan bagian dari laptop game lebih-lebih Asus RoG GX700VO yang memiliki modul pendingin air. Namun memang gaming laptop tidak pernah dirancang untuk mendukung kepraktisan melainkan memaksimalkan performa, dan untuk tujuan tersebut Asus sekali lagi mencatat sukses dan menghadirkan kejutan dalam arti positif.