on

Huawei Matebook: Hybrid Windows 10 dari Negeri Tirai Bambu

Setelah Xiaomi Mi Pad 2 Windows Edition kini giliran produk berbasis Windows 10 asal Negeri Cina lainnya Huawei Matebook yang mendapat sorotan. Sukses Huawei sepanjang tahun 2014 dan 2015 di industri ponsel memantapkan langkah perusahaan untuk melakukan ekspansi ke industri lain. Kali ini adalah hybrid yang notabene sedang naik daun.

Huawei Matebook adalah produk pertama Huawei di kategori tersebut, namun pujian dan sorotan langsung ditujukan kepadanya. Memanfaatkan popularitas hybrid dan sistem operasi Windows 10 akankah Huawei menorehkan sukses seperti produk smartphone mereka?

Spesifikasi dan Harga Huawei Matebook

Mengulas Desain & Spesifikasi Hybrid Windows 10 Huawei Matebook

  • Intel Core M3 to Intel Core M7
  • 4GB to 8GB RAM
  • 128GB to 512GB Storage
  • 12.0-inch IPS LCD 2,160×1,440 resolution
  • Fingerprint reader, stylus, port expander, optional keyboard case
  • 33.7Wh Battery
 Desain Huawei Matebook yang memiliki ketebalan 6.9 mm tampak ramping sekaligus elegan, balutan warna metalik memperkuat kesan tersebut. Kualitas tersebut bukan hanya terfokus pada Tablet-nya semata namun bahkan termasuk detachable keyboard bawaan Huawei Matebook berkat lapisan faux-leather.

Bobot keselurahannya hanya mencapai 640 gram, dengan bobot tersebut ia mampu menggantikan hampir semua fungsi sebuah PC yang dimensinya jauh lebih besar serta memakan tempat.
Untuk poin desain satu-satunya kekurangan Huawei Matebook hanya terletak pada tombol detachable keyboard yang cenderung lunak kala ditekan. Jarak antar tombol juga terlalu rapat sehingga meningkatkan peluang salah ketik.

Kelebihan dan Kekurangan Huawei Matebook

Selain keyboard, Huawei Matebook dilengkapi dengan input device lain berupa MatePen yang tak lain adalah stylus pen dengan 2048 poin tekanan untuk menjamin akurasi serta sensitivitas selama digunakan. Keberadaannya bukan sekedar seperti umumnya stylus pen sebab ia pun sangat produktif mendukung presentasi karena dilengkapi tombol yang berfungsi sebagai mouse clicker maupun menggeser slideshow bahan presentasi itu sendiri.

Pada bagian belakang MatePen terdapat pula laser pointer yang makin mengukuhkan dirinya sebagai sahabat setia para profesional.

Huawei Matebook Indonesia

Huawei Matebook dilengkapi pula dengan extender port, keberadaannya memungkinkan pengguna untuk melakukan koneksi dengan perangkat lain melalui port USB tipe C, HDMI, VGA, LAN maupun USB 3.0. Sayang card reader tampak terlewatkan oleh pihak pabrikan kala merancangnya.

Impresi Awal Terhadap Hybrid Windows 10 Huawei Matebook

Sebagai produk perdana Huawei Matebook menunjukkan potensi yang besar baik dari sisi tampilan maupun produktivitas. Namun produk perdana juga memiliki kekurangannya sendiri, nama Huawei di kategori hybrid masih belum teruji dan tertanam di benak konsumen dibanding katakanlah Asus, Acer atau Lenovo.

Sukses tidaknya Huawei Matebook diterima konsumen tampaknya sangat bergantung pada strategi penetapan harga serta kemampuan Huawei melakukan edukasi pasar nantinya.