on

Samsung Galaxy S7 Tidak (Selalu) Lebih Baik Dibanding Samsung Galaxy S6

Kehadiran Samsung Galaxy S7 membuat gundah pemilik Galaxy S6 untuk mempertimbangkan layak tidaknya mengganti ponsel lawas mereka dengan penerusnya. Dengan berbagai apresiasi diberikan kepada flagship terbaru Samsung tersebut tak heran jika pengguna Galaxy S6 yang memiliki dana leluasa tertarik membeli Galaxy S7.

Lebih-lebih ada beberapa fitur seperti microSD dan IP68 yang tak dimiliki Galaxy S6. Belum lagi di atas kertas kamera Samsung Galaxy S7 dianggap merupakan lompatan spektakuler di bidang smartphone photography yang membuat banyak orang merasa penasaran. Sebelum terburu-buru membuat keputusan berikut akan diulas benar tidaknya Samsung Galaxy S7 lebih baik ketimbang Samsung Galaxy S6.

Samsung Galaxy S7 Dibanding Samsung Galaxy S6


Mengapa Samsung Galaxy S7 Tidak (Selalu) Lebih Baik Dibanding Samsung Galaxy S6?

Samsung sudah melakukan langkah besar kala mengubah desain Galaxy S6 dari Galaxy S5, karenanya tahun ini mereka pilih menahan biaya investasi dengan tidak melakukan ubahan besar pada Galaxy S7. Penampilan Samsung Galaxy S7 dan Samsung Galaxy S6 nyaris tak berbeda, mungkin hal penting pada sisi desain hanya terletak pada lensa kamera utama yang tidak lagi menonjol keluar berikut casing IP68. Pada poin ini memang Galaxy S7 unggul atas Galaxy S6 namun tidak sepadan menggantikan Galaxy S6 yang sudah Anda miliki dengan Galaxy S7 jika hanya untuk keunggulan tipis tersebut.

Di poin layar bahkan benar-benar tak ada perbedaan antara layar Samsung Galaxy S6 vs. Samsung Galaxy S7. Benar, Samsung melakukan beberapa penyempurnaan salah satunya adalah fitur always-on. Untuk mereka yang sedang mempertimbangkan membeli Samsung Galaxy S7 atau Samsung Galaxy S6 tentu sang penerus merupakan pilihan lebih baik, namun bagi pemilik Galaxy S6 ubahan itu tidak bakal terasa berarti.

Samsung Galaxy S7 Tidak Lebih Baik Dibanding Samsung Galaxy S6


Hal yang mengejutkan justru terletak pada perbandingan performa Samsung Galaxy S6 vs. Samsung Galaxy S7. Setelah menggunakan Galaxy S7 selama beberapa hari ternyata performa Galaxy S7 tidak se-reliable yang diharapkan, bahkan masih di bawah Galaxy S6. Beberapa aplikasi mengalami crash atau forced exit. Kondisi ini tidak ditemukan pada Galaxy S6. Mungkin firmware-nya memang belum sempurna namun jelas bukan pengalaman yang menyenangkan jika Anda sudah mengeluarkan uang beberapa juta Rupiah untuk berpindah dari Galaxy S6 ke Galaxy S7 kemudian harus mengalami kejadian semacam ini.

Di sektor kamera yang mungkin paling menggoda pemiliki Samsung Galaxy S6 untuk melakukan upgrade ke Galaxy S7 pada beberapa pengujian memang terbukti kamera Galaxy S7 mampu menghasilkan kualitas foto lebih baik. Namun lagi-lagi perbedaan itu tidak terlalu signifikan, lebih-lebih jika Anda hanya bermaksud mengunggah foto-foto itu di media sosial atau menyimpan untuk dinikmati ponsel semata. Selain perbedaannya tidak akan tersadari juga kebanyakan audience di jejaring sosial tidak terlalu memperhatikan perbedaan kualitas tersebut.

Hasil Kamera Samsung Galaxy S6 vs. Galaxy S7

Hasil Kamera Samsung Galaxy S6 Dibanding S7

Dalam mode ‘Auto’ bahkan hasil kamera Samsung Galaxy S6 secara subjektif justru tampak lebih baik ketimbang penerusnya.

Harga Samsung Galaxy S6 vs. Samsung Galaxy S7
Samsung Galaxy S6 Samsung Galaxy S7
Harga Samsung Galaxy S7 Edge Harga Samsung Galaxy S7
Samsung Galaxy S7 beli sekarang


Opini untuk Upgrade Samsung Galaxy S6 ke Samsung Galaxy S7

Menyebut ubahan yang ditawarkan Samsung Galaxy S7 signifikan atau tidak terasa sulit mencapai sebuah jawaban. Pasalnya jika Anda bukan pengguna Galaxy S6 dan memiliki dana leluasa sudah pasti Samsung Galaxy S7 merupakan pilihan lebih ideal dan beberapa peningkatan yang ia miliki terasa signifikan.
Namun jika dalam posisi saat ini Anda sudah memiliki Samsung Galaxy S6 rasanya beberapa juta Rupiah yang harus dikeluarkan untuk menebus Samsung Galaxy S7 dan merelakan Samsung Galaxy S6 tidaklah terasa layak.