on

Benarkah Nokia Lumia 1020 Sudah Outdated?

Nokia Lumia 1020 kala dirilis sekitar tiga tahun silam mendapat begitu banyak sorotan karena membawa terobosan untuk fitur kamera pada smartphone. Hingga bertahun-tahun kemudian pun bahkan tak sedikit fotografer yang masih memercayakan kamera Lumia 1020 sebagai pendamping DSLR andalannya.

Kini setiap tahun hampir dipastikan berbagai produsen melakukan update untuk produk smartphone mereka. Dari sisi perangkat lunak maupun desain kentara sekali bahwa Lumia 1020 sudah dimakan usia. Namun benarkah Nokia Lumia 1020 sudah outdated?

Kamera Nokia Lumia 1020

Menilai Kelaikan Nokia Lumia 1020 Tahun Ini

Baru kemarin kami melakukan komparasi kamera Nokia Lumia 1020 vs. Lumia 950 XL, dari perbandingan tersebut terlihat bahwa kecuali dalam hal kecepatan pada dasarnya kamera Lumia 1020 masih sangat handal untuk ukuran kamera smartphone saat ini sekalipun.

Memang keunggulan utama yang sekaligus merupakan ciri khas dari smartphone yang pernah menjadi kebanggaan Nokia itu terletak pada fitur kamera. Sensor 41 MP PureView dengan lensa Carl Zeiss F/2.2 sanggup membawanya bertahan melewati perkembangan waktu dan teknologi.

Namun pada sisi lain prosesor yang bertanggung jawab mendukung performa kamera tersebut tidak bertahan sebaik kameranya sendiri. Tak mengerankan jika membandingkan smartphone keluaran terbaru dengan Nokia Lumia 1020 terasa sekali bagaimana kamera Lumia 1020 tersebut terkesan lambat.

Dari sisi dimensi Nokia Lumia 1020 pun memiliki kelebihannya sendiri yang masih bertahan sampai sekarang. Sama halnya dengan kamera point-and-shoot maka kepraktisan dan handling menjadi pra syarat penting bagi kamera smartphone. Sebab jika kedua hal itu sudah tidak terpenuhi maka mayoritas pengguna akan cenderung memilih kamera sungguhan.

Review Nokia Lumia 1020

Walau berukuran kompak namun dari sisi build quality Lumia 1020 sangat kokoh sehingga tak membuat pengguna merasa khawatir. Faktanya tidak sedikit unit Lumia 1020 yang sudah digunakan selama tiga tahun dan masih dalam kondisi prima.

Mendukung perangkat keras kamera Lumia 1020, pihak produsen juga telah mengerjakan tugas dengan sempurna lewat kemudahan saat menggunakan model manual. Kebebasan berkreasi juga diberikan secara luas, nyaris tak ada kompetitor yang mampu menyuguhkan fleksibilitas setara.

Harga Lumia 950 vs. Lumia 1020
Lumia 950 Lumia 1020
Harga Lumia 950 Harga Lumia 1020
Samsung Galaxy S7 beli sekarang


Opini Terhadap Nokia Lumia 1020

Mempertahankan bahkan membeli Nokia Lumia 1020 baru saat ini masih sangat masuk akal. Build quality kokoh serta kamera tak lekang jaman merupakan dua alasan utama. Asus bahkan mencoba meniru sukses 1020 lewat Zenfone Zoom namun bisa dibilang gagal. Meski secara fisik kamera keduanya tampak sama namun kemampuan menghasilkan foto kedua kamera tersebut jelas berbeda kelas.

Selama Anda tak berkeberatan dengan performa yang termasuk lambat untuk ukuran masa kini serta bisa menemukan Nokia Lumia 1020 yang dibanderol kurang dari Rp 4 juta (baru & resmi) rasanya smartphone keluaran tiga tahun lalu ini masih menjadi pilihan ideal bahkan sekalipun Microsoft secara resmi sudah memastikan bahwa Lumia 1020, Lumia 925 dan beberapa Lumia lawas lain yang memiliki RAM kurang dari 1 GB takkan mendapatkan update Windows 10 Mobile.