on

Komparasi iPhone SE vs. iPhone 6s

Setelah harga iPhone SE diumumkan ternyata masyarakat di luar AS harus sedikit mengalami kekecewaan karena tidak semurah yang diharapkan. Bahkan perbandingan iPhone SE vs. iPhone 6s dari sisi harga menjadi sangat tipis yang membuat calon konsumen pun ragu mana yang harus dipilih dari keduanya.

Tipisnya selisih harga antara iPhone SE vs. iPhone 6s memunculkan pertanyaan di balik alasan Apple menempuh strategi penetapan harga yang di luar ekspektasi tersebut. Dari sisi harga saja iPhone SE jelas bukan penerus bagi iPhone 5c yang tercatat sebagai iPhone termurah beberapa tahun silam. Lantas seberada bedakah iPhone terbaru itu dengan iPhone 6s yang diperkenalkan beberapa bulan lalu?

Komparasi iPhone SE vs. iPhone 6s


Komparasi Desain & Spesifikasi iPhone SE vs. iPhone 6s

Dalam peluncuran iPhone SE bersama beberapa produk terbaru Apple lainnya secara resmi sang produsen menjelaskan bahwa ‘SE’ merupakan kependekan dari ‘Special Edition’. Artinya berbeda dengan iPhone 5c yang dulu memang diposisikan sebagai seri “iPhone murah” tidak demikian halnya dengan iPhone SE.

iPhone SE bukan saja diberlakukan sebagai produk premium namun bahkan juga dalam beberapa hal bisa disebut sebagai iPhone 5s 2.0 atau update untuk smartphone Apple yang dirilis dua tahun silam tersebut.

Beberapa bulan lalu memang Apple sudah memperkenalkan iPhone 6s dan iPhone 6s Plus yang merupakan dua andalan terbaru mereka dan mengusung penyempurnaan signifikan dibanding generasi sebelumnya. Namun ternyata tidak semua konsumen loyal Apple serta merta rela melakukan migrasi ke iPhone terbaru tersebut. Bukan semata-mata harga yang melatarbelakangi namun dimensi yang dianggap besar lebih sering dianggap sebagai biang keladi.

Akibatnya ada cukup banyak pengguna iPhone 5 dan iPhone 5s yang pilih bertahan dengan ponsel lama mereka. Dalam rangka memfasilitasi sekaligus mempertahankan loyalitas kelompok konsumen tersebut-lah iPhone SE dirilis pada awal tahun 2016 ini.

Oleh karena berangkat dari ide tersebut maka tak terlalu mengherankan jika dari sisi desain ada cukup banyak kemiripan antara iPhone SE dengan iPhone 5s. Ada beberapa ubahan memang seperti cover belakang yang kini mengadopsi permukaan matte agar tidak licin digenggam serta beberapa ubahan lain namun sifatnya minor.

Walau demikian di balik casing tersebut hampir semuanya sudah di-upgrade hingga setara dengan iPhone 6s kecuali fitur 3D Touch serta kamera sekunder yang resolusinya lebih rendah dibanding iPhone 6s.

Apple sendiri meski membanderol iPhone SE dengan harga relatif murah untuk pasar dalam negeri (AS) ternyata pilih membanderol dengan harga premium untuk pasar Eropa dan Asia. Di Asia tercatat harga iPhone SE bahkan lebih tinggi dibanding pasar AS, Kanada dan Eropa. Harga iPhone SE dengan memori internal 16 GB saja sudah menyentuh harga Rp 8 juta-an.

Sementara itu meski layar iPhone SE lebih kecil dibanding layar iPhone 6s (4 vs. 4.7 inch) namun keduanya tercatat memiliki tingkat kerapatan warna setara yaitu 326 ppi. Hanya saja kualitas keduanya tidak bisa dibilang setara sebab selain fitur 3D Touch dihilangkan dari iPhone SE juga teknologi ‘dual-domain pixels’ yang dimaksudkan meningkatkan viewing angles turut absen dari iPhone terbaru tersebut.

Perbandingan iPhone SE vs. iPhone 6s

Di sektor performa sendiri duet prosesor A9 dan M9 sebagaimana diketemukan pada iPhone 6s turut tertanam di iPhone SE. Meski saat tulisan ini diturunkan Apple belum mengkonfirmasi kapasitas RAM iPhone SE namun berdasar hasil AnTuTu ia mencatatkan hasil yang sama dengan iPhone 6s, karenanya bisa diduga bahwa keduanya juga memiliki kapasitas RAM setara. Jika iPhone 6s tersedia dalam opsi memori internal 16, 64 dan 128 GB maka untuk iPhone SE hanya tersedia 16 GB dan 64 GB saja.

Sensor pemindai sidik jari sudah menjadi kelengkapan pada iPhone SE, hanya saja teknologi yang digunakan adalah milik iPhone 6 bukannya iPhone 6s. Artinya kecepatan unlocking tidak sebaik iPhone 6s.

Sebagaimana disinggung dalam ulasan awal iPhone SE sebelumnya bahwa kamera utama yang digunakan adalah sama dengan kamera utama iPhone 6s. Sedangkan untuk kamera sekunder SE hanya mengandalkan kamera 1.2 MP, f/2.4. Kamera sekunder ini didukung dengan Retina flash untuk mengoptimalkan kemampuannya pada kondisi minim cahaya.

Untuk konektivitas perbedaan iPhone SE vs. iPhone 6s sangat tipis, keduanya sama-sama mendukung koneksi Wi-Fi 802.11ac, Bluetooth, NFC dan GPS. Bedanya jika iPhone SE sekedar mendukung jaringan LTE standar maka untuk iPhone 6s sebagaimana diketahui sudah menawarkan LTE Advance. Barometer juga dihilangkan dari iPhone SE yang berarti menghilangkan pula kemampuannya mendeteksi altitude serta perubahan elevasi.

Oleh karena dirilis pasca hadirnya iOS 9.3 maka wajar jika iPhone SE sudah menjalankan sistem operasi mobile terbaru buatan Apple tersebut, tak lama lagi iPhone 6s pun sebenarnya juga akan mendapatkan update yang membuat keduanya kembali setara dari sisi sistem operasi.

Di bawah ini adalah tabel perbandingan spesifikasi iPhone SE vs. iPhone 6s:

Features Apple iPhone SE Apple iPhone 6s
Display 4-inch Retina Display (1136×640 pixels) 4.7-inch Retina Display (1334×750 pixels )
Processor Apple A9 processor with M9 motion coprocessor Apple A9 processor with M9 motion coprocessor
RAM N.A 2GB
Storage 16GB/64GB (non-expandable) 16GB/64GB/128GB (non-expandable)
Rear Camera 12-megapixel auto-focus, dual tone LED flash, aperture f/2.2 12-megapixel auto-focus, dual tone LED flash, aperture f/2.2
Front Camera 1.2-megapixel, aperture f/1.2 5-megapixel, aperture f/2.2
OS iOS 9.3 Upgradable to iOS 9.3
Extra Features Touch ID fingerprint scanner Touch ID fingerprint scanner

Opini Hasil Komparasi iPhone SE vs. iPhone 6s

Cukup mahalnya harga iPhone SE di Indonesia mungkin memang merupakan kabar yang mengecewakan bagi kebanyakan calon konsumen yang berharap bisa memiliki handphone Apple dengan harga terjangkau sebagaimana dinikmati oleh konsumen di AS.

Namun jika kita bisa sedikit merelakan pupusnya ekspektasi tersebut dan melihat iPhone SE dari sisi produk semata maka harga tersebut sebenarnya cukup bisa diterima. Dari hasil perbandingan iPhone SE vs. iPhone 6s di atas kentara bahwa perbedaan antara keduanya sangat tipis dan masuk akal jika Apple menghadirkannya dalam upaya mempertahakan konsumen loyal yang enggan beralih ke iPhone 6s atau lebih-lebih 6s Plus dengan alasan dimensi yang tidak praktis.

Benar bahwa dengan harga Rp 8 juta ke atas konsumen bisa beroleh handphone Android yang lebih mumpuni namun akuisisi pangsa pasar tampaknya memang bukan tujuan utama dari dihadirkannya iPhone SE ini.