on

Perbandingan iPhone SE vs. iPhone 5s

Perbandingan iPhone SE vs. iPhone 5s diangkat sebagai sorotan kali ini karena banyak yang menyebut bahwa iPhone SE merupakan iPhone 6s dengan casing iPhone 5s. Apple sendiri secara tersirat menjelaskan iPhone terbaru yang baru saja diperkenalkan beberapa hari silam tersebut merupakan update dari iPhone 5s.

Untuk pertama kalinya Apple kembali memproduksi iPhone dengan ukuran kompak yang sudah ditinggalkannya semenjak beberapa tahun lalu. Kebanyakan pengguna iPhone lawas menyambut gembira karena pada akhirnya mereka bisa menggunakan handset anyar tanpa harus mengikut arus menggunakan ponsel berlayar lebar. Namun seberapa besarkah kesamaan antara iPhone SE vs. iPhone 5s? Benarkah ia pantas disebut iPhone 5s versi 2.0?

Perbandingan iPhone SE vs. iPhone 5s


Membandingkan iPhone SE vs. iPhone 5s

iPhone SE resmi tercatat sebagai iPhone termurah yang saat ini secara resmi ada di pasaran, memang harganya jauh lebih mahal dari ekspektasi semula yang ada di kisaran Rp 5 juta-an namun ia masih lebih murah dibanding iPhone 6s dan iPhone 6s Plus. Well, iPhone 5s versi termurah dibanderol jauh lebih rendah namun karena Apple sendiri menghentikan produksi seri 5s semenjak produksi seri SE dimulai maka iPhone 5s tidak lagi masuk hitungan.

Harga iPhone 5s dengan memori internal 16 GB sendiri saat ini ada di kisaran Rp 4,8 juta-an, sehingga harga iPhone SE yang nantinya di kisaran Rp 8 juta-an bagi mereka yang saat ini masih mempertahankan iPhone 5s atau yang lebih lawas diharapkan memberi upgrade sepadan dengan sejumlah uang yang mereka keluarkan.

Jika Anda termasuk salah satu pengguna iPhone 5s yang sedang mempertimbangkan membeli iPhone SE untuk mengganti iPhone lawas tersebut maka perbandingan iPhone SE vs. iPhone 5s berikut layak dijadikan bahan pertimbangan.

Sekilas, jika hanya membandingkan keduanya dari sisi desain maka seperti sudah disinggung dalam dua artikel terakhir di blog Gizmo Je-Jo bahwa perbedaan keduanya sangat tipis. Apple memang sengaja menggunakan desain iPhone 5s sebagai cetak biru dalam merancang iPhone SE. Dimensi keduanya sangat identik meski bobot iPhone SE lebih berat 1 gram ketimbang iPhone 5s.

Sisi positifnya jika Anda sudah memiliki pelindung casing untuk iPhone 5s maka aksesoris tersebut masih bisa dimanfaatkan saat berganti ke iPhone SE. Selain itu untuk iPhone terbaru ini tersedia pula pilihan warna baru rose gold.

Layar iPhone SE dan iPhone 5s secara fisik juga identik baik dari segi ukuran, resolusi maupun kepadatan warna. iPhone keluaran terbaru sekaligus termurah ini juga belum mengadopsi 3D Touch sebagaimana diketemukan keberadaannya pada iPhone 6s dan iPhone 6s Plus.

Namun jangan skeptis terlebih dahulu, sebab di sisi lain Apple melakukan demikian banyak upgrade yang menjadikan performa iPhone SE setara dengan iPhone 6s. Kombinasi prosesor A9 dan M9 demikian pula RAM sebesar 2 GB menjadikan iPhone SE mencatat skor sama seperti iPhone 6s dalam uji AnTuTu.
Sedangkan iPhone 5s sendiri masih sekedar menggunakan prosesor lawas A7 yang performanya hanya separuh dari A9.

iPhone SE hanya tersedia dalam dua opsi memori internal masing-masing 16 GB dan 64 GB, betul bahwa iPhone 5s tersedia dalam pilihan 32 GB namun mencari iPhone 5s resmi dalam kondisi baru yang memiliki RAM lebih besar dari 16 GB untuk saat ini bisa dibilang mustahil.

Selain performa masih ada perbedaan signifikan antara iPhone SE vs. iPhone 5s yang tak lain adalah fitur kamera. Untuk iPhone SE dibenamkan kamera utama 12Mp iSight yang sekaligus mampu merekam klip video pada resolusi 4K persis seperti milik iPhone 6s. Kamera ini unggul telak dari sisi performa maupun kualitas jika membandingkannya dengan kamera utama 8 MP milik iPhone 5s.

Sedangkan untuk kamera selfie atau kamera sekunder meski keduanya sama-sama menggunakan kamera 1.2 MP namun untuk iPhone SE sudah didukung oleh Retina flash.

Sensor pemindai sidik jari yang digunakan oleh iPhone SE adalah sensor yang persis sama digunakan pula oleh iPhone 5s, hanya saja kali ini sudah mendukung Apple Pay menggunakan modul NFC yang dua tahun lalu belum menjadi bagian dari iPhone 5s.

Masuk ke poin perangkat lunak atau sistem operasi dalam perbandingan iPhone SE vs. iPhone 5s benar bahwa untuk saat ini pun iPhone 5s sudah bisa menjalankan iOS 9.3, namun karena spesifikasi perangkat keras kedua ponsel buatan Apple ini jauh berbeda maka performa yang dihasilkan pun jauh berbeda. iOS 9.3 berjalan lebih responsif pada iPhone SE dibanding iPhone 5s. Belum lagi fitur ‘Live Photos’ dan ‘Hey Siri’ juga sudah melengkapi iPhone SE.

Opini Untuk Perbandingan iPhone SE vs. iPhone 5s

iPhone SE jelas memiliki berbagai keunggulan dibanding iPhone 5s, hanya saja sebagai pemilik iPhone 5s worth buying-kah iPhone berlayar 4 inch terbaru itu? Jika Anda menilai prosesor A9, kamera 12 MP, Live Photos serta Hey Siri merupakan layak dijadikan alasan untuk merelakan iPhone 5s Anda untuk beralih ke iPhone SE maka Anda takkan merasa kecewa. Pasalnya memang hanya keempat hal tersebut yang bakal paling Anda rasakan sebagai keunggulan kala beralih ke seri SE.

Bagaimana dengan pemilik iPhone seri lebih lawas katakanlah iPhone 5 ke bawah yang enggan beralih ke iPhone 6s dengan alasan dimensi terlalu besar? Mana yang lebih layak dibeli antara iPhone SE atau iPhone 5s? Di bawah ini adalah alasan membeli iPhone SE dan alasan membeli iPhone 5s:

Alasan Membeli iPhone SE. Keunggulan iPhone SE Dibanding iPhone 5s adalah:

  1. Pilihan warna iPhone SE lebih kaya dibanding iPhone 5s
  2. Prosesor lebih powerful
  3. Kamera iPhone SE lebih baik dibanding iPhone 5s
  4. Koneksi lebih baik

Alasan Membeli iPhone 5s. Keunggulan iPhone 5s Dibanding iPhone SE adalah:


  1. Harga iPhone 5s Lebih murah dibanding harga iPhone SE
  2. Desain iPhone 5s 90% sama dengan iPhone SE
  3. Ukuran, teknologi serta kualitas layar iPhone 5s sama dengan iPhone SE