on

Perbedaan Microsoft Lumia 650 vs. Microsoft Lumia 550

Microsoft Lumia 650 dan Microsoft Lumia 55 menjadi dua seri Lumia terakhir yang dibesut oleh sang produsen. Keduanya sama-sama diposisikan sebagai budget phone dengan harga Lumia 650 beberapa ratus ribu Rupiah lebih mahal dibanding harga Lumia 550. Walau selisih harga keduanya tipis namun dari sisi penampilan sudah sangat berbeda.

Perbedaan Microsoft Lumia 650 vs. Microsoft Lumia 550 diangkat dalam artikel kali ini untuk membantu Anda memutuskan apakah selisih nilai beberapa ratus ribu Rupiah tersebut layak membeli Lumia 650 atau lebih bijak menghemat beberapa ratus ribu Rupiah dan menjatuhkan pilihan pada Lumia 550 saja.

Perbedaan Microsoft Lumia 650 vs. Microsoft Lumia 550


Menilik Perbedaan Desain & Spesifikasi Microsoft Lumia 650 vs. Microsoft Lumia 550

Phone Lumia 550 Lumia 650
Weight 142g 131g
Screen size 4.7-inch 5-inch
Screen resolution 720p 720p
Processor Snapdragon 210 Snapdragon 212
Battery 2100mAh 2000mAh
Memory 1GB 1GB
Storage 8GB + microSD 16GB + microSD
Cameras 5MP + 2MP 8MP + 5MP

Sebenarnya desain kedua Windows 10 Phone dengan harga terjangkau ini tidak terlalu berbeda satu dengan yang lain. Perbedaan pada sisi ini hanya terlihat pada lebar layar. Namun pemilihan material logam untuk Lumia 650 serta plastik untuk Lumia 550 membuat keduanya jadi tampak sama sekali berbeda.

Lumia 650 jelas berkesan premium sekaligus elegan, sementara bahan plastik pada Lumi 550 membuatnya terkesan kalah kelas dibanding saudaranya itu. Terlepas dari perbedaan jenis material keduanya sama-sama menawarkan build quality solid.

Baik Microsoft Lumia 650 maupun Lumia 550 sama-sama mengadopsi removable back cover, namun untuk pertama kalinya seri Lumia tidak menyediakan aksesoris untuk mengganti casing bagian belakang itu. Di samping itu semua ponsel Lumia keluaran terakhir tampil dengan warna lebih dewasa, bukan dengan warna ceria sebagaimana menjadi ciri khas mereka selama ini. Cukup bisa dipahami mengingat seri 650 dan 950 utamanya ditujukan untuk kalangan profesional.

Di atas kertas perbedaan kualitas layar antara Lumia 650 vs. Lumia 550 tampak tipis. Lumia 550 menggunakan layar berukuran 4.7 inch sedangkan Lumia 650 berlayar 5 inch, keduanya sama-sama menampilkan resolusi setara HD.
Namun kala dibandingkan secara langsung kenyataannya tidaklah demikian. Kualitas layar Lumia 650 tampak superior dibanding saudaranya. Ia menampilkan tingkat kecerahan lebih baik, gambar lebih tajam serta viewing angles lebih luas.

Lumia 650 juga sudah mengadopsi penempatan speaker pada bagian depan dimana Lumia 550 masih menempatkannya di sisi belakang. Memang output volume pada Lumia 550 tetap terasa kuat, meski kualitasnya tak terlalu ideal.

Bagi penggemar musik, Lumia 650 juga terasa lebih ideal karena memiliki kapasitas memori internal lebih lega (16 GB), sementara Lumia 550 hanya 8 GB. Tentu keduanya sama-sama mendukung penggunaan memori eksternal melalui keping microSD.

Pada poin sistem operasi keduanya sangat identik satu dengan yang lain. Sistem operasi Windows 10 Mobile yang dijalankan kedua smartphone ini memang masih berusia belia dan memiliki beberapa bug, namun tidak sampai pada tahap terjadi crash yang mengganggu sebagaimana sering dialami oleh iOS setiap versi baru dirilis.

Sayangnya Windows Hello dan Continuum yang menjadi keunggulan Windows 10 Mobile tidak disediakan pada kedua smartphone, sebab sampai saat ini kedua fitur itu belum bisa dijalankan pada handheld dengan spesifikasi rendah.

Kelemahan lain dari Windows 10 Phone adalah performa serta tingkat fluiditasnya yang tidak terlalu baik jika dijalankan oleh smartphone kelas menengah dan kelas low-end. Padahal sebelumnya sistem operasi Windows Phone selalu dikenal fluid meski pada smartphone berspesifikasi rendah sekalipun.

Pilih Microsoft Lumia 650 atau Microsoft Lumia 550?

Chipset Snapdragon 210 yang menjadi jantung performa Lumia 550 saat ini sudah berumur sekitar satu setengah tahun dan terbukti tidak sanggup menjalankan sistem operasi Windows 10 Mobile secara optimal. Gejala lag cukup sering terjadi selama menjalankan aplikasi.
Lumia 650 juga tidak jauh berbeda, Snapdragon 212 sama uzur-nya dan meski kondisinya lebih baik dibanding Lumia 550 tetap saja tidak menampilkan pengalaman lag free.

Hal yang cukup membingungkan adalah perbedaan kapasitas baterai dimana Lumia 550 yang memiliki spesifikasi lebih rendah serta layar lebih kecil justru mengusung baterai berkapasitas 2100 mAh, sedangkan Lumia 650 hanya 2000 mAh. Dalam pengujian singkat keduanya sama-sama mampu bertahan selama sehari untuk pemakaian normal.

Untuk fitur kamera di atas kertas Lumia 650 yang memiliki kamera utama 8 MP tampak unggul dibanding kamera 5 MP milik Lumia 550. Kenyataannya perbedaan yang terjadi tidaklah cukup signifikan. Malahan dalam banyak situasi foto hasil kamera Lumia 650 dan Lumia 550 tidak bisa dibedakan.

Justru perbedaan yang kentara terdapat pada kamera depan dimana kamera sekunder 5 MP pada Lumia 650 lebih layak digunakan untuk berfoto selfie ketimbang kamera sekunder 2 MP milik Lumia 550 yang sekedar layak digunakan video chat.

Opini Hasil Perbandingan Microsoft Lumia 650 vs. Microsoft Lumia 550

Dari beberapa poin perbandingan Microsoft Lumia 650 vs. Microsoft Lumia 550 di atas bisa dibilang bahwa perbedaan utama antara kedua smartphone terletak pada material casing. Sementara di luar itu perbedaannya sangat tipis dan bahkan nyaris tidak ada. Layak atau tidak selisih beberapa ratus ribu Rupiah tersebut tentu saja setiap calon konsumen memiliki preferensi serta pertimbangan yang tidak sama.