on

Pilih Samsung Galaxy S7 atau LG G5?

Persaingan antara Samsung Galaxy S7 vs. LG G5 sudah memanas jauh-jauh hari sebelum rilis resmi kedua kandidat terkuat smartphone terbaik 2016 tersebut. Keduanya saling ‘berperang’ lewat akun Twitter resmi masing-masing dan memuncak pada gelaran Mobile World Congress di Barcelona beberapa pekan silam.

Samsung Galaxy S7 dan LG G5 memang layak dijagokan sebagai flagship terbaik tahun ini. Meski kompetisi keduanya menarik disoroti namun tidak selalu demikian di mata calon konsumen. Keberadaan dua smartphone yang sama kuatnya atau sama baiknya menjadikan proses pengambilan keputusan tidak lagi sederhana.

Pilih Samsung Galaxy S7 atau LG G5?


Mana yang Lebih Baik: Samsung Galaxy S7 atau LG G5?

Walau keduanya sama-sama impresif namun Samsung dan LG melakukan pendekatan yang berbeda. LG G5 merupakan sebuah ubahan drastis jika melihat pendahulunya (LG G4), sang produsen tampak merancang desain dari nol bukan sekedar melakukan penyempurnaan dari LG G4. Ubahan esktrem ini sekaligus memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk mengoptimalkan penggunaan smartphone terbaru keluaran LG itu. Beragam pilihan aksesoris bisa menjadi daya tarik tersendiri meski harganya juga tak bisa dibilang terjangkau untuk semua kalangan.

Sedangkan Samsung bertahan dengan apa yang mereka miliki tahun lalu. Perbedaan antara Samsung Galaxy S6 dengan Galaxy S7 dari sisi desain tidak terlalu kentara. Samsung mempertahankan kesan elegan yang dimiliki oleh generasi flagship sebelumnya, namun kali ini Galaxy S7 sudah mengantongi sertifikasi IP68 yang sempat tersingkir tahun lalu.

Dari poin desain saja sudah tidak mudah menentukan mana yang lebih ideal dipilih antara Samsung Galaxy S7 vs. LG G5. Desain LG G5 yang memberi keleluasaan aksesoris tak bisa dikesampingkan begitu saja, lebih-lebih jika nantinya muncul aksesoris after market yang lebih beragam. Kondisi tersebut menjadikan LG G5 terasa lebih future proof jika dibandingkan Galaxy S7. Memang beberapa diantaranya seperti HiFi Plus with Bang & Olufson Play atau Cam Plus terkesan cenderung gimmick namun bukan berarti tak akan membuat konsumen tergoda.

Sementara itu Samsung Galaxy S7 bagi kelompok konsumen usia yang lebih mapan mungkin dinilai lebih aman. Desainnya elegan namun tidak terlalu konvensional. Apalagi kali ini Samsung memberikan desain yang anti air dan anti debu.

Perbandingan Samsung Galaxy S7 vs. LG G5

Samsung jelas memperhatikan kekecewaan konsumen tahun lalu terkait ketiadaan fitur anti air/debu serta microSD, keduanya kini sudah kembali diketemukan pada Galaxy S7. Namun LG G5 melangkah jauh ke depan dengan menawarkan removable battery dalam desain unibodi.

LG memang harus melakukan langkah fenomenal untuk membuat dirinya terlepas dari bayang-bayang rival senegara-nya yaitu Samsung, dan ubahan revolusioner di sektor desain tampaknya cukup sukses membuat sejumlah perhatian diarahkan kepadanya.

Mempertimbangkan bahwa Galaxy S7 hanya menawarkan ubahan minim di sektor desain maka cukup adil rasanya menempatkan LG G5 sebagai pemenang untuk poin desain.

Pada poin perbandingan layar Samsung Galaxy S7 vs. LG G5 selama ini Samsung dikenal unggul berkat penerapan teknologi Super AMOLED yang makin hari memiliki semakin banyak penggemar. Layar beresolusi QHD pada Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge memang hanya menawarkan penyempurnaan minor dibanding Galaxy S6/S6 Edge namun jangan remehkan, sebab layar tersebut masih sulit dicari bandingannya sampai hari ini.

LG G5 sendiri masih setia mempertahankan teknologi IPS LCD, dan meski terbilang istimewa dibanding layar berteknologi serupa pada smartphone lain namun ia tetap tak mampu menampilkan kepekatan warna seperti Super AMOLED pada Galaxy S7 dan S7 Edge.

Selain itu meski sama-sama memiliki keunikan di sektor layar berikut fitur always-on, namun layar milik Galaxy S7 lebih leluasa dikostumisasi ketimbang layar LG G5.

Karenanya untuk poin layar Samsung Galaxy S7 masih belum tergeser dari tahtanya.

Perbandingan Spesifikasi Samsung Galaxy S7 vs. LG G5

Masuk ke perbandingan performa Samsung Galaxy S7 vs. LG G5 pada dasarnya merupakan representasi dari perang antara chipset Exynos 8 vs. Snapdragon 820. Pada pengujian awal, Exynos 8 yang didampingi LPDDR4-RAM sebesar 4 GB menunjukkan performa yang fluid dan seolah tak pernah kehabisan nafas. Namun Qualcomm Snapdragon 820 dengan GPU Adreno 530 dan RAM 4 GB pada LG G5 pun juga menunjukkan performa yang tidak kalah baik.

Mendasarkan pada hasil uji benchmark seperti AnTuTu semata tidak merepresentasikan kondisi sebenarnya. Faktanya kedua smartphone sama-sama menunjukkan dirinya powerful. Lebih penting lagi dari sisi performa keduanya juga kembali membuktikan potensi future proof. Karena itu kami pilih memberi poin imbang untuk perbandingan performa Samsung Galaxy S7 vs. LG G5.

Samsung kembali unggul di sektor baterai karena selain Galaxy S7 memiliki baterai dengan kapasitas lebih besar (3.000 vs 2.800 mAh) juga ia sudah mendukung pengisian ulang nirkabel dimana fitur serupa belum ditemukan pada LG G5.

Perbandingan Hasil Kamera Samsung Galaxy S7 vs. LG G5

Kala membandingkan kamera Samsung Galaxy S7 vs. LG G5 secara detil Galaxy S7 yang memiliki kamera utama 12 MP, lensa f/1.7 lens berikut teknologi ultrapixel terkesan sebagai sebuah terobosan mencolok dibandingkan pendahulunya. Namun pada pengujian langsung foto hasil kamera Samsung Galaxy S7 tidak selalu lebih baik dibandingkan kamera Galaxy S6. Dalam beberapa kondisi ia sedikit unggul namun dalam kondisi lain cenderung imbang atau malah lebih baik Galaxy S6.

Sedangkan LG G5 yang menggabungkan kamera 8 MP berlensa lebar sebagai pendamping dari kamera utama 16 MP secara teoritis lebih mumpuni untuk low-light performance. Hanya saja dalam pengujian awal foto hasil kamera LG G5 juga tidak terlalu tampak berbeda dibandingkan hasil dari kamera Galaxy S7.

Mendasarkan pada uji singkat tersebut maka untuk poin kamera kembali keduanya layak diposisikan imbang hingga pengujian lebih lanjut dikemudian hari.

Perbandingan Harga Samsung Galaxy S7 vs. LG G5

Opini: Pilih Samsung Galaxy S7 atau LG G5?

Memilih Samsung Galaxy S7 atau LG G5 sebagai smartphone terbaik untuk saat ini memang masih terlalu dini. Pasalnya Apple masih belum merilis iPhone 7, dan meski penjualannya jeblok namun HTC One M10 juga tetap berpotensi menjadi kuda hitam yang patut diwaspadai.

Berfokus pada perbandingan Samsung Galaxy S7 vs LG G5 semata menunjukkan bahwa Samsung memiliki alasan kuat untuk melakukan ubahan minor saja pada produk Samsung terbaru tersebut. Resep sukses mereka tahun lalu masih layak dipertahankan dengan beberapa tambahan bumbu penyedap. Resep itu terbukti manjur dan masih membuatnya unggul sementara atas LG G5 secara keseluruhan.