on

Microsoft Lumia 550: Windows 10 Mobile Termurah

Microsoft Lumia 550 resmi menjadi Windows 10 Mobile termurah dan mungkin terakhir yang dari seri Lumia yang diproduksi oleh Microsoft. Tahun depan pabrikan tersebut bakal membuka babak baru dengan Surface Phone. Kehadiran Lumia 550 dinilai sebagai kabar baik bagi pecinta Windows Phone dengan budget minim.

Kehadiran Microsoft Lumia 550 masih menjadi teka-teki meski calon konsumen mulai bersikap pesimis dan Microsoft Indonesia melalui akun resmi Microsoft Lumia Indonesia (kini menjadi Microsoft Lumia) baik di FB maupun Twitter tidak pernah memberikan respon terhadap kepastian masuknya Lumia 550 dan Lumia 650 di Indonesia namun bukan berarti harapan tersebut pupus. Pasalnya ada beberapa handset dengan kode RM-1127, RM-1150,RM-1152, RM-1154, RM-1156 yang disertifikasikan di Indonesia bersama dengan Lumia 950 (RM-1118) dan Lumia 950 XL (RM-1116).

Microsoft Lumia 550: Windows 10 Mobile Termurah


Desain dan Spesifikasi Win 10 Mobile Termurah Microsoft Lumia 550

Sebelumnya sudah diberikan impresi awal terhadap Microsoft Lumia 650 yang sayangnya minus beberapa fitur unggulan Windows 10 Mobile seperti Continuum dan Windows Hello. Namun setidaknya dari segi desain Lumia 650 menampilkan kesan premium melampaui ekspektasi.

Microsoft Lumia 550 yang dibanderol lebih murah hadir dengan penampilan jauh berbeda. Desainnya berkesan biasa saja, demikian pula material yang digunakan sepenuhnya mengandalkan plastik.

Microsoft Lumia 550 Review Indonesia

Dimensi yang kecil dengan bobot hanya 142 gram membuat handset Win 10 Mobile termurah ini nyaman dioperasikan dengan satu tangan. Walau penampilannya biasa serta materialnya sekedar menggunakan plastik namun build quality Lumia 550 tetap terbilang solid. Casing bagian belakang dimana Anda bisa mengakses baterai, kartu SIM serta keping microSD tertutup rapat tanpa celah, sehingga kesan murahan juga tak bisa dilekatkan kepada Microsoft Lumia 550.

Microsoft Lumia 550 Masuk Indonesia

Sementara itu bagian depannya didominasi oleh layar berukuran 4.7 inch yang menampilkan resolusi setara HD, meski secara teoritis ia tampak setara dengan smartphone yang lebih mahal sebut saja misalnya Xperia Z5 Compact namun harga memang tidak bohong. Tingkat kecerahan, rasio kontras serta viewing angles layar Lumia 550 jauh dibawah layar Xperia Z5 Compact meski di atas kertas keduanya berimbang.

Menariknya speaker tunggal yang diletakkan di bagian belakang menghasilkan output volume cukup kuat, kala digunakan mendengarkan musik di kamar misalnya output yang dihasilkan sudah layak dinikmati tanpa bantuan perangkat lain.

Sedangkan untuk pengalaman antar mukanya sendiri tidak berbeda dari Lumia 650. Keputusan Microsoft yang hanya menempatkan chipset Snapdragon 210 sebagai jantung performa smartphone terbarunya ini bisa dibilang sebagai kelemahan utama Microsoft Lumia 550. Pasalnya sekedar untuk melakukan pekerjaan rutin dan sederhana pun gejala lag kerap terasa.

Secara teoritis kamera utama Microsoft Lumia 550 yang hanya 5 MP terkesan inferior dibanding kamera 8 MP pada Microsoft Lumia 650. Kenyataannya hasil foto dari kedua kamera itu tak jauh berbeda kala sama-sama digunakan pada kondisi pencahayaan yang ideal. Kelemahannya terletak pada low-light performance sebagaimana umumnya ponsel kelas low-end hingga menengah. Sebaliknya kamera sekunder 2 MP hanya layak untuk video chat semata.

Spesifikasi dan Harga Microsoft Lumia 550

Impresi Terhadap Windows 10 Mobile Termurah Microsoft Lumia 550

Kehadiran sistem operasi Windows 10 terbukti membuka segudang potensi bagi banyak perangkat termasuk smartphone. Namun untuk bisa bersaing dengan Android serta iOS masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan oleh Microsoft.

Microsoft Lumia 550 sendiri tidak banyak memiliki hal yang bisa membuat konsumen tertarik menjatuhkan pilihan kepadanya. Performa yang di bawah standar, kamera biasa saja belum lagi ketiadaan Continuum serta Windows Hello hanya akan membuatnya terposisi sebagai mediocre phone.