on

Kupas Tuntas Seputar Samsung Galaxy S7

Setelah melihat impresi awal Samsung Galaxy S7 dilanjutkan mengulas beberapa kelebihan yang dimiliki oleh produk terbaru Samsung tersebut akhirnya tiba pula kesempatan membahas tuntas Samsung Galaxy S7 yang dijadwalkan resmi dijual mulai 19 Maret 2016. Ubahan desain yang minim tidak sepenuhnya menggambarkan ubahan yang dilakukan pihak produsen terhadap flagship terbarunya itu.

Setahun sebelumnya bisa diduga Samsung sudah menanamkan investasi besar ketika mengubah desain dari Galaxy S5 ke Galaxy S6. Karenanya cukup bisa dipahami jika tahun ini mereka cenderung mempertahankan desain tersebut. Di luar itu sang produsen melakukan banyak ubahan signifikan yang benar-benar membedakan Galaxy S7 dari Galaxy S6.

Review Samsung Galaxy S7 Indonesia


Bedah Tuntas Spesifikasi Samsung Galaxy S7

  • 2.6GHz octa-core Exynos 8890 processor
  • 4GB of RAM
  • 5.1 Super AMOLED display, QHD resolution, Gorilla Glass 4 protection, 2560 x 1440 resolution
  • 32GB of storage, expandable via microSD up to 200GB
  • 12-megapixel DualPixel camera, f/1.7 aperture, OIS
  • 5-megapixel front camera
  • Dual SIM
  • 3G, LTE
  • WiFi, Bluetooth, GPS, A-GPS, NFC
  • 3000mAh
  • Android 6.0, TouchWiz UI

Ubahan minor pada sisi desain yang dilakukan untuk Samsung Galaxy S7 tampak dari tepi yang kini tidak setajam pendahulunya. Tombol “home” kini dibuat lebih rata seolah merupakan kesatuan dari bodi, sementara itu desain cover belakang sangat mirip desain Samsung Galaxy Note 5. Kabar paling menggembirakan adalah kini lensa kamera utama Samsung Galaxy S7 tidak lagi menonjol sebagaimana Samsung Galaxy S6, pengguna tidak perlu khawatir lagi lensa tersebut tergores.

Keunggulan dan Kelemahan Samsung Galaxy S7

Berbeda dengan kebanyakan kompetitor yang sudah mengadopsi USB tipe C, Galaxy S7 masih menggunakan port micro USB. Meski terkesan ketinggalan namun Samsung punya alasan kuat untuk tidak tergesa menggantikannya dengan USB tipe C. Pasalnya hingga saat ini aksesoris yang mendukung USB C masih sangat minim, demikian pula jika pengguna lupa membawa charger maka tidak mudah mencari penggantinya.

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S7

Galaxy S7 kembali mengadopsi desain water-proof & dust proof yang hilang tahun lalu. Secara brilian para desainer perusahaan asal Korea itu mampu menerapkannya pada desain elegan yang ditampilkan pada seri sebelumnya. Slot microSD juga kembali tersedia meski ponsel tersebut tetap menggunakan non-removable battery.

Selain hal-hal tersebut tidak ada yang berubah, termasuk layar yang masih mempertahankan layar berteknologi Super AMOLED dengan lebar dan tingkat resolusi persis sama seperti Galaxy S6. Pihak pabrikan hanya menambahkan fitur always-on pada layar tersebut.

Mengandalkan Exynos 8890 berikut LPDDR4-RAM berkapasitas 4 GB lagi-lagi Galaxy S7 kembali mencatatkan diri sebagai smartphone paling bertenaga yang ada saat ini. Dalam uji benchmark ia bahkan mencatatkan poin lebih tinggi dibanding iPhone 6s.
Berkombinasi dengan cairan pendingin Galaxy S7 dijamin mampu memuaskan dahaga penggemar game kompleks.

Tampilan antar muka touch-wiz masih menjadi andalan mendampingi sistem operasi Android Marshmallow, hanya saja kali ini ada sedikit revisi sehingga tidak dipenuhi banyak bloatware seperti ponsel Samsung yang sudah dikenal selama ini.

Output yang dihasilkan oleh speaker Galaxy S7 terdengar mantap baik kala digunakan untuk bermain game maupun memutar musik/film. Fungsi dasar seperti melakukan dan menerima panggilan juga terbukti prima selama pengujian. Sementara itu sistem pemindai sidik jari juga kini terasa sedikit lebih cepat dibanding pendahulunya.

Kamera Samsung Galaxy S7

Ubahan penting lain dari Samsung Galaxy S7 terletak di sektor kamera, dengan nilai MP yang lebih kecil Samsung berani menjanjikan performa serta kualitas yang lebih baik.
Dalam pengujian kamera Samsung Galaxy S7 menunjukkan performa luar biasa terutama untuk low-light performance. Dalam beberapa situasi ia mampu menyamai bahkan melebihi point-and-shoot camera kelas low-end.

Hasil Kamera Samsung Galaxy S7

Mengimbangi peningkatan spesifikasi Samsung Galaxy S7 dilengkapi pula dengan kapasitas baterai lebih besar yaitu 3.000 mAh, sayangnya untuk bertahan selama sehari masih menjadi tantangan berat bagi produk terbaru Samsung tersebut.

Opini Akhir Terhadap Samsung Galaxy S7

Setelah meluangkan waktu beberapa hari bersama Samsung Galaxy S7 kentara bahwa ubahan yang ditawarkan sebenarnya tidak kalah revolusioner dibanding LG G5. Performa dan fluiditas yang luar biasa diimbangi sistem pendinginan modern membuatnya layak disebut sebagai smartphone terbaik, belum lagi low-light performance kamera Galaxy S7 yang sanggup mempecundangi beberapa kamera digital menunjukkan keseriusan Samsung menjadi pemimpin pasar.

Lihat Harga Samsung Galaxy S7 dan Samsung Galaxy S7 Edge
Samsung Galaxy S7 Edge Samsung Galaxy S7
Harga Samsung Galaxy S7 Edge Harga Samsung Galaxy S7
Samsung Galaxy S7 beli sekarang


Selama Anda memiliki cukup anggaran maka Samsung Galaxy S7 tak akan mengecewakan, kecuali stamina baterai yang memaksa pemilik membawa powerbank untuk berjaga-jaga.