on

Impresi Awal Samsung Galaxy S7 & Samsung Galaxy S7 Edge

Samsung Galaxy S7 dan Samsung Galaxy S7 Edge yang pekan lalu diperkenalkan pada waktu yang hampir bersamaan dengan LG G5 tetap menjadi sorotan terlepas dari fakta bahwa produsennya mengalami penurunan penjualan signifikan dalam beberapa tahun belakangan. Kehadiran dua produk Samsung terbaru itu masih tetap menarik untuk disimak.

Samsung Galaxy S7 dan Samsung Galaxy S7 Edge merupakan penyempurnaan dari duo flagship phones sebelumya yaitu Samsung Galaxy S6 dan Samsung Galaxy S6 Edge. Ubahan revolusioner memang tak tampak pada Galaxy S yang tanpa terasa sudah memasuki generasi ketujuh ini, namun apa yang membuatnya tetap dijagokan sebagai pilihan terbaik bersama LG G5?

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S7 & Samsung Galaxy S7 Edge


Mengulas Singkat Samsung Galaxy S7 dan Samsung Galaxy S7 Edge

Samsung Galaxy S7 hadir dengan ketebalan mencapai 7.9 mm yang berarti lebih tebal dibanding Galaxy S6 dengan 6.8 mm. Bobotnya pun turut membengkak menjadi 152 gram. Menariknya meski di atas kertas perubahan tersebut terkesan signifikan tidak demikian kala menggenggam secara langsung. Perbedaan ketebalan maupun penambahan bobot pada Galaxy seri S terbaru ini nyaris tak terasa dibanding pendahulunya. Hal yang membuatnya terasa berbeda justru terletak pada desain yang lebih mengkurva dan sekilas terasa mirip dengan Galaxy Note 5.

Samsung juga kembali mengadopsi desain IP68 untuk Samsung Galaxy S7 maupun Samsung Galaxy S7 Edge setelah tahun lalu menuai banyak kritik bernada kecewa dari para pengguna setia Samsung sendiri. Selain itu kritik lain untuk Samsung Galaxy S6 mengenai ketiadaan dukungan memori eksternal juga diakomodir oleh perusahaan yang beberapa tahun silam sempat membuat Apple kebakaran jenggot kala pertama kali memperkenalkan Samsung Galaxy S.

Bukan sekedar memfasilitasi memori eksternal semata namun kapasitas maksimal yang didukung oleh kedua produk Samsung terbaru tersebut mencapai angka 200 GB.

Meski desainnya sendiri sudah memenuhi rating IP68 namun penampilan Samsung Galaxy S7 maupun Samsung Galaxy S7 Edge tidak berbeda dari kedua pendahulunya. Tampilannya tetap elegan tidak seperti Sony Xperia Z5 yang cenderung kaku.

Sementara itu untuk layar Samsung Galaxy S7 dan Samsung Galaxy S7 Edge pihak pabrikan masih mempertahankan layar tahun sebelumnya dengan ubahan minor. Mengingat layar kedua smartphone tersebut terbilang outstanding maka semestinya takkan ada komplain dari konsumen mengenai keputusan tersebut. Toh sang rival utama LG G5 pun juga menggunakan pendekatan yang sama.

Ubahan yang paling dinanti setiap jelang kehadiran Samsung Galaxy seri S adalah inovasi fitur kamera. Kali ini Samsung meninggalkan kamera utama 16 MP yang tahun lalu menjadi runner up kamera smartphone terbaik setelah LG G4 dan menggantikannya dengan kamera 12 MP. Pada sisi lain Samsung melakukan peningkatan dengan menggunakan lensa 1.4um, f/1.7 yang secara teoritis mampu menangkap cahaya lebih baik dibanding 1.12um, f/1.9 milik Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge tahun lalu. Kecepatan AF pada kedua smartphone kelas high-end buatan Samsung ini pun juga terasa meningkat pesat dibanding sebelumnya.

Di jantung performa Samsung memang kembali menggunakan chipset buatan Qualcomm untuk pasar-pasar tertentu. Namun hampir bisa dipastikan bahwa Samsung Galaxy S7 dan Samsung Galaxy S7 yang masuk di Indonesia nantinya akan menggunakan Exynos 8 Octa 8890. Chipset ini memiliki kombinasi prosesor octa-core 2.3 GHz dan quad-core 1.6 GHz yang disebut-sebut sebagai chipset paling kencang sekaligus efisien di tahun 2016.

Review Samsung Galaxy S7 & Samsung Galaxy S7 Edge Indonesia

Bagaimana performanya di lapangan masih perlu diuji, sebab bukan rahasia bahwa tahun lalu pun semua produk Samsung Galaxy belum benar-benar lag-free sebagai dampak dari tampilan antar muka TouchWiz.

Sementara performa multitasking bakal menjadi tanggung jawab dari LPDDR4-RAM berkapasitas 4 GB yang ditanamkan pada Samsung Galaxy S7 serta Samsung Galaxy S7 Edge.

Peningkatan spesifikasi itu dibarengi pula dengan peningkatan kapasitas baterai yang kini menjadi 3.000 mAh untuk Galaxy S7 dan 3.600 mAh pada Galaxy S7 Edge.

Harga Samsung Galaxy S7 vs. Samsung Galaxy S7 Edge
Samsung Galaxy S7 Edge Samsung Galaxy S7
Harga Samsung Galaxy S7 Edge Harga Samsung Galaxy S7
Samsung Galaxy S7 beli sekarang


Opini Awal untuk Samsung Galaxy S7 dan Samsung Galaxy S7 Edge

Dibandingkan LG G5 memang ubahan yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy S7 dan Samsung Galaxy S7 Edge tak terlalu signifikan jika menilik pendahulu keduanya. Namun casing IP68 dengan mempertahankan desain elegan menjadi sebuah terobosan yang sangat patut diacungi jempol. Lompatan istimewa yang layak dinanti lainnya terletak pada fitur kamera namun masih perlu diuji secara langsung pada review Samsung Galaxy S7 dan Samsung Galaxy S7 Edge berikutnya.