on

Ketika Lumia 930 Menjalankan Windows 10 Mobile

Microsoft pada akhirnya jadi juga melakukan rollout untuk smartphone Lumia seri lawas yang spesifikasi perangkat keras-nya memenuhi syarat. Satu diantaranya adalah Nokia Lumia 930 yang dua tahun lalu merupakan seri flagship menggantikan Lumia 925. Sampai hari ini masih banyak pengguna Lumia 930 yang bangga terhadap ponsel tersebut dan belum menggantinya karena belum ada pengganti sepadan kecuali Lumia 950 yang notabene banderolnya tidak terjangkau setiap orang.

Sama halnya dengan Lumia 925 sang penerus (Lumia 930) pun mengusung fitur kamera sebagai key-selling point-nya, dan memang kualitas foto yang dihasilkan kamera Lumia 930 termasuk superior untuk ukuran kamera smartphone sampai hari ini. Lantas seperti apakah setelah smartphone tersebut menjalankan sistem operasi terbaru Windows 10 Mobile?

Lumia 930 Gunakan Windows 10 Mobile


Proses Instalasi dan Performa Lumia 930 dengan Windows 10 Mobile

Pemilik Lumia 930 termasuk mereka yang beruntung sebab Microsoft menyediakan update OTA ke Windows 10 Mobile dengan proses yang lebih kurang sama seperti ketika tersedia update Windows Phone 8.1 kala itu.

Proses mengunduh (download) Windows 10 Mobile lewat koneksi Wi-Fi tidak memakan waktu terlalu lama, tercatat lebih kurang 25-30 menit. Setelah proses unduh selesai berlanjut dengan proses instalasi yang ternyata memakan waktu cukup lama atau sekitar satu jam, dan selama itu Pada Lumia 930 sebenarnya proses tersebut terbilang cepat sebab beberapa smartphone Lumia kelas low-end dan mid-end kabarnya memakan waktu lebih lagi. Setelah proses instalasi Windows 10 Mobile itu sendiri berakhir masih ada satu update lagi yang tersedia jika Anda cukup sabar menjalani prosesnya.

Tampilan Tile pada Lumia 930 setelah menjalankan Windows 10 Mobile sendiri sangat mirip dengan versi awal Windows 8.1 dengan beberapa modifikasi.
Beberapa aplikasi buatan Nokia seperti Here Maps dan Here Drive tidak serta merta menghilang, namun muncul notifikasi bahwa dukungan terhadap aplikasi tersebut akan berahir pada bulan Juni dan setelahnya aplikasi-aplikasi itu tidak akan lagi bisa digunakan kecuali offline maps.

Windows 10 Mobile di Lumia 930

Sementara itu kelebihan Windows 10 Mobile yang dirasakan pada Lumia 930 adalah aplikasi kamera yang meningkat pesat dari sisi kecepatan. Peningkatan kecepatan tersebut tampak pada loading aplikasi, kinerja autofocus maupun saat tombol trigger ditekan. Namun jangan berharap berlebihan, pasalnya jika dibandingkan Lumia 950 kecepatan kamera Lumia 930 jelas masih kalah jauh. Jika sebelumnya Anda bisa memilih Windows Camera atau Lumia Camera untuk menjalankan kamera maka kini Windows Camera menjadi satu-satunya pilihan.

Lumia 930 Menjalankan Windows 10 Mobile

Aplikasi sosial media seperti Facebook, Twitter maupun aplikasi messenger seperti Whatsapp dan sebagainya masih terdaftar dengan nama akun sebelumnya, hanya saja untuk Facebook perlu dikoneksi ulang.

Beberapa opsi Windows 10 Mobile yang dimiliki oleh Lumia 950 juga tampak disunat pada Lumia 930 konon karena spesifikasi teknisnya memang tidak mendukung opsi-opsi tersebut.

Opini Untuk Lumia 930 Windows 10 Mobile

Secara keseluruhan Windows 10 Mobile memberikan nafas baru bagi Lumia 930 yang memberi alasan bagi pemiliknya untuk mempertahankan ponsel mereka lebih lama lagi. Performa Windows 10 Mobile di Lumia 930 sendiri terbilang sangat mulus dan fluid nyaris tidak berbeda dari Lumia 950 meski tidak seresponsif kala menjalankan WP 8.1 dan harus diterima bahwa beberapa fitur dan opsi yang tersedia di Lumia 950 tidak ditemukan pada Lumia 930 meski menjalankan sistem operasi yang sama.