on

Spesifikasi Harga Lenovo Vibe K5 Plus

Rasio spesifikasi dan harga Lenovo Vibe K5 Plus seperti smartphone buatan Lenovo lainnya di atas kertas tampak menjanjikan. Pabrikan asal Cina itu beberapa kali sempat mendapat reaksi positif terutama di segmen low-end pada tahun 2015 lalu. Kehadiran Vibe K5 Plus sendiri dimaksudkan untuk mengganjal langkah kompetitor senegaranya yaitu Meizu M2 Note.

Di kisaran harga Rp 2 juta-an memang sejauh ini Meizu M2 Note masih menjadi primadona, tak heran jika Lenovo tampak demikian ambisius menjegal produk yang masih populer meski sudah berusia satu tahun tersebut. Dengan mengedepankan layar 5 inch beresolusi FHD berikut kamera utama 13 MP sanggupkah Lenovo Vibe K5 Plus memenuhi ekpektasi sang produsen?

Spesifikasi dan Harga Lenovo Vibe K5 Plus


Mengulas Spesifikasi di Balik Harga Lenovo Vibe K5 Plus

Seolah ingin menawarkan keunggulan dibanding Meizu M2 Note, smartphone rentang harga Rp 2 juta-an buatan Lenovo ini hadir dengan cover belakang tipe removable yang dilapisi logam tipis sehingga sekilas tidak tampak bahwa material utama sesungguhnya adalah plastik.

Build quality-nya solid, demikian pula dari sisi estetika Lenovo Vibe K5 Plus tampak menarik hanya saja permukaan yang licin membuat pengguna bakal merasa was-was kala menggenggamnya.

Sebaliknya pada bagian depan layar berukuran 5 inch milik Lenovo Vibe K5 Plus meski menawarkan resolusi FHD, serta memiliki tingkat akurasi warna maupun viewing angles luas masih belum dilapis oleh Corning Gorilla Glass. Selain itu kala digunakan di luar ruangan tingkat kecerahannya ternyata juga masih di bawah Meizu M2 Note.

Kelebihan Kekurangan Lenovo Vibe K5 Plus

Kelemahan Lenovo Vibe K5 Plus lain terletak pada tampilan antar muka Vibe UI yang dijejali dengan demikian banyak bloatware yang mana sebagian besar diantaranya sama sekali tidak bisa disingkirkan.
Sistem manajemen RAM pada Vibe UI menjadi sumber kelemahan lain, tampak sekali bagaimana waktu loading dan gejala lag kala melakukan transisi terasa mengganggu dalam penggunaan keseharian sekalipun.

Snapdragon 616 yang menjadi jantung performa merupakan penyempurnaan dari Snapdragon 615 terutama dari sisi kemampuannya mengatasi panas. Namun kenyataannya Motorola Moto G Turbo serta Huawei Honor 5x yang menggunakan chipset sekelas mampu menawarkan performa jauh lebih baik.

Untuk performa audio Lenovo Vibe K5 Plus cukup memuaskan untuk smartphone di kisaran harga ini. Sekali lagi Lenovo kembali melengkapi smartphone buatannya dengan Dolby Atmos.

Pengalaman Lenovo Vibe K5 Plus

Pada pengujian stamina baterai dengan Geekbench 3 Lenovo Vibe K5 Plus hanya tercatat mampu bertahan selama 5.5 jam yang artinya di bawah standar rata-rata smartphone dengan spesifikasi setara.

Kamera utama 13 MP-nya relatif bisa diandalkan kala digunakan pada kondisi pencahayaan ideal, kecepatan auto-focus-nya kurang lebih setara dengan kamera Meizu M2 Note. Sementara untuk low-light performance masih jauh di bawah Xiaomi Redmi Note 3.

Opini Untuk Lenovo Vibe K5 Plus

Secara umum Lenovo Vibe K5 Plus bisa dibilang belum mampu mengungguli Meizu M2 Note, sebab dalam beberapa hal seperti layar serta kamera keduanya dalam posisi imbang. Sementara untuk stamina baterai justru kalah dari kompetitornya tersebut.