on

Perbandingan Samsung Galaxy S7 vs. iPhone SE

Perbandingan Samsung Galaxy S7 vs. iPhone SE cukup menarik untuk disimak, sebab meski iPhone SE tercatat sebagai iPhone termurah yang ada di pasaran saat ini namun ia sama sekali bukan produk lapis kedua. Pasalnya Apple sendiri secara tegas menyebut iPhone terbaru itu sebagai produk premium dalam dimensi lebih kompak.

Jika dianalogikan mungkin iPhone SE bisa disamakan dengan Sony Xperia Z Compact dimana pihak produsen mencoba mengakomodir konsumen yang cenderung memilih ponsel dengan layar kompak. Sedangkan Samsung Galaxy S7 sendiri saat ini disebut-sebut sebagai benchmark smartphone modern. Mana diantara keduanya yang pas untuk menjadi pegangan keseharian Anda?



Membandingkan Desain & Spesifikasi Samsung Galaxy S7 vs. iPhone SE

Jika membandingkan Samsung Galaxy S7 vs. iPhone SE dari sisi desain maka ada kemiripan diantara keduanya yaitu masing-masing produsen tidak membawa kebaruan signifikan terhadap desain kedua produk terbaru tersebut.
Galaxy S7 memiliki penampilan yang sangat identik dengan Galaxy S6 meski kali ini dibekali slot memori eksternal, IP68 serta lensa kamera utama yang tidak menonjol keluar. Sedangkan iPhone SE sendiri nyaris tak bisa dibedakan dari iPhone 5s.

Terlepas dari fakta tersebut kenyataannya baik iPhone SE maupun Samsung Galaxy S7 terasa solid dan premium kala digenggam. Perpaduan antara aluminium dengan Gorilla Glass 4 pada Galaxy S7 memang layar diacungi jempol dari sisi estetika meski tak sedikit pula yang mengkhawatirkan kekuatan Gorilla Glass jika ponsel tersebut terjatuh.

Sementara pada sisi lain meski tampilan iPhone SE sangat mirip dengan iPhone keluaran tahun 2012 sedikit ubahan di beberapa bagian mampu membuatnya tampak semodern iPhone 6s.
Menariknya meski diposisikan sebagai smartphone kompak namun perbedaan dimensi antara iPhone SE dengan Samsung Galaxy S7 tidaklah terlalu mencolok.

iPhone SE tercatat memiliki ketebalan 7,6 mm dimana Galaxy S7 juga hanya berselisih tipis yaitu 7,9 mm. Dari sisi lebar iPhone terbaru tersebut memiliki lebar 58,6 mm dan Galaxy S7 69,5 mm.

Wajar jika Samsung Galaxy S7 memiliki dimensi ekstra, sebab ia dibekali dengan ukuran layar yang lebih lebar. Layar 5.1 inch berteknologi Super AMOLED dengan resolusi 2560 x 1440 pixels menjadi salah satu poin keungulan Galaxy S7 terutama dengan kontras unik khas layar Super AMOLED.

Pada sisi lain iPhone SE memang dilengkapi layar lebih kecil sebab kepraktisan mengoperasikan dengan satu tangan memang menjadi alasan utama Apple merilisnya. Meski kecil namun dari sisi kualitas layar dengan resolusi 1136 x 640 pixels ini tak kalah dari kompetitornya. Mungkin satu-satunya kekurangan pada poin ini adalah iPhone SE belum didukung fitur 3D Touch seperti pada iPhone 6s dan iPhone 6s Plus.

Masuk ke perbandingan konektivitas baik Samsung Galaxy S7 maupun iPhone SE di atas kertas tampak berimbang dengan menyediakan koneksi 802.11ac Wi-Fi dan NFC. Namun faktanya tidak sepenuhnya demikian sebab modul NFC pada iPhone hanya bisa digunakan untuk melakukan pembayaran via Apple Pay sementara modul NFC milik Galaxy S7 mendukung pula koneksi dengan perangkat eksternal seperti wireless speaker atau headphone.

Galaxy S7 lagi-lagi cenderung menjadi preferensi bagi kebanyakan calon pengguna karena dukungan memori eksternal bukan saja semata-mata menambah kapasitas media penyimpanan namun lebih dari itu keberadaannya pun membuat proses perpindahan data menjadi lebih praktis dan fleksibel.

Apple seperti biasa masih bersikeras tidak menyediakan dukungan memori eksternal sebagaimana mereka lakukan semenjak iPhone pertama kali diperkenalkan. Walau demikian pengguna setia iPhone tentunya tak bakal berkeberatan dengan kondisi tersebut.

Di sektor performa Samsung Galaxy S7 mengandalkan chipset Exynos 8890 yang menjadikannya untuk pertama kalinya Samsung mampu mengungguli kecepatan iPhone. Sedangkan iPhone SE menggunakan prosesor A9 persis seperti yang digunakan oleh iPhone 6s/Plus. Meski kecepatan iPhone SE dilampaui oleh Galaxy S7 namun dalam keseharian ia terasa fluid tanpa gejala lag. Kapasitas RAM-nya memang hanya 2 GB artinya hanya setengah dari RAM pada Galaxy S7, namun sifat sistem operasi keduanya berbeda. iOS tidak mengenal multitasking maka rasanya RAM 2 GB tersebut sudah sangat mumpuni.

Pada perbandingan kamera Samsung Galaxy S7 vs. iPhone SE di atas kertas Samsung tampak demikian superior dengan aperture f/1.7 mengingat iPhone SE sama halnya dengan iPhone 6s dan 6s Plus hanya menggunakan aperture f/2.2. Dalam kenyataannya memang hanya itulah satu-satunya keunggulan kamera Samsung Galaxy S7 dibanding iPhone SE.
Dari sisi kualitas baik low-light maupun daylight walau peningkatan dari Galaxy S6 ke Galaxy S7 cukup kentara namun kamera iPhone mampu menghasilkan foto yang lebih mendekati aslinya ketimbang kamera Galaxy S7 yang reproduksi warnanya cenderung agresif.

Perbandingan Kamera Samsung Galaxy S7 vs. iPhone SE
Samsung Galaxy S7

Perbandingan Hasil Kamera Samsung Galaxy S7 vs. iPhone SE
iPhone SE

Perbandingan Hasil Foto Samsung Galaxy S7 vs. iPhone SE
Samsung Galaxy S7

Perbandingan Samsung Galaxy S7 vs. iPhone SE
iPhone SE

Sejauh ini memang kamera iPhone SE, iPhone 6s dan iPhone 6s Plus yang mampu menghasilkan foto mendekati kamera digital sesungguhnya.

Keuggulan Samsung Galaxy S7 di poin kamera terdapat pada kamera sekunder atau yang belakangan ini lebih populer disebut sebagai kamera selfie. Wajar mengingat Galaxy S7 dilengkapi dengan kamera sekunder 5 MP yang mampu menangkap detil lebih tinggi dibanding kamera sekunder iPhone SE yang hanya 2 MP.

Opini untuk Perbandingan Samsung Galaxy S7 vs. iPhone SE

Di atas kertas Samsung Galaxy S7 terkesan lebih well-equipped dibanding iPhone SE namun sejujurnya kedua smartphone ini terasa imbang dalam keseharian. Jika Anda tertarik pada iPhone SE ketimbang Samsung Galaxy S7 karena alasan dimensi yang lebih kompak dan nyaman digenggam rasanya alasan itu tidak cukup untuk menyingkirkan Galaxy S7. Sebab faktanya meski memiliki dimensi lebih besar Galaxy S7 tetap terasa praktis dan nyaman digenggam.

Sebaliknya untuk fitur kamera secara subjektif kami menilai bahwa kamera iPhone SE sama halnya dengan iPhone 6s dan 6s Plus masih menjadi yang terbaik dari sisi kualitas foto yang dihasilkan.