on

Perbandingan Performa Windows Phone 8.1 vs. Windows 10 Mobile

Update Windows 10 Mobile untuk ponsel Lumia lawas dengan kapasitas RAM minimal 1 GB akhirnya dimulai pula oleh Microsoft setelah sekian lama dinanti. Cukup lama pengguna setia Windows Phone menanti sistem operasi terbaru yang rollout-nya sempat tertunda beberapa kali sejak akhir tahun lalu.

Sebagian pengguna smartphone Lumia merasa kecewa, pasalnya meski ponsel yang mereka miliki masih terbilang sangat mumpuni untuk ukuran sekarang namun Microsoft memastikan bahwa RAM kurang dari 1 GB tidak ideal untuk menjalankan Windows 10 Mobile. Mereka yang paling merasa kecewa umumnya adalah pemilik Lumia 920, 925 dan 1020. Namun benarkah Windows 10 Mobile demikian unggul dibanding Windows Phone 8.1 sehingga mereka yang terpaksa mandeg bersama WP 8.1 harus merasa kecewa?

Perbandingan Performa Windows Phone 8.1 vs. Windows 10 Mobile


Menilik Perbandingan Performa Windows Phone 8.1 vs. Windows 10 Mobile

Untuk memastikan bahwa Windows 10 Mobile memang unggul dibanding Windows Phone 8.1 maka kedua sistem operasi berbeda generasi tersebut dicoba dijalankan pada handset Lumia 930 yang tercatat berhak mendapatkan update ke Windows 10 Mobile tersebut.

Hasilnya proses start-up Windows Phone 8.1 tercatat masih lebih cepat dibandingkan Windows 10 Mobile. Pada dua unit Lumia 930 yang digunakan sebagai unit percobaan selisih kecepatan antara keduanya mencapai 33%. Sudah pasti kelambanan tersebut sangat terasa.

Pengujian berlanjut dengan memperbandingkan keduanya kala melakukan browsing. Sunspider menunjukkan poin lebih baik untuk Lumia 930 yang masih menjalankan sistem operasi Windows Phone 8.1. Namun kali ini perbedaannya hanya tercatat 6% sehingga memang nyaris tidak disadari oleh pengguna. Walau demikian Windows 10 Mobile yang sudah mengandalkan Microsoft Edge jelas merupakan keunggulan tersendiri dibanding Windows Phone 8.1 yang masih menggunakan Internet Explorer.

Sementara itu untuk poin dukungan koneksi sudah bisa diduga bahwa Windows 10 Mobile memiliki keunggulan dibanding Windows Phone 8.1 karena sudah mendukung jaringan 4G. Ponsel yang masih menjalankan Windows Phone 8.1 sendiri hanya sekedar bisa menikmati koneksi 3G. Namun lagi-lagi praktek di lapangan tidak mencerminkan data di atas kertas. Sebab faktanya kecepatan unduh (download) kedu.anya kala diuji bersamaan tidak menunjukkan perbedaan signifikan satu sama lain. Perbedaan signifikan hanya tercatat pada pengujian unggah (upload).

Selanjutnya untuk menguji kecepatan prosesor, GPU, RAM serta media penyimpanan digunakan aplikasi ‘WP Bench’. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa kecepatan prosesor Lumia 930 yang menjalankan Windows 10 Mobile tercatat 3% lebih lambat dibandingkan Lumia 930 yang masih bertahan dengan Windows Phone 8.1. Perbedaannya memang tidak signifikan, namun tercermin bahwa Windows 10 Mobile tidak bekerja optimal dengan prosesor lawas.

Kondisi yang sama berlaku untuk pengujian RAM, GPU serta memori internal dimana Lumia 930 dengan sistem operasi Windows 10 Mobile lebih lambat 6% dibanding rekannya yang menjalankan Windows Phone 8.1.

Hasil yang didapat lewat ‘Multibench 2’ dan ‘Antutu’ kembali menguatkan bahwa performa Windows Phone 8.1 secara keseluruhan masih lebih baik dibandingkan Windows 10 Mobile.

Opini Perbandingan Performa Windows Phone 8.1 vs. Windows 10 Mobile

Dari beberapa pengujian di atas mudah disimpulkan bahwa dari sisi performa Windows Phone 8.1 masih lebih baik ketimbang Windows 10 Mobile. Lalu apakah itu berarti Windows 10 Mobile merupakan langkah mundur Microsoft?

Sama sekali tidak, perlu dipahami bahwa sistem operasi Windows Phone 8.1 sudah bisa dibilang mature dan highly optimized, sementara W10M sendiri merupakan sistem operasi yang masih sangat belia. Hal itu terlihat dari belum optimalnya performa serta masih banyaknya bug yang terjadi. Namun potensi W10M masih lebih banyak untuk digali dimana untuk Windows Phone 8.1 sudah mencapai limit. Perlu waktu bagi Windows 10 Mobile menyamai performa Windows Phone 8.1, dan setelahnya sama sekali bukan hal mustahil melampaui pendahulunya itu.