on

Membandingkan Samsung Galaxy S7 vs. Xiaomi Mi5

Membandingkan Samsung Galaxy S7 vs. Xiaomi Mi5 jelas bukan dimaksudkan untuk mencari mana yang lebih baik diantara keduanya. Jelas bahwa Galaxy S7 dari sisi manapun lebih unggul, namun perbandingan ini dimaksud untuk melihat seberapa layak Xiaomi Mi5 dipilih sebagai alternatif bagi Smartphone Android Terbaik 2016 tersebut.

Sejak kemunculannya Xiaomi Mi5 banyak mendapat apresiasi sebagai smartphone Xiaomi terbaik sejauh ini. Dengan fitur hampir setara flagship merek ternama dan harga lebih terjangkau Xiaomi memang ingin menawarkan alternatif bagi calon konsumen. Sementara di sisi lain Samsung Galaxy S7 menghadirkan segala yang terbaik dari sebuah flagship dan nyaris mendekati sempurna.

Perbandingan Samsung Galaxy S7 vs. Xiaomi Mi5


Menelaah Perbandingan Samsung Galaxy S7 vs. Xiaomi Mi5

Seperti biasa perbandingan akan dibuka dari poin desain, sekilas lalu kedua smartphone Android ini sama-sama tampil kompak meski memiliki layar berukuran 5.1 inch. Baik Xiaomi maupun Samsung tampak berusaha keras agar smartphone masing-masing memungkinkan dioperasikan dengan satu tangan.

Perpaduan antara material serat kaca dengan logam sama-sama dipilih oleh kedua pabrikan untuk memberikan tampilan premium pada Galaxy S7 maupun Mi5. Berkat desain tepi yang mengkurva kedua smartphone Android kelas high-end ini terasa nyaman dalam genggaman. Samsung Galaxy S7 bagaimanapun memiliki sebuah keunggulan ekstra berupa desain dengan rating IP68 yang kebanyakan tidak dimiliki oleh kompetitor sekelas.

Masuk ke poin berikutnya yaitu perbandingan layar Samsung Galaxy S7 vs. Xiaomi Mi5, layar Galaxy S7 merepresentasikan kematangan teknologi Super AMOLED yang selama bertahun-tahun ini telah menjadi andalan pabrikan asal Korea itu. Saat ini layar Super AMOLED memang bukan lagi kemewahan mengingat banyak smartphone Samsung Galaxy kelas low-end dan mid-end yang mengadopsi teknologi serupa. Namun dari sisi kualitas bisa dilihat bahwa layar Super AMOLED pada Galaxy S7 ini sangat berbeda dari layar pada Samsung Galaxy segmen di bawahnya.

Layar Xiaomi Mi5 sendiri yang memiliki resolusi setara FHD juga sebenarnya terbilang sangat baik, namun jika dibanding layar Samsung Galaxy S7 maka jadi terkesan kurang hidup. Jika tidak membandingkan dengan Galaxy S7 maka dari sisi ketajaman maupun kontras ia tak perlu dicacat. Namun perlu dicatat bahwa sementara Samsung sudah menempatkan Corning Gorilla Glass untuk melindungi layar belum jelas bagaimana dengan Xiaomi Mi5.

Di atas layar Xiaomi Mi5 dilengkapi kamera sekunder 4 MP sementara Galaxy S7 dengan kamera 5 MP. Meski pada satu sisi Xiaomi Mi5 sedikit ketinggalan namun pada sisi lain Mi5 sudah dilengkapi dengan lampu LED yang memungkinkan dikustomisasi.

Kedua smartphone sama-sama dibekali sensor pemindai sidik jari yang terbukti responsif, meski dari posisi sleep tak satupun dari keduanya yang seketika bekerja. Peletakkan keduanya sama-sama pada tombol “Home”, khusus untuk Xiaomi Mi5 selain bekerja dengan cara ditekan dapat juga melalui “tap”.

Oleh karena kedua smartphone sama-sama menggunakan material serat kaca untuk cover belakang maka mudah ditebak bahwa bekas jari mudah melekat di sana. Physical buttons pada Galaxy S7 maupun Mi5 sama-sama responsif meski sayangnya untuk Mi5 build quality-nya tak sebaik Galaxy S7, jika diperhatikan ia terasa sering bergoyang.

Lebih Bagus Mana Samsung Galaxy S7 vs. Xiaomi Mi5?

Di sisi lain Xiaomi Mi5 masih dilengkapi dengan IR blaster dan entah kenapa kali ini Samsung pilih meninggalkan salah satu fitur yang sudah sekian lama menjadi ciri khasnya tersebut.

Membandingkan performa Samsung Galaxy S7 vs. Xiaomi Mi5 sama halnya membandingkan chispet Exynos 8890 vs. Snapdragon 820. Baik dalam penggunaan sehari-hari maupun kala diuji menjalankan game kompleks kedua smartphone terbukti sama-sama handal tanpa menimbulkan gejala lag.
Bedanya karena Samsung Galaxy S7 sudah dilengkapi sistem pendingin lebih canggih maka memang cukup kentara kala digunakan menjalankan game kompleks Xiaomi Mi5 terasa hangat sementara Samsung Galaxy S7 masih stabil. Walau demikian tak satupun dari keduanya yang mengalami overheat.

Mendampingi chipset masing-masing Samsung menempatkan RAM 4 GB dimana Xiaomi hanya 3 GB, walau dari sisi performa tak membuat keduanya berbeda secara signifikan justru hal yang patut menjadi perhatian adalah media penyimpanan dimana Galaxy S7 mendukung microSD dan tidak demikian halnya dengan Xiaomi Mi5. Jika Anda masih memilih Xiaomi namun tak rela meninggalkan microSD maka bisa mempertimbangkan Xiaomi Mi5 Pro dengan dukungan memori eksternal hingga 128 GB.

Untuk kualitas suara keduanya terbilang baik namun tak ada yang masuk dalam kategori istimewa, HTC 10 masih menjadi benchmark untuk audio.

Pada perbandingan kamera utama Samsung menggunakan kamera 12 MP dengan aperture f/1.7 sementara Xiaomi memilih 16 MP dengan aperture f/2.0. Keduanya sama-sama didukung fitur OIS dan PDAF.

Perbandingan Kamera Samsung Galaxy S7 vs. Xiaomi Mi5

Hasil kamera Samsung Galaxy S7 meski sering dikritik menghasilkan reproduksi warna yang terlalu agresif sehingga ada kalanya terkesan tidak natural masih tetap merupakan yang terbaik diantara kamera smartphone Android yang ada saat ini. Terutama untuk low-light performance-nya yang memang luar biasa untuk ukuran kamera smartphone.

Hasil Kamera Samsung Galaxy S7
Samsung Galaxy S7

Hasil Kamera Xiaomi Mi5
Xiaomi Mi5

Hasil Kamera Galaxy S7
Samsung Galaxy S7

Hasil Kamera Xiaomi Mi5
Xiaomi Mi5

Di sisi lain foto hasil kamera Xiaomi Mi5 menghasilkan warna lebih akurat untuk daylight performance dibanding Galaxy S7. Namun sebatas itulah satu-satunya keunggulan kamera Mi5 dibanding Galaxy S7. Untuk low-light performance ia cenderung menghasilkan foto yang minim detil dan lebih banyak menghasilkan noise.

Kala digunakan merekam klip/video pun kamera Galaxy S7 lebih baik dari sisi performa maupun hasil, kinerja auto-focus kamera Xiaomi Mi5 saat digunakan merekam video cukup membuat frustrasi.

Untuk stamina baterai walau keduanya sama-sama menggunakan baterai berkapasitas 3.000 mAh namun hasil yang didapat cukup berbeda. Dengan Samsung Galaxy S7 kala digunakan secara terus menerus dan layarnya tidak dibiarkan istirahat mampu bertahan selama 5 jam hingga 6 jam, sementara Xiaomi Mi5 hanya 4 jam untuk kondisi yang sama. Xiaomi sendiri menjanjikan stamina baterai lebih baik bersamaan dengan firmware update beberapa waktu kedepan.

Kalaupun itu bisa dicapai Samsung masih memiliki keunggulan lainnya yaitu fitur pengisian daya nirkabel yang tak ditawarkan Xiaomi.

Opini Terhadap Perbandingan Samsung Galaxy S7 vs. Xiaomi Mi5

Tak mengejutkan jika Samsung Galaxy S7 tampil sebagai pemenang dalam perbandingan ini. Jangan lupa bahwa sejak awal memang tidak dimaksud mencari mana yang lebih baik melainkan mencari kelayakan Xiaomi Mi5 sebagai alternatif Galaxy S7.

Mengingat bahwa harga Xiaomi Mi5 hanya separuh dari harga Samsung Galaxy S7 maka boleh dikatakan bahwa ia sangat layak dipilih sebagai alternatif. Mungkin sejauh ini hanya rating IP68 dan dukungan microSD yang menjadi kelemahan Xiaomi Mi5 dengan mempertimbangkan banderol harganya.