on

Awal Impresi Meizu M3 Note

Tahun lalu Meizu M2 Note menyita cukup banyak perhatian, sebab untuk pertama kalinya mayoritas konsumen bisa mendapatkan smartphone dengan layar FHD yang dibanderol dengan harga sangat terjangkau. Berangkat dari sukses tersebut sang produsen kembali menghadirkan Meizu M3 Note dengan harapan yang setidaknya mampu menyamai popularitas sang pendahulu.

Salah satu ciri khas Meizu seri M yaitu harga yang terjangkau tentu saja masih tetap dipertahankan mengingat ciri tersebut merupakan salah satu kunci sukses di tahun-tahun sebelumnya. Namun pada sisi lain Meizu pun melakukan peningkatan atau penyempurnaan dibanding Meizu M2 Note.

Spesifikasi dan Harga Meizu M3 Note


Bedah Desain dan Spesifikasi Meizu M3 Note

Pada saat tulisan ini dirilis Meizu M3 Note belum secara resmi masuk Indonesia, karenanya belum bisa diprediksi berapa harga Meizu M3 Note resmi nantinya. Namun jika banderol harganya masih dalam kisaran yang terjangkau oleh mayoritas konsumen maka ia tampak berpotensi menjadi ancaman serius bagi Xiaomi Redmi Note 3.

Meizu M3 Note mengandalkan chipset Helio P10 besutan MediaTek yang dipadukan dengan RAM berkapasitas 2 GB serta 3 GB. Sementara layar 5.5 inch yang diusung masih menawarkan tingkat resolusi sama seperti pendahulunya yaitu 1080 P. Meizu M3 Note tersedia dalam dua opsi memori internal yaitu 16 GB dan 32 GB dimana masing-masing mendukung pula memori eksternal hingga kapasitas 128 GB.

Menyebut Meizu M3 Note sebagai kompetitor berat bagi Xiaomi Redmi Note 3 rasanya tidak berlebihan, alasannya smartphone Meizu terbaru itu kini sudah mengandalkan casing aluminium berikut sensor pemindai sidik jari. Kombinasi kamera utama 13 MP dan kamera sekunder 5 MP bakal menjadi daya tarik tambahan.

Penampilan Meizu M3 Note sendiri tidak bisa dibilang fresh sebab cukup kentara bahwa ia mengadopsi desain dari Meizu Pro 5 yang kala diperkenalkan banyak dinilai meniru desain iPhone. Terlepas daripada tuduhan tersebut Meizu M3 Note terasa solid serta nyaman digenggam, yang lebih mengherankan lagi bobotnya terbilang ringan meski memiliki baterai berkapasitas cukup besar (4100 mAh).

Harga Meizu M3 Note Indonesia

Seperti pendahulunya Meizu M3 Note hanya memiliki satu tombol di bawah layar, memang butuh penyesuaian jika Anda baru pertama kali menggunakan ponsel Meizu namun kinerja tombol ini terbukti cukup intuitif. Kali ini tombol tersebut sudah diintegrasikan pula dengan pemindai sidik jari, menariknya dalam pengujian singkat sensor pemindai ini bekerja cukup responsif serta akurat.

Chipset MediaTek Helio P10 yang menjadi jantung performa Meizu M3 Note memang inferior jika dibandingkan Snapdragon 650 pada Xiaomi Redmi Note 3, namun pada impresi awal tidak ditemukan kondisi lag ataupun hiccup.

Lantas dimanakah kelemahan Meizu M3 Note? Seperti umumnya ponsel di kisaran harga ini kamera merupakan kelemahan utama smartphone murah Meizu. Auto-focus –nya tidak cukup handal selain lambat juga kerap gagal mengunci objek. Sementara kualitas foto yang dihasilkan terkesan tidak natural karena cenderung over-exposed.

Hasil Kamera Meizu M3 Note

Opini Awal untuk Meizu M3 Note

Meizu M3 Note berpotensi menjadi salah satu pemain kuat di segmen mid-low, namun ia harus berhadapan dengan kompetitor senegaranya yaitu Redmi Note 3 yang sejauh ini menjadi favorit di segmen tersebut.
Sukses tidaknya Meizu M3 Note menjadi penantang Redmi Note 3 sangat bergantung pada strategi penetapan harga yang ditempuh oleh pabrikan nantinya. Jika dibanderol lebih murah maka ia punya potensi mengganjal Redmi Note 3, namun belajar dari sejarah tampaknya banderol harga Meizu M3 Note di Indonesia bakal sama atau hanya berselisih tipis dari Xiaomi.