on

Mengulas Kelebihan & Kekurangan Phablet Android Meizu M2 Note

Meizu M2 Note akhirnya resmi masuk di Indonesia baru-baru ini. Phablet Android penerus M1 Note ini memberikan impresi awal yang sangat positif pada ulasan singkat yang kami lakukan sebelum rilis resminya di Indonesia. Lebih menarik lagi, ternyata banderol harga Meizu M2 Note jauh lebih murah dari yang kami perkirakan sebelumnya.

Seperti sudah disinggung dalam ulasan awal di artikel sekitar satu bulan yang lalu bahwa Meizu M2 Note dirilis hanya berselang beberapa bulan setelah M1 Note. Meizu menjanjikan demikian banyak penyempurnaan, namun banderol harga resmi M2 Note justru beberapa ratus ribu Rupiah lebih murah dibandingkan pendahulunya. Seperti apakah kelebihan dan kekurangan phablet Android Meizu M2 Note tersebut?

Meizu M2 Note Indonesia


Kupas Desain & Spesifikasi Meizu M2 Note

Mengusung layar berukuran 5.5 inch berteknologi IGZO LCD dari Sharp yang menampilkan resolusi 1920 x 1080 pixels phablet Android terbaru dari Meizu ini langsung memberikan kesan meyakinkan pada pandangan pertama. Kemampuan memproses aplikasinya sendiri menjadi tanggung jawab dari chipset MediaTek MT6783 yang memiliki prosesor 64 bit octa-core berkecepatan 1.3 GHz serta GPU Mali-T720 MP3 terintegrasi. RAM berkapasitas 2 GB yang mendampingi bertanggung jawab untuk performa multitasking-nya.

Di sektor media penyimpanan tersedia opsi memori internal dengan kapasitas 16 GB dan 32 GB dimana masing-masing mendukung pula penambahan memori eksternal hingga kapasitas maksimal 128 GB melalui keping microSD.

Berikut adalah spesifikasi lengkap dari Meizu M2 Note:
  • 5.5-inch, 1,080 x 1,920 resolution, IGZO display (403ppi)
  • 1.3GHz octa-core MediaTek MT6753 processor
  • 2GB RAM, Mali-T720 MP3 GPU
  • 13-megapixel primary camera, 5MP front camera
  • 16GB/32GB internal storage (expandable up to 128GB)
  • 4G, dual-SIM, dual-band Wi-Fi 802.11, Wi-Fi Direct, Bluetooth 4.0, GPS, USB OTG
  • Android 5.1 Lollipop with Flyme UI 4.5
  • 150.9 x 75.2 x 8.7 mm
  • 149 grams
  • 3,100mAh battery

Material casing Meizu M2 Note mengandalkan polycarbonate yang build quality serta finishing-nya demikian rapih sehingga sama sekali tak menimbulkan kesan murah. Bahkan kala digenggam rasanya bak menggenggam sebuah smartphone atau phablet yang banderolnya di kisaran Rp 3 juta-an. Kala pertama kali menggenggam kami langsung teringat pada perasaan kala menggenggam iPhone 5c yang notabene menurut kami adalah smartphone terbaik yang menggunakan material plastik sampai saat ini. Kombinasi antara bagian tepi yang mengkurva serta dimensi ramping membuat M2 Note begitu nyaman digenggam.

Kekurangan Meizu M2 Note di sektor desain terletak pada penempatan tombol daya di sebelah kiri, padahal umumnya pengguna sudah demikian terbiasa dengan peletakkan di sisi kanan. Namun seiring dengan berjalannya waktu perasaan canggung karena posisi yang tidak alamiah ini tak lagi terasa mengganggu.


Pengalaman dan Kualitas Meizu M2 Note

Dari sisi desain ada satu kritikan terakhir yaitu pemilihan permukaan tipe glossy yang kurang kami sukai karena cenderung mudah kotor oleh noda-noda jari serta tangan selama digunakan.

Meski banderol harga Meizu M2 Note tak sampai Rp 2 juta namun dua fitur utama yang sampai saat ini dipersepsi sebagai fitur penting oleh mayoritas konsumen yaitu layar serta kamera sama sekali tak dikorbankan.

Begitu menghidupkan layar Meizu M2 Note Anda dijamin akan langsung terkesima oleh tampilan yang tajam, hidup sekaligus jernih dari layar IGZO buatan Sharp ini. Dengan kepadatan warna mencapai 403 ppi. Dijamin bahwa dengan harga kurang dari Rp 3 juta Anda takkan menemukan smartphone atau phablet lain dengan kualitas layar sebaik Meizu M2 Note.

Spesifikasi dan Harga Meizu M2 Note

Pada poin dukungan konektivitas dan jaringan phablet Android murah keluaran Meizu ini juga nyaris sempurna. Satu-satunya kelemahan adalah kinerja GPS yang didapati kurang akurat dalam pengujian selama lebih kurang satu minggu. Saran kami jangan mengandalkan GPS Meizu M2 Note, karena acapkali titik yang ditunjukkan meleset sekitar 50 meter dari posisi yang sebenarnya.

Tentu calon konsumen akan bertanya-tanya bagaimana harga Meizu M2 Note bisa lebih murah dibanding pendahulunya. Salah satu hal paling menonjol adalah prosesor yang kecepatannya berkurang 25% dari Meizu M1 Note. Beruntung selama pengujian tak terasa terjadi penurunan fluiditas yang terasa walaupun dalam uji benchmark tampak penurunan point yang cukup signifikan. Kemampuan menjalankan game juga relatif tidak berbeda dengan pendahulunya, hanya waktu loading saja yang terasa lebih lama.

Kekurangan Meizu M2 Note kembali didapat di sektor audio. Meski kualitas speaker kala menerima dan melakukan panggilan sama sekali tidak bermasalah namun tidak demikian kala digunakan untuk mendengar musik. Suara yang dihasilkan jauh dari ekspektasi, volumenya terlalu rendah dan kala dimaksimalkan segera muncul distorsi. Jika Anda adalah penikmat audio sebaiknya tak usah mempertimbangkan Meizu M2 Note sebagai salah satu opsi.

Harga Resmi Meizu M2 Note di Indonesia

Fitur kedua yang dipersepsi penting oleh konsumen selain layar adalah kamera. Tentu saja kamera utama 13 MP Meizu M2 Note tak bakal mampu diperbandingkan dengan smartphone model flagship atau bahkan mid-end. Namun untuk ukuran kamera smartphone di kisaran harga Rp 2 juta kami menilainya sangat baik. Bahkan aplikasi yang menyertainya juga memberikan keleluasaan dalam mode Manual yang memungkinkan pengguna mangatur fokus, ISO, exposure serta shutter speed.

Dibandingkan kamera smartphone di rentang harga sama kualitas foto yang dihasilkan cukup baik dengan tingkat detil, ketajaman serta reproduksi warna layak diapresiasi. Terdapat dual-tone LED flash yang mendampingi kamera utama 13 MP ini, namun sejujurnya kami menilai keberadaannya tak lebih dari fitur gimmick. Sebab kala digunakan berfoto indoor foto yang dihasilkan bisa dikatakan tak berguna.

Kelebihan dan Kekurangan Meizu M2 Note

Kamera sekunder di bagian depan menghasilkan foto yang cenderung grainy meski rasanya para penggemar foto selfie yang kebanyakan hanya menggunakan foto untuk diunggah ke media sosial takkan berkeberatan dengan kualitas tersebut.

Kesimpulan Kelebihan dan Kekurangan Meizu M2 Note


Harga Meizu M2 Note
Grey
Harga Meizu M2 Note
Jual Meizu M2 Note

Meizu M2 Note memang bukanlah phablet Android yang sempurna. Namun dengan harga resmi yang hanya Rp 1,9 juta-an kami masih terkesima dengan kualitas, performa berikut fitur yang diusung olehnya. Selama Anda bukan penggila musik rasanya tak perlu ada kritik perlu ditujukan kepadanya terlepas dari beberapa kekurangan yang dimiliki.