on

Tablet Android HTC Nexus 9: Mampukah Bersaing dengan iPad Air 2?

Setelah tiga tahun absen melahirkan Tablet Android dengan sistem operasi terbaru akhirnya Google kembali menggandeng HTC untuk membesut HTC Nexus 9. Terakhir kali Google membuat tablet adalah Nexus 10, setelahnya perusahaan yang juga memonopoli mesin pencari tersebut lebih memfokuskan diri pada smartphone ketimbang tablet.

Kehadiran tablet Android HTC Nexus 9 sendiri cukup mengejutkan, karena selain mereka yang memang benar-benar mengikuti arah perkembangan Google nyaris tak ada yang menduga bahwa mereka akan kembali melahirkan tablet Android. Seperti apakah HTC Nexus 9? Benarkah ia memiliki potensi untuk berkompetisi dengan iPad Air 2 atau Samsung Galaxy Tab S2?

Tablet Android HTC Nexus 9


Mengenal Desain & Spesifikasi HTC Nexus 9

Tablet Android baru milik Google yang diproduksi oleh HTC tersebut mengandalkan kombinasi aluminium dengan Corning Gorilla Glass 3 dalam rangka meminimalisir terjadinya goresan. Desainnya yang minimalis dari sisi depan tampak cukup elegan, sayang sekali ketika membalik untuk melihat sisi belakang rasanya kebanyakan konsumen bakal merasa kecewa. Bukan saja karena sisi ini menggunakan bahan plastik namun juga build quality-nya tidak terlalu meyakinkan. Cukup mengherankan mengingat HTC sang pembuat selama ini dikenal melahirkan handhelds dengan build quality solid.

Sedikit saja menekan tablet HTC Nexus 9 maka terdengar suara-suara mengganggu yang umumnya ditimbulkan oleh tablet atau smartphone kelas low-end. Cover bagian belakang ini juga bukan tipe removable, beberapa tipe seperti warna putih (lunar white) atau sand juga mudah sekali tampak kotor setelah digunakan. Tampaknya model indigo black merupakan alternatif paling baik.

Tablet Android HTC Nexus 9 Indonesia

Dari sisi ini saja langsung terjawab bahwa HTC Nexus 9 tak mampu memadani apa yang ditawarkan oleh iPad Air 2 maupun Samsung Galaxy Tab S2, lebih-lebih jika dibandingkan Sony Xperia Z4 Tablet. Untuk poin desain mungkin satu-satunya kelebihan HTC Nexus 9 dibanding para kompetitor yang disebut adalah bobot yang relatif lebih ringan. Bobot tablet terbaru Google ini tercatat hanya 425 gram, demikian pula dimensinya sangat kompak dengan 154 x 7.95 x 228 mm.

Dahulu yang menjadi salah satu daya tarik dari tablet merek Nexus adalah positioning harga yang atraktif dan harga HTC Nexus 9 pun cukup menarik meski tidak bisa dibilang murah. Saat ini harga tablet Google terbaru itu ada dikisaran Rp 6,5 juta-an yang artinya lebih murah dibanding iPad Air 2 namun ia lebih mahal dibanding Samsung Galaxy Tab S2 7 inch yang notabene menawarkan build quality jauh lebih baik. Bahkan jika Anda bukan penggemar tablet Android dan memilih tablet buatan Apple maka direntang harga sama masih ada iPad Air versi pertama.

Belum lagi tablet Android hasil kerjasama Google dengan HTC ini juga tidak menawarkan dukungan terhadap memori eksternal (microSD) yang rasanya bakal membuat calon konsumen berpikir dua kali sebelum membuat sebuah keputusan beli.

Sementara itu kualitas layar menjadi keunggulan dari tablet Android HTC Nexus 9. Begitu menyalakan layar pengguna bakal disuguhkan oleh tampilan jernih serta terang yang kebetulan memiliki tingkat resolusi sama dengan iPad Air 2 yaitu 1536x2048 pixels. Kerapatan warnanya sendiri tercatat 284 ppi. Jika umumnya tablet Android dengan dimensi layar setara memilih rasio 16:9 atau 16:10 yang canggung maka HTC Nexus 9 untungnya menawarkan rasio 4:3 yang lebih ideal.

Kelebihan dan Kelemahan

Lagi-lagi kelebihan layar tersebut bukan tanpa cacat sebab di sekeliling layar tampak muncul garis putih kekuning-kuningan yang menunjukkan terjadinya kebocoran backlight. Kondisi ini makin terasa ketika digunakan menonton film atau digunakan di dalam ruangan yang gelap.

Diandalkan sebagai jantung performa tablet terbaru keluaran Google ini adalah chipset Nvidia Tegra K1 berkombinasi dengan GPU Nvidia Kepler DX1 dan RAM sebesar 2 GB. Pada uji benchmark performanya nyaris menyamai iPad Air 2 buatan Apple.

Pada penggunaan sehari-hari fluiditas serta performa yang ditampilkan memang terbukti memuaskan baik kala digunakan menjelajah internet maupun menjalankan beberapa judul game Android terbaru.

Meski secara natural smartphone atau tablet bermerek Nexus diasosiasikan dengan sistem operasi Android terbaru tidak demikian halnya dengan HTC Nexus 9. Saat ini tablet tersebut masih menjalankan sistem operasi Android Lollipop.

Fitur kamera pada tablet memang tidak pernah dianggap sepenting keberadaannya pada smartphone, kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera HTC Nexus 9 terbilang baik untuk keperluan sehari-hari selama tidak harus menghadapi kondisi minim cahaya.

Opini untuk Tablet Android HTC Nexus 9

Sejauh ini HTC Nexus 9 mencatatkan diri sebagai tablet Android dengan performa terbaik, demikian pula stamina baterainya termasuk di atas rata-rata. Layar yang sangat tajam dengan rasio 4:3, kualitas speaker meyakinkan serta bobot ringan menjadikannya terasa ideal sebagai pendamping sehari-hari.

Pada sisi lain ada kelemahan berupa build quality yang masih dibawah ekspektasi serta ketiadaan dukungan memori eksternal.

Dikisaran harga sama masih ada iPad Air edisi awal juga Samsung Galaxy Tab S2 yang lebih murah, namun tentu saja keputusan akhir di tangan pembeli dengan pertimbangan serta preferensi berbeda-beda.