on

Asus Zenfone 3: Impresi Awal

Asus Zenfone 3 seketika menjadi sorotan perhatian semenjak sang produsen menampilkan wujudnya dalam gelaran Zenvolution di Taipei bersama dengan beberapa produk terbaru Asus lainnya seperti Asus Zenbook 3. Sebelumnya perusahaan yang sama mampu mendapat respon positif konsumen semenjak merilis Zenfone generasi pertama dan generasi kedua.

Sama halnya dengan Asus Zenfone 2, Asus Zenfone terbaru ini juga bakal hadir dalam beberapa varian, dua diantaranya adalah Asus Zenfone 3 Deluxe dan Asus Zenfone 3 Ultra yang bakal mengusung layar berukuran lebar dengan Snapdragon 820 sebagai jantung performa untuk kedua seri tersebut. Sementara di luar dua tipe tersebut Snapdragon 625 dipercaya sebagai penanggung jawab performa. Apakah perbedaan Asus Zenfone 3 dengan Asus Zenfone 2?

Spesifikasi dan Harga Asus Zenfone 3


Impresi Awal dan Spesifikasi Asus Zenfone 3

  • Qualcomm Snapdragon 625 processor
  • 3GB/4GB RAM
  • 5.2-inch/5.5-inch full HD IPS display, Corning Gorilla Glass protection, 2.5D glass, 1920 x 1080 resolution
  • 32GB/64GB of expandable storage
  • 16-megapixel rear camera, Sony IMX298 sensor, f/2.0 aperture, 4-axis OIS, 3-axis EIS, 6 element largan lens, laser AF, phase detection AF, continuous focus
  • 8-megapixel front camera, f/2.0 aperture
  • 3G, LTE
  • Dual-SIM
  • WiFi, Bluetooth, GPS, A-GPS, Fingerprint scanner, USB Type-C
  • Android 6.0 Marshmallow
  • 2600mAh/3000mAh battery
  Semenjak generasi pertama Asus Zenfone seri tersebut dikenal sebagai smartphone rakyat karena harga yang relatif terjangkau semua segmen, namun di awal mula panas menjadi masalah yang banyak dikeluhkan oleh pengguna Asus Zenfone. Semenjak saat itu sang produsen banyak melakukan ubahan, meski belum sempurna namun Zenfone generasi kedua makin menunjukka keseriusan dan potensi Asus dalam menggarap industri ponsel.

Kini lewat generasi ketiga atau Asus Zenfone 3 produsen asal Taiwan itu tampak mengikuti kecenderungan dimana hampir semua kompetitornya termasuk Xiaomi kini menggunakan logam sebagai material andalannya. Namun Asus tetap ingin tampil mencolok dengan mengambil langkah berbeda dari kompetitor. Salah satu yang menonjol dari sisi desain adalah jalur antena yang tersembunyi.

Desain cover bagian belakangnya juga tidak umum, alih-alih mengadopsi desain meng-kurva yang diyakini memberikan rasa nyaman kala digenggam justru Asus menerapkan desain rata. Perlu sedikit pembiasaan namun jika sebelumnya Anda pernah menggunakan Samsung Galaxy seri A seperti Galaxy A7 misalnya maka takkan menjadi masalah.

Kelebihan dan Kekurangan Asus Zenfone 3

Perbedaan Asus Zenfone 3 dari Asus Zenfone 2

Lewat pernyataan resminya sang produsen menyebut bahwa akan ada dua varian Asus Zenfone 3 ditilik dari ukuran layar masing-masing adalah 5.2 inch dan 5.5 inch dimana keduanya sama-sama menggunakan teknologi IPS. Keduanya memiliki perbedaan lain seperti kapasitas baterai 2600 mAh untuk versi 5.2 inch dan 3000 mAh untuk 5.5 inch. Kapasitas RAM untuk versi 5.2 inch adalah 3 GB sementara versi 5.5 inch 4 GB. Selain poin-poin tersebut keduanya sama persis seperti sama-sama memiliki fitur pemindai sidik jari, mengadopsi port USB tipe C serta hi-res audio.

Semenjak generasi pertama kamera Asus Zenfone selalu dianggap sebagai salah satu kelemahan seri tersebut. Karenanya kali ini pihak pabrikan melakukan penyempurnaan dengan mengandalkan sensor Sony IMX 16 MP didukung oleh fitur 4-axis OIS, 3-axis EIS, 6 element largan lens, laser AF, phase detection AF, continous focus and 4K video recording, RGB sensor serta dual-tone LED flash. Namun foto hasil kamera Asus Zenfone 3 masih menjadi misteri untuk saat ini.

Hasil Kamera Asus Zenfone 3

Unit Zenfone 3 yang dipamerkan sendiri menggunakan chipset Snapdragon 625 dengan GPU Adreno 506. Sayang untuk impresi awal ini belum ada kesempatan menguji langsung performanya dalam menjalankan game. Namun dalam pengujian singkat untuk aktivitas non-game ia terasa fluid dan cepat. Tampilan antarmuka Zen UI sendiri tampak sudah direvisi.

Impresi Awal untuk Asus Zenfone 3

Harga Asus Zenfone 3 dibanderol di kisaran Rp 3,5 juta-an untuk versi layar 5.2 inch dengan memori internal 64 GB, sementara untuk versi layar 5.5 inch hingga tulisan ini dibuat belum ada pernyataan resmi dari pabrikan.

Melihat popularitas dan reputasi Asus Zenfone di Indonesia tampaknya tak butuh waktu lama bagi Zenfone 3 untuk mendapat hati calon konsumen.