on

Asus Zenfone 3 ZE522KL: Kapan Dijual di Indonesia?

Asus Zenfone 3 ZE522KL adalah satu dari sekitar tujuh varian seri Asus Zenfone 3 yang tahun ini menjadi andalan sang produsen asal Taiwan dalam memperkokoh posisinya sebagai salay satu pemain penting di industri telepon genggam. Bersama dengan ZE250KL keduanya diposisikan di segmen menengah dan tampaknya bakal menjadi dua varian terlaris dibanding para saudarnya.

Dua tahun lalu Asus memulai proyek Zenfone yang awalnya tidak tampak terlalu baik. Baterai yang boros serta perangkat lunak laggy menjadi dua kelemahan utama Asus Zenfone generasi awal, beruntung harga terjangkau menyelamatkan penjualan mereka. Tahun lalu mereka mulai berbenah, dengan tidak lagi sekedar mengandalkan chipset Intel peruntungan Asus berbalik drastis, namun mereka tidak tampak puas. Maka tahun ini penyempurnaan yang ditunjukkan lewat Zenfone generasi ketiga atau Asus Zenfone 3 tampaknya bakal menjadikan mereka sebagai merek yang diperhitungkan secara global di industri yang baru digelutinya selama tiga tahun ini.

Asus Zenfone 3 ZE522KL Spesifikasi dan Harga


Mengulas Kelebihan dan Kelemahan Asus Zenfone 3 ZE522KL

Asus terkesan mencoba mengikuti trend lewat Asus Zenfone 3 ZE522KL maupun varian lainnya, pemilihan material serat kaca pada cover depan maupun belakang menunjukkan kecenderungan tersebut. Di bagian tepi sang produsen menempatkan material plastik entah untuk melindungi dari goresan atau menjaga agar tak terlalu licin digenggam.

Dari sisi estetika penggunaan demikian banyak material serat kaca tersebut memberikan nuansa premium yang memang tidak bisa dipungkiri, hanya pada sisi lain pilihan itu membawa sisi negatif yaitu Asus Zenfone 3 ZE522KL terasa cukup licin digenggam. Selain itu seperti bisa diduga bahwa badan smartphone Asus Zenfone terbaru ini cenderung mudah kotor oleh jari. Karenanya jika memang Anda berminat meminang Zenfone 3 sangat disarankan memberi casing yang berkualitas layak.

Cukup disayangkan sebenarnya sebab di luar fakta tersebut sebenarnya nilai estetika maupun build quality Zenfone 3 terbilang sangat impresif, termasuk tata letak serta kualitas tombol yang tactile sekaligus nyaman dioperasikan.

Penempatan sensor pemindai sidik jari milik Asus Zenfone 3 ZE522KL sebenarnya juga sudah ergonomis namun berdasar pengalaman ketika diberi tambahan casing pihak ketiga maka keunggulan tersebut sedikit terkorbankan. Bukan tidak efektif namun perlu pembiasaan untuk meletakkan jari.

Kapan Asus Zenfone 3 Dijual di Indonesia?

Dimensi serta bobot tercatat 152.6 x 77.4 x 7.7 mm dan 155 gram untuk Anda yang sudah terbiasa dengan smartphone berlayar 5.5 inch tampaknya tidak ada hal baru, sebaliknya bagi yang sebelumnya menggunakan ponsel dengan ukuran layar lebih kecil awalnya bakal perlu pembiasaan karena terasa cukup besar di tangan.

Masih pada poin desain Asus menempatkan port USB C pada bagian bawah bersama dengan kisi-kisi speaker, headphone jack pada sisi atas sementara untuk mengakses SIM tray Anda memerlukan pin yang disediakan dalam paket penjualan Asus Zenfone 3 ZE522KL.

Asus Zenfone 3 ZE522KL Kelebihan dan Kekurangan

Masuk ke pembahasan tampilan antar muka atau UI sang produsen asal Taiwan ini pun terlihat melakukan penyempurnaan penting. Namun oleh karena ZenUI versi terbaru ini tetap kaya akan bloatware seperti: ASUS Game Center, AudioWizard (Equalizer), Flashlight, Laser Ruler, MiniMovie, Mobile Manager, MyASUS, Quick Memo, Share Link, Sound Recorder, Splendid, System Update, Themes, Weather, ZenCircle, ZenFone Care, ZenTalk dan beberapa aplikasi lainnya maka pertama-tama yang perlu dilakukan adalah menyingkirkan aplikasi-aplikasi yang sekiranya tidak akan Anda perlukan.

Sementara itu salah satu kelebihan ZenUI terletak pada kesederhanaan dimana ia tidak menyediakan banyak tombol namun digantikan dengan berbagai shortcut yang efisien. Jika dikehendaki Anda pun bisa melakukan setting untuk perintah dengan gerakan melalui “ZenMotion Motion Gestures”.

Aplikasi “Mobile Manager” yang disediakan oleh Asus menjadi kelebihan lain dari ZenUI sebab pengguna bisa mengontrol sekaligus menentukan aplikasi mana saja yang berjalan dan mana yang hendak dinonaktifkan. Fitur yang juga berfungsi sebagai ‘pembersih RAM’ ini terasa sangat bermanfaat pada sistem operasi Android, sebab berbeda dengan OS Windows, pada Android sekedar menggunakan “Task Killer” bawaan Android acapkali tidak membebaskan RAM yang telah digunakan oleh aplikasi itu sendiri. Justru mematikan aplikasi lewat “Task Killer” berpotensi mendegradasi performa ponsel yang bersangkutan.

Asus Zenfone 3 ZE522KL Indonesia

Masih banyak lagi fitur unggulan ZenUI seperti “Easy Mode” yang tampaknya bakal digemari oleh beliau-beliau yang berusia lanjut karena mampu menampilkan huruf dalam ukuran lebih besar serta memungkinkan penempatan hingga 9 aplikasi di halaman “Home” yang tidak bisa tergeser-geser.

Dari sisi performa, kombinasi antara Snapdragon 625 dan RAM sebesar 4 GB pada Asus Zenfone 3 ZE522KL mungkin tidak bakal bisa disamakan dengan ponsel high-end yang menggunakan Snapdragon 820 atau sebentar lagi mungkin sudah beralih ke Snapdragon 821. Namun dalam pengujian menjalankan game “Need for Speed: No Limit” mampu berjalan mulus tanpa lag dengan detil grafis yang juga baik.

Jika di masa lalu Asus Zenfone sering dinilai mengecewakan karena dalam berbagai kampanye pemasarannya (iklan) selalu menonjolkan kamera dengan teknologi ZenMaster namun pada kenyataannya kamera Asus Zenfone cenderung mengecewakan maka kondisi serupa tidak akan kembali dialami oleh pengguna Asus Zenfone 3.

Asus melakukan penyempurnaan yang layak diapresiasi di sektor kamera Zenfone generasi ketiga ini. Pada mode otomatis kecepatan fokus, shutter speed serta exposure-nya cukup memuaskan untuk ukuran kamera smartphone kelas menengah. Kecepatan auto-focus menjadi salah satu keunggulan kamera Asus Zenfone 3 ZE522KL.

Hasil Kamera Asus Zenfone 3 ZE522KL

Sedangkan pada malam hari Anda masih bisa menggunakan mode Auto untuk mendapatkan kualitas foto yang layak diunggah ke jejaring sosial meski jika diperbesar maka gejala grainy cukup jelas. Alternatifnya Anda bisa memindahkan ke mode manual untuk mengurangi tingkat ISO yang sekaligus bakal meredam gejala grainy tersebut.

Sementara untuk perekaman video kamera Asus Zenfone 3 ZE522KL mendukung video 4K yang tampaknya sudah menjadi kewajiban bagi semua smartphone keluaran tahun 2016 ini.

Kapan Asus Zenfone 3 ZE522KL Dijual di Indonesia?

Dengan beberapa keunggulan Asus Zenfone 3 ZE522KL terutama pada sektor desain, layar, kamera serta perangkat lunak tak heran jika demikian banyak calon konsumen mendambakan Asus Zenfone 3 ZE522KL dijual di Indonesia.

Sayangnya keberadaan serta harga Asus Zenfone 3 ZE522KL yang di negeri asalnya dibanderol di kisaran $250-300 sampai saat ini masih menjadi misteri. Bukan hanya di Indonesia namun Asus Zenfone 3 memang belum menunjukkan bakal hadir dalam waktu dekat di luar Taiwan.
Indonesia sendiri sejauh ini dijadwalkan bakal mulai dibanjiri oleh beberapa varian Asus Zenfone 3 pada akhir tahun 2016 nanti.