on

Mengulas (Lenovo) ZUK Z2 Sang Penerus ZUK Z1

Tahun lalu ZUK berhasil menorehkan prestasi lewat penjualan gemilang untuk produk perdana mereka ZUK Z1 yang acap disebut sebagai Lenovo ZUK Z1 karena selain nama Lenovo sudah lebih dikenal oleh calon konsumen juga ZUK merupakan perusahaan subsidiari dari Lenovo. Kini lewat Lenovo ZUK Z2 produsen yang sama tampil lebih percaya diri terhadap prospek smartphone terbaru buatan mereka.

Dalam kemasan atau boks Lenovo ZUK Z2 sendiri seperti tahun lalu selain handheld dari tipe produk yang bersangkutan disertakan pula kabel USB tipe C, SIM ejector pin, buku manual serta fast charger. Apa saja penyempurnaan dan perbedaan Lenovo ZUK Z2 dari ZUK Z1?

Spesifikasi dan Harga Lenovo ZUK Z2


Membedah Desain dan Spesifikasi Lenovo ZUK Z2


Display

5″ 1080 x 1920 pixels (~441 ppi pixel density)

Processor and GPU

Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820, Dual-core 2.15 GHz Kryo & dual-core 1.6 GHz Kryo, Adreno 530 GPU

RAM

4GB

Camera

8MP Front/13MP Back

Connectivity

Bluetooth, 3G, 4G, GPS, WIFI, GSM,EDGE, GPRS, UMTS, HSPA, HSPA+, dual-SIM.

Battery

3.500 mAh (non-removable)

Dimensions

141.7 x 68.9 x 8.5 mm / 149g

OS

ZUI 1.9 (Android 6.0)

Storage

64GB (not expandable)

Dari sisi desain tampak ada beberapa perubahan yang membedakan Lenovo ZUK Z2 dari Lenovo ZUK Z1. Material serta build quality ZUK Z2 tampak lebih kokoh sekaligus rapi jika dibandingkan pendahulunya, selain itu keputusan sang produsen untuk hanya menempatkan SIM card tray serta tombol di sisi yang sama (kanan) serta sisanya di bagian bawah menjadikan tampilan ZUK Z2 terkesan minimalis, selaras dengan dimensinya yang kompak.

Kelebihan dan Kekurangan Lenovo ZUK Z2

Kualitas output yang dihasilkan oleh speaker pada smartphone ZUK terbaru ini terbilang jerning dengan volume yang cukup kuat, namun tidak ada yang istimewa sebab beberapa smartphone direntang harga sama juga mampu menawarkan kualitas yang lebih kurang setara.

Pada bagian depan selain memberikan lapisan Corning Gorilla Glass 4 untuk meminimalisir terjadinya goresan pihak ZUK juga memberikan lapisan khusus untuk melindungi layar dari noda jari (anti-fingerprint coating). Dalam pengujian lapisan tersebut terbukti bekerja secara efektif.

Lenovo ZUK Z2 Indonesia

Reproduksi warna serta tingkat kecerahan yang dihasilkan oleh layar berukuran 5 inch dengan resolusi setara FHD tersebut sebenarnya juga relatif baik, sayangnya di bawah paparan sinar matahari ia masih sulit dibaca.

Di atas layar tersebut ditempatkan lensa kamera selfie 8 MP serta LED notifikasi. Sedangkan di bagian bawah layar hanya terdapat sebuah physical button yang meladeni beberapa fungsi seperti “home”, “back” maupun akses terhadap aplikasi yang terakhir kali dijalankan. Pengguna bisa melakukan kustomisasi sendiri terhadap tombol tersebut untuk keperluan lain, meski sepele namun inovasi semacam ini terbukti sangat membantu kepraktisan.

Pengalaman Menggunakan Lenovo ZUK Z2

Lenovo ZUK Z2 bagus atau Tidak?

ZUK pun menempatkan sensor pemindai sidik jari pada produk terbarunya yang lagi-lagi dalam pengujian menunjukkan kemampuan respon cepat sekaligus akurat, sama sekali tak kalah jika dibanding fitur serupa pada ponsel-ponsel buatan merek ternama.

Berpaling ke sisi belakang Lenovo ZUK Z2 dilengkapi kamera utama 13 MP dengan aperture f/2.2 yang didukung oleh LED flash tunggal.
Secara keseluruhan dari sisi desain maupun build quality tak ada kritik yang perlu ditujukan kepada ZUK Z2.

Kamera Lenovo ZUK Z2

Dari sisi performa ZUK Z2 pun tak kalah mentereng jika dibanding flagship phones dari merek mapan, chipset Snapdragon 820 dipilih sebagai jantung performa bersama dengan RAM berkapasitas 4 GB. Kapasitas memori internalnya tercatat 64 GB yang sayang tidak mendukung memori eksternal.

Game-game terkini yang haus sumber daya seperti “Asphalt 8” mampu dijalankan dengan sangat lancar oleh smartphone buatan ZUK ini. Tak hanya itu suhu smartphone juga relatif stabil dalam arti tidak menghasilkan panas secara berlebihan.

Sistem operasi Android 6.0 dijalankan olehnya berbasis tampilan antar muka yang masih memiliki kemiripan dengan sang pendahulu. Menarik atau tidak tentu bergantung pada selera, pastinya UI ini berjalan dengan mulus, dan seperti biasa umumnya tampilan antar muka ponsel buatan Cina maka Anda takkan menemukan pre-installed Google services seperti yang umum ditemukan pada ponsel Android lain.

Hal yang mungkin sedikit mengecewakan adalah ketiadaan mode manual pada kamera Lenovo ZUK Z2, meski ia sendiri menawarkan cukup banyak mode yang lain.
Pada kondisi pencahayaan ideal kualitas foto hasil kamera Lenovo ZUK Z2 relatif baik, tajam, memiliki tingkat detil tinggi serta reproduksi warna alamiah. Seperti kebanyakan kamera ponsel terutama di rentang harga ini maka tidak mengejutkan jika gejala noise mulai muncul kala digunakan di dalam ruangan atau malam hari. Setidaknya foto-foto tersebut masih layak diunggah di sosial media.

Hasil Kamera Lenovo ZUK Z2

Hasil Kamera Lenovo ZUK Z2

Stamina baterai dengan kapasitas 3500 mAh yang diusung oleh ZUK Z2 terbilang rata-rata dengan capaian on-screen termasuk menggunakan kamera dan menjelajah internet selama 5 jam. Fast charger bawaannya sendiri hanya memerlukan waktu 30 menit sampai 1 jam untuk pengisian daya hingga kapasitas penuh.

Review Lenovo ZUK Z2 Indonesia

Opini Terhadap Lenovo ZUK Z2

Lagi-lagi ZUK tampaknya bakal mencatat sukses sama atau bahkan lebih baik dari sebelumnya lewat ZUK Z2 terutama di emerging market. Build quality solid, performa istimewa, serta kamera yang layak berikut tambahan beberapa fitur seperti sensor pemindai sidik jari dan fast charger bakal menjadi daya tarik bagi calon konsumen. Pada sisi lain ketiadaan dukungan memori eksternal memang masih menjadi kelemahan ZUK Z2 seperti tahun lalu.