on

Xiaomi Mi Max: Harga, Spesifikasi dan Review

Sukses lewat Redmi Note 3, pabrikan asal Cina Xiaomi kembali merilis phablet terbaru bernama Xiaomi Mi Max. Dari sekian banyak smartphone Xiaomi yang sudah beredar selama ini Mi Max adalah yang terbesar dari sisi dimensi.

Dalam boks atau kotak Xiaomi Mi Max terdapat handheld Mi Max, SIM ejector pin, kabel USB, kepala charger serta buku manual. Lebih kurang sama seperti smartphone merek Xiaomi lainnya. Sehingga mereka yang sudah terbiasa dengan smartphone Xiaomi tak bakal melihat sesuatu yang baru.

Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi Max



Review & Spesifikasi Xiaomi Mi Max

Berikut adalah spesifikasi Xiaomi Mi Max:

Display


6.44″ 1080 x 1920 pixels (~342 ppi pixel density) (Full-HD)


Processor and GPU


Qualcomm MSM8956 Snapdragon 650,Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53 & Dual-core 1.8 GHz Cortex-A72,

Adreno 510 GPU


RAM


3GB


Camera


5MP Front/16MP Back


Connectivity


Bluetooth, 3G, 4G, GPS, WIFI, GSM,EDGE, GPRS, UMTS, HSPA, HSPA+, dual-SIM.


Battery


4.850 mAh (non-removable)


Dimensions


173.1 x 88.3 x 7.5 mm / 203g


OS


MIUI 7.3 (Android 6.0)


Storage


32GB (expandable via microSD card slot)



Xiaomi Mi Max bukan saja smartphone terbesar yang pernah diproduksi Xiaomi sampai saat ini namun ia juga adalah smartphone terbesar yang kami ulas dalam beberapa bulan belakangan. Layar Gorilla Glass 4 berukuran 6.44 inch dengan resolusi setara FHD memang terlihat demikian mencolok. Kualitas layar ini sendiri cukup jernih dan terang dengan karakteristik yang sangat identik dengan layar Xiaomi Redmi Note 3. Sayang tingkat kecerahannya masih kurang optimal kala terpapar sinar matahari.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi Max

Capacitive buttons pada Xiaomi Mi Max semuanya sudah mengadopsi backlit kecuali untuk tombol “back” yang entah untuk alasan apa sang produsen terkesan menganaktirikannya. Sedangkan pada bagian atas selain lensa kamera selfie 5 MP terdapat pula LED notifikasi yang bisa dikustomisasi.

Perbedaan Xiaomi Mi Max dengan Redmi Note 3

Selain dimensi yang jauh lebih besar secara umum tampilan Xiaomi Mi Max sangat mirip dengan Redmi Note 3, termasuk penggunaan material logam pada semua bagian kecuali di bagian bawah.
Di bawah kamera utama 16 MP juga diletakkan sensor pemindai sidik jari yang lagi-lagi sama seperti Redmi Note 3.

Persamaan Xiaomi Mi Max dengan Redmi Note 3

Semua tombol-tombol fisik tampak dibuat dengan rapi sekaligus tactile. Sang produsen sendiri menempatkan slot hybrid SIM yang artinya pemilik harus mmeilih antara menggunakan dua kartu SIM atau sari kartu SIM dan satu microSD. Kualitas speaker yang terletak di bagian bawah terdengar kuat dan jernih meski tidak istimewa.
Xiaomi pun masih tetap mempertahankan fitur IR blaster yang meski banyak manfaatnya namun banyak ditinggalkan oleh mayoritas kompetitornya.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi Max

Secara keluruhan dari sisi tampilan maupun build quality Xiaomi Mi Max terkesan memuaskan serta mengaggumkan, pada sisi lain oleh karena dimensi yang besar maka mengoperasikan dengan satu tangan jelas mustahil.

Mengandalkan chipset Snapdragon 650 dengan prosesor hexa-core 1.8 GHz berikut RAM berkapasitas 3 GB Mi Max menunjukkan performa memuaskan, sesuai ekspektasi. Dalam pengujian singkat menjalankan “Asphalt 8” hasilnya cukup mulus untuk ukuran smartphone sekelas ini. Gejala panas berlebihan pun tidak muncul dalam pengujian selama 30 menit.

Xiaomi Mi Max sendiri menjalankan sistem operasi Android Marshmallow berbasis tampilan antar muka MIUI 7.3. Tampilan antar mukanya sendiri terbilang ringan, tidak muncul gejala lag selama pengujian.

Kemiripan atau kesamaan antara Xiaomi Mi Max dengan Redmi Note 3 pun berlanjut di fitur kamera dimana lagi-lagi Mi Max mengandalkan kamera 16 MP yang mampu menghasilkan kualitas foto kaya detil, reproduksi warna alamiah serta gambar tajam.
Untuk low-light performance-nya sendiri menghasilkan cukup banyak noise namun dalam takaran wajar sebagaimana umumnya smartphone di kisaran harga ini.

Foto Hasil Kamera Xiaomi Mi Max

Foto Hasil Kamera Xiaomi Mi Max

Kamera Xiaomi Mi Max juga sudah mendukung perekaman video 4K, hanya saja dalam mode tersebut auto-focus-nya tidak bekerja dengan baik sehingga pengguna bakal dipaksa menonaktifkan fitur tersebut.

Oleh karena memiliki layar dengan ukuran sangat besar maka Xiaomi pun menempatkan baterai dengan kapasitas 4850 mAh untuk mengimbangi. Stamina baterai tersebut terbilang baik dengan catatan waktu on-screen mencapai 6.5 jam dalam pengujian langsung.

Xiaomi Mi Max Indonesia

Impresi untuk Xiaomi Mi Max

Layar besar Xiaomi Mi Max merupakan key-selling point dari phablet terbaru buatan Xiaomi tersebut. Memang selain ukuran layar nyaris tak ada perbedaan antara Xiaomi Mi Max dengan Redmi Note 3, namun layar lebar tersebut memang memberikan keunggulan tersendiri kala digunakan menyaksikan film, bermain game maupun menjelajah internet.

Kelemahan Xiaomi Mi Max juga tidak terlalu fatal karena sekedar berupa tombol “back” yang belum mengadopsi backlit, auto-focus yang tidak bekerja baik dalam mode perekaman 4K dan mungkin bisa diatasi lewat update perangkat lunak serta masih mengandalkan port micro USB bukannya USB tipe C.

Harga Xiaomi Mi Max sendiri dibanderol di kisaran Rp 3 juta-an yang tampaknya bakal membuatnya cepat diterima oleh konsumen.