on

Lenovo ZUK Z1: Handphone Android Kelas Menengah Berstamina Ekstra

Setidaknya dalam dua tahun terakhir, produsen asal Cina Lenovo mencatat prestasi yang menggembirakan di industri ponsel. Lenovo A6000 series dan Lenovo A7000 series adalah dua diantaranya. Memanfaatkan momentum tersebut baru-baru ini mereka merilis Lenovo ZUK Z1 yang meski namanya tidak mudah tertanam di benak konsumen namun menyimpan segudang potensi.

Lenovo ZUK Z1 yang diposisikan sebagai handphone kelas mid-end diproyeksikan pembuatnya untuk berkompetisi dengan Motorola Moto X Play, OnePlus X dan Samsung Galaxy A5. Fitur yang diusungnya cukup menyita perhatian, sebut saja misalnya port USB tipe C, sensor pemindai sidik jari dan kapasitas memori internal 64 GB. Adakah kelebihan lain dari Lenovo ZUK Z1 yang membuatnya layak dipilih dibanding kompetitor sekelasnya?

Spesifikasi dan Harga Lenovo ZUK Z1


Mengupas Desain & Spesifikasi Lenovo ZUK Z1

Berbeda dengan handphone merek Lenovo yang sudah dikenal selama ini, Lenovo ZUK Z1 diproduksi oleh ZUK Mobile. Sebuah perusahaan berbasis di Hong Kong yang berdiri pada pertengahan tahun 2015 di bawah naungan Lenovo dan Qihoo. Smartphone yang tersedia dalam opsi warna grey dan white ini sekilas desainnya memiliki kemiripan kental dengan iPhone 6s Plus.

Desainnya tampak menarik sebagai hasil paduan antara bingkai berbahan metal, bezel tipis dengan finishing berkelir silver.
Memang cover bagian belakangnya menerapkan tipe non-removable demi menjaga estetika, namun setidaknya sang produsen mengkompensasi dengan memberikan baterai berkapasitas besar yaitu 4100 mAh serta memori internal 64 GB.

Dalam pengujian awal baterai Lenovo ZUK Z1 sanggup bertahan selama dua hari sedangkan kapasitas memori internal yang tersisa setelah dikurangi sistem dan sebagainya masih tersisa 53 GB.

Handphone terbaru bermerek Lenovo ZUK ini menjadi salah satu yang mulai mengadopsi port USB tipe C, keuntungannya selain kedua sisi kabel bersifat reversible (bolak-balik) juga kemampuannya dalam transfer data lebih cepat. Tepat di sebelah port USB ini terdapat grille speaker yang sangat disayangkan karena suaranya tidak cukup keras.

Kualitas Lenovo ZUK Z1

Di bagian depan terletak layar IPS LCD dengan resolusi setara FHD dan kepadatan warna mencapai 401 ppi. Seperti umumnya handphone merek Lenovo, kualitas layar menjadi salah satu keunggulan Z1. Tingkat kecerahan, kontras serta akurasi warnanya outstanding. Viewing angles-nya pun juga sangat luas. Sedikit kekurangan adalah keberadaan garis tepi berwarna hitam di sekeliling layar.
Di bawah layar ini terletak sensor pemindai sidik jari yang dalam pengujian menunjukkan tingkat respon serta kecepatan dalam kategori baik.

Handphone Lenovo Terbaru

Secara keseluruhan baik estetika desain maupun build quality Lenovo ZUK Z1 nyaris tak menyisakan ruang untuk kritikan. Dikatakan nyaris sebab jika diperhatikan secara seksama bingkai aluminium-nya tidak melekat sempurna dengan bagian lain, setidaknya hal ini tidak menimbulkan bunyi yang kurang nyaman kala ditekan serta tidak terlalu kentara kecuali secara khusus melakukan pengamatan.

Pengalaman Lenovo ZUK Z1

Meski diposisikan sebagai smartphone kelas menengah berhadapan dengan beberapa kompetitor kuat termasuk LG Nexus 5X namun alih-alih menggunakan prosesor Snapragon 808 , Lenovo ZUK justru mengambil langkah serupa dengan OnePlus kala memproduksi OnePlus X. Alhasil chipset Snapdragon 801 menjadi jantung performa Lenovo ZUK Z1 bersama RAM sebesar 3 GB. Kombinasi tersebut tahun lalu digunakan oleh beberapa flagship models terbaik seperti Samsung Galaxy S5 dan LG G3.

Menjalankan Cyanogen OS 12.1 berbasis Android 5.1, tingkat fluiditas dan performa kecepatan Lenovo ZUK Z1 masih tergolong di atas rata-rata. Baik browsing, memainkan game kompleks maupun memutar film beresolusi FHD mampu dilakukan dengan mulus oleh Lenovo ZUK Z1.

Di atas kertas, kamera Lenovo ZUK Z1 juga cukup menjanjikan. Lensa 13 MP IMX214 dengan dukungan dual LED flash serta OIS terdengar potensial. Kala digunakan di luar ruangan memang demikian, namun kala digunakan di bawah sinar matahari terik, di dalam ruangan dan malam hari maka gejala noise serta overexposure mudah terlihat pada foto-foto yang dihasilkan.

Pada bagian depan sang produsen meletakkan kamera selfie 8 MP yang sayangnya belum didukung beauty mode sebagaimana diketemukan pada ponsel lain dikelas ini.

Lenovo ZUK Z1 Indonesia

Opini untuk Lenovo ZUK Z1

Sebagai smartphone kelas menengah Lenovo ZUK Z1 memiliki diferensiasi yang unik, sementara para kompetitor bersikap defensif dengan memberikan cloud storage sebagai satu-satunya kompensasi atas ketidaaan slot microSD, Lenovo ZUK menawarkan solusi lebih masuk akal berupa kapasitas memori internal yang lega. Sekalipun baterai non-removable-nya tidak bisa diganti sendiri oleh pemilik namun stamina baterai yang sanggup bertahan selama dua hari lagi-lagi terasa sebagai kompensasi yang layak.