on

Harga Asus Zenfone 3s Max dan Spesifikasi

Handphone terbaru Asus Zenfone 3s Max dirilis resmi oleh produsen asal Taiwan tersebut sebagai varian ketiga dari lini Zenfone Max setelah sebelumnya mereka merilis Asus Zenfone 3 Max ZC520TL dan ZC553KL. Untuk varian terbarunya ini mereka kembali mengandalkan layar 5.2 inch seperti pada ZC520TL.

Spesifikasi Asus Zenfone 3s Max

Dimensi 149.50 x 73.70 x 8.55 mm; 175 gram
Layar 5.2-inch HD IPS
Pelindung Layar 2.5D contoured glass with Corning Gorilla Glass
Sistem Operasi ZenUI 3.0 berbasis Android 7.0 Nougat
Chipset MediaTek MT6750
CPU/GOU 1.5 GHz octa-core/Mali T860
Storage 32 GB internal storage, up to 2 TB via microSD
RAM 3 GB
Kamera Sekunder 8 MP
Kamera Primer 13 MP, dualLED flash
Sensor GPS, A-GPS, GLONASS, Fingerprint scanner
Baterai 5000 mAh
Harga Lihat Harga Terbaru di sini

Harga Asus Zenfone 3s Max dan Spesifikasi Indonesia



Kelebihan dan Kekurangan Asus Zenfone 3s Max

Penampilan Asus Zenfone 3s Max tak berbeda dari beberapa handphone Asus terbaru lainnya dalam lini Zenfone 3 yang diperkenalkan semejak awal tahun lalu meski baru masuk Indonesia menjelang akhir 2016.

Sama halnya seperti Xiaomi Redmi Note 4, Asus pun mengadopsi desain unibody dengan material logam. Dari sisi dimensi sebenarnya handphone buatan Asus ini terbilang kompak dan bagi beberapa orang terasa memungkinkan dioperasikan dengan satu tangan saja. Namun karena bobotnya terbilang berat maka dari sisi kenyamanan banyak terkorbankan. Bobot tersebut merupakan kontribusi dari baterai dengan kapasitas 5.000 mAh yang diusungnya.

Di atas layar IPS LCD 5.2 inch –nya tampak earpiece yang diapit oleh sensor proximity serta lensa kamera sekunder. Sementara itu tombol “home” terintegrasi dengan sensor pemindai sidik jari diposisikan di bawah layar dengan diapit oleh dua tombol navigasi non-backlit.

Berpindah ke sisi belakang terlihat lensa kamera utama dengan sensor 13 MP didampingi oleh LED flash pada ujung kiri atas, logo “ASUS” di tengah dan detil sertifikasi di bagian bawah.

Dari sisi desain tampaknya tidak ada kelemahan yang perlu dicatat dari Asus Zenfone 3s Max yang pada lini Zenfone Max diposisikan menjembatani gap antara ZC520TL dan ZC553KL.

Kelebihan dan kekurangan Asus Zenfone 3s Max

Layar

Layar 5.2 inch pada Asus Zenfone 3s Max lagi-lagi hanya menampilkan resolusi 1280 x 720 pixels dalam upaya menghemat konsumsi baterai. Walau demikian tingkat kecerahan serta ketajamannya relatif baik, bahkan lebih baik jika dibandingkan layar Xiaomi Redmi Note 4 yang kebetulan bermain di rentang harga tak jauh beda. Kelemahan layar Zenfone 3s Max ini hanya terletak pada akurasi warna yang kurang baik dan cenderung kurang hidup dibandingkan kompetitor.

Kamera

Meski kamera Asus Zenfone 3s Max bukan fitur yang diunggulkan namun mayoritas calon konsumen dewasa ini tidak bisa memalingkan mata dari kualitas kamera sebuah ponsel yang hendak dibelinya.
Asus sendiri menempatkan kombinasi kamera sekunder 8 MP dan kamera primer 13 MP untuk handphone terbarunya ini yang ternyata keduanya sama-sama menghasilkan kualitas foto di atas ekspektasi kebanyakan orang meski kecepatan auto-focus –nya tergolong lambat.

Digunakan di luar ruangan akurasi warna yang dihasilkan oleh foto dari kamera Asus Zenfone 3s Max terbilang baik dengan tingkat detil yang baik pula. Sementara di dalam ruangan meski detilnya berkurang namun gejala noise berhasil ditekan minimum oleh perangkat lunak.

Performa

Di sektor performa kali ini Asus Zenfone 3s Max mengandalkan chipset MT6750 buatan MediaTek dengan dibarengi oleh kapasitas RAM 3 GB dan memori internal 32 GB.
Selama penggunaan normal gejala lag muncul beberapa kali, namun tampaknya kondisi tersebut lebih diakibatkan oleh tampilan antar muka ZenUI 3.0 yang tidak optimal ketimbang performa dari MT6750 sendiri.

Tampilan antar muka ZenUI memang dikenal sebagai salah satu tampilan antar muka paling ‘menjengkelkan’ yang ada saat ini. Selain karena tingkat bloatware yang segudang juga masing-masing aplikasi kerap menerima update yang dalam prosesnya terus menerus meminta otentifikasi dari pengguna.

Di luar itu performa –nya berpotensi baik, bahkan kala dicoba menjalankan game “Asphalt 8” pun terasa mulus. Selama memainkan game tersebut terjadi kenaikan suhu namun dalam batas wajar.

Sementara itu stamina baterai yang merupakan key selling point Asus Zenfone 3s Max dalam uji continuous battery loop sanggup bertahan selama 16 jam yang menunjukkan bahwa janji Asus tidak sekedar isapan jempol.

Hasil Kamera Asus Zenfone 3s Max

Harga Asus Zenfone 3s Max dan Kesimpulan

Asus Zenfone 3s Max yang mengisi celah antara dua Zenfone seri Max lainnya hadir dengan cukup banyak daya tarik mulai dari penggunaan material logam, desain ramping, performa kamera melebihi ekspektasi serta tentu saja stamina baterai ekstra. Namun belum optimalnya pabrikan menggarap tampilan antar muka ZenUI masih menjadi kelemahan meski bisa ditolerir.

Harga Asus Zenfone 3s Max sedikit lebih mahal dibanding ZC520TL namun masih lebih murah dibanding ZC553KL. Kehadirannya layak diapresiasi bagi mereka yang membutuhkan stamina baterai di atas rata-rata.