on

Samsung Galaxy A5 2017, Lebih Baik Ketimbang Nokia 6

Samsung Galaxy A5 2017 yang dipastikan bakal masuk Indonesia merupakan generasi ketiga dari seri A5 yang sekaligus merupakan penyempurnaan dari versi sebelumnya. Diperkenalkan pertama kali dalam gelaran CES di Las Vegas bersama dengan Galaxy A7 2017 sang produsen memastikan handphone Samsung terbaru ini bakal dijual mulai 3 Februari tahun ini.

Handphone terbaru Samsung Galaxy ini diprediksi mendapat respon positif dari calon konsumen terutama pada pasar-pasar yang selama ini menjadi basis utama penjualan merek tersebut. Selain reputasi positif layanan purna jual Samsung, beberapa fitur baru juga diyakini merupakan faktor kunci dari prediksi tersebut.

Harga Samsung Galaxy A5 2017 dan Spesifikasi



Spesifikasi Samsung Galaxy A5 2017

Dimensi 146.1 x 71.4 x 7.9 mm; 159 gram
Layar 5.2-inch Super AMOLED, 1920 x 1080 pixels (424 ppi
Pelindung Layar Corning Gorilla Glass 4
Sistem Operasi TouchWiz UI berbasis Android Marshmallow
Chipset Exynos 7880
CPU/GPU 1.9 GHz octa-core/Mali T830 MP3
Storage 32 GB internal storage, up to 256 GB via microSD
RAM 3 GB
Kamera Sekunder 16 MP f/1.9
Kamera Primer 16 MP f/1.9
Konektivitas HSPA, LTE, NFC, Bluetooth 4.2
Baterai 3000 mAh
Harga Lihat Harga Terbaru di sini

Membedah Desain Handphone Terbaru Samsung Galaxy A5 2017

Tercatat sejak dua tahun silam Samsung tampak berbenah terutama dari sisi desain, kebijakan tersebut tak sekedar diterapkan pada ponsel mereka di segmen flagship namun juga untuk kelas menengah. Di antaranya seri A yang merupakan kelanjutan dari Samsung Galaxy Alpha memang adalah yang paling menarik dari poin desain karena untuk pertama kalinya produsen asal Korea itu menerapkan material logam untuk handphone kelas menengah.

Tahun ini bahkan lebih baik lagi, sebab seri A baik termasuk A5 2017 ini mengadopsi desain yang persis sama dengan Samsung Galaxy S7. Ponsel kelas menengah ini mengadopsi desain unibodi bermaterial metal dengan berlapis serat kaca 3D. Secara umum penampilannya memang identik dengan Galaxy A7, kecuali perbedaan pada dimensi serta bezel atas dan bawah yang lebih tebal.

Ubahan dari sisi desain yang juga kentara bisa dilihat pada tepi kanan dimana kisi-kisi speaker kini ditempatkan di sana bersama dengan tombol daya. Alasan Samsung memindahkan ke tempat tersebut dalam upaya menghindari kisi-kisi tersebut tertutup oleh tangan sebagaimana kerap terjadi pada penempatan di bawah terutama saat digunakan memainkan game.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A5 2017 Indonesia

Secara umum dari sisi desain dan build quality Samsung Galaxy A5 2017 adalah yang terbaik di kelasnya untuk saat ini. Kala digenggam pun ia terasa nyaman serta tidak licin. Namun sama halnya dengan kelemahan Samsung Galaxy S7, A5 versi terbaru ini juga rentan kotor oleh noda jari selama dioperasikan.

Namun yang menjadi keunggulan Samsung Galaxy A5 2017 dari sisi desain tak lain adalah standar IP68. Artinya handphone kelas menengah buatan Samsung ini mampu menahan rembesan air tawar kala terendam hingga waktu maksimal 30 menit pada kedalaman maksimal 1,5 meter. Sertifikasi ini juga menunjukkan ponsel tersebut tahan debu.

Layar

Menggunakan layar 5.2 inch berteknologi Super AMOLED dengan resolusi setara Full HD (1920 x 1080 pixels) yang menghasilkan kepadatan warna 412 ppi berlapis Corning Gorilla Glass 4, gambar serta warna yang ditampilkan terlihat sangat baik. Viewing angles yang luas juga menjadi keunggulan lain dari layar handphone Samsung Galaxy terbaru di kelas menengah ini.

Fitur penting yang nyaris tak ditemukan pada ponsel kelas menengah lainnya adalah always on dimana pada saat layar non aktif pun pemiliknya bisa memantau kapasitas baterai tersisa, tanggal serta jam.

Performa

Chipset Exynos 7880 dengan prosesor Octa-core 1.9 GHz dan GPU Mali T830 MP3 terintegrasi menjadi jantung performa dari Samsung Galaxy A5 2017 bersama dengan RAM sebesar 3 GB.

Seperti biasa Samsung menggunakan tampilan antar muka TouchWiz untuk disandingkan dengan sistem operasi Android Marshmallow. Dalam pengujian handphone ini menunjukkan fluiditas yang baik, namun apakah memang kondisi tersebut merupakan performa asli dari Samsung Galaxy A5 2017 atau sekedar karena ponsel tersebut masih baru sayangnya tidak bisa dipastikan lewat pengujian singkat ini.

Kamera

Samsung Galaxy A5 2017 mengadopsi kombinasi kamera primer dengan sensor 16 MP f/1.9, demikian pula untuk kamera sekunder. Ubahan ini merupakan sebuah peningkatan luar biasa dibanding generasi sebelumnya. Tak heran jika kehadirannya dinilai merupakan ancaman serius bagi Oppo F1s dan Vivo V5 Plus.

Hasil Kamera Primer Samsung Galaxy A5 2017

Harga Samsung Galaxy A5 2017 dan Kesimpulan

Harga Samsung Galaxy A5 2017 yang di beberapa pasar akan mulai dijual pada bulan Februari 2017 ini dibanderol di kisaran Rp 5,7 Juta-an. Sementara harga Nokia 6 di Indonesia juga ada di kisaran tersebut bahkan ada yang membanderol lebih mahal, itupun dalam kondisi non resmi alias tanpa garansi resmi. Untuk alasan itulah kami menyebut bahwa Galaxy A5 terbaru ini merupakan pilihan lebih baik dan masuk akal dibanding Nokia 6 dengan mempertimbangkan kondisi saat ini.