on

Asus Zenfone 6: Harga Terjangkau, Layar Memukau

Asus Zenfone 6 sudah dirilis sejak beberapa bulan yang lalu, namun hingga kini ternyata permintaan terhadap ponsel Android Asus ini sangat tinggi. Sebelumnya pabrikan asal Taiwan ini sudah merilis terlebih dahulu Asus Zenfone 4 dan Zenfone 5 yang harganya lebih murah lagi. Lantas apa saja keunggulan Asus Zenfone 6 ini?

Harga Asus Zenfone 6 untuk ukuran mid-range phablet tentulah sangat murah, lebih-lebih jika dibandingkan para kompetitor dari merek lain. Menariknya meski dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau ternyata Zenfone 6 mengusung spesifikasi hardware yang sangat mumpuni dan tak kalah dari pesaingnya. Sama sepertu Zenfone 4 dan 5, Asus Zenfone 6 pun masih menggunakan casing plastik meski pihak pabrikan menjamin kekuatannya tak kalah dari casing metal.

Menariknya, dengan tebal hanya 9,9 mm dan material plastik sebagai casing ternyata Zenfone 6 sangat mantap dan terasa kokoh saat digenggam. Kontur matte pada casing lebih aman ketika digenggam sekaligus tidak mudah tampak kotor akibat bekas sidik jari. Sementara ukuran layar 6 inch makin menjadikan ponsel Android terkini dari Asus ini berkesan wah.

Harga Asus Zenfone 6
Jual Asus Zenfone 6



Spesfifikasi Asus Zenfone 6


Release date


January 2014

Form factor

Touchscreen

Dimensions (mm)


166.90
x
72.80
x
9.90

Weight (g)

196.00

Battery capacity (mAh)

3300

Removable battery

No

Colours

Black, White, Red, Gold

SAR value

0.52999997138977051
Display

Screen size (inches)

6.00

Touchscreen

Yes

Touchscreen type

Capacitive

Resolution

720x1280
pixels

Pixels per inch (PPI)

245

Colours

16M
Hardware

Processor


2GHz
dual-core

Processor make

Intel Atom Z2580

RAM

2GB

Internal storage

16GB

Expandable storage

Yes

Expandable storage type

microSD

Expandable storage up to (GB)

64
Camera

Rear camera

13-megapixel

Flash

Yes

Front camera

2-megapixel
Software

Operating System

Android 4.3

Skin

ZenUI

Java support

Yes

Browser supports Flash

Yes
Connectivity

Wi-Fi

Yes

Wi-Fi standards supported

802.11 b/ g/ n

GPS

Yes

Bluetooth

Yes, v 4.00

NFC

No

Infrared

No

DLNA

No

Wi-Fi Direct

Yes

MHL Out

No

HDMI

No

Headphones

3.5mm

FM

No

USB

Micro-USB

Charging via Micro-USB

Yes

Proprietary charging connector

No

Proprietary data connector

No

Number of SIMs

2

SIM 1


SIM Type

Micro-SIM

GSM/ CDMA

GSM

3G

Yes

SIM 2


SIM Type

Micro-SIM

GSM/ CDMA

GSM

3G

No
Sensors

Compass/ Magnetometer

Yes

Proximity sensor

Yes

Accelerometer

Yes

Ambient light sensor

Yes

Gyroscope

Yes

Barometer

No

Temperature sensor

No

Asus memercayakan prosesor Intel Atom Z2589 dual-core 2 GHz dengan teknologi HT sebagai penanggung jawab performa Zenfone 6. Prosesor ini jelas lebih bertenaga jika dibandingkan dengan prosesor Z2560 yang digunakan oleh Zenfone 5. Selain itu RAM sebesar 2 GB turut mendukung kecepatan dan performa phablet fenomenal dari perusahaan yang namanya makin melejit dalam beberapa tahun terakhir ini.

Internal memori yang tersedia adalah 16 GB, untuk internal memori kapasitas tersebut jelas sangat lega. Setelah dikurangi ruang untuk sistem operasi dan aplikasi lain pun masih tersisa 12,2 GB. Namun jika belum puas maka memori tipe microSD pun bisa ditambahkan dan mendukung hingga kapasitas 64 GB.

Kamera belakang 13 MP mampu merekam klip dengan resolusi 1080 p atau Full HD, sementara kamera 2 MP di bagian depan menawarkan resolusi HD atau 720 p.
Layar super jumbonya memiliki kepekatan warna 245 ppi dengan resolusi 720 x 1280 pixel yang warna serta kontrasnya tetap istimewa meski diset pada tingkat brightness tertinggi sekalipun. Sementara viewing angles-nya hanya rata-rata, tidak istimewa dan tidak juga bisa disebut sebagai kekurangan Asus Zenfone 6.

Untuk sistem operasi hingga kini Asus masih menyediakannya dengan sistem operasi Android 4.3 atau JellyBean. Pihak pabrikan menjanjikan update Android KitKat dalam beberapa waktu kedepan meski belum dikonfirmasi kepastiannya.

Spesifikasi Asus Zenfone 6

Asus Zenfone 6

Asus Zenfone 6

Asus Zenfone 6 Indonesia

Harga Asus Zenfone 6

Harga Asus Zenfone 6 saat ini tak lebih dari Rp 3,3 juta, dengan performa dan spesifikasi yang diusungnya tak heran jika permintaannya terus melejit hingga hari ini. Salah satu rival dekatnya adalah Sony Xperia T2 Ultra dan Samsung Galaxy Grand 2 yang dibanderol sedikit lebih mahal namun dengan spesifikasi di bawah Asus Zenfone 6. Xperia T2 Ultra sendiri dirilis hampir bersamaan waktunya dengan Sony Xperia T3 yang baru saja dibahas di http://bursahargaponsel.blogspot.com/.