on

Harga Sony Xperia Z2 Terbaru dan Spesifikasi

Sony Xperia Z2 merupakan smartphone Android kasta tertinggi di jajaran seri Xperia sebelum pada akhirnya pihak produsen merilis Xperia Z3. Meski demikian hingga hari ini Xperia Z2 masih menjadi salah satu ponsel paling diburu oleh penggemar gadget. Benarkah seri Z2 ini masih layak untuk ditebus mengingat saat ini Sony Xperia Z3 juga segera hadir di Indonesia?

Sony Xperia Z2 harus diakui kehadirannya memberikan nuansa baru bagi sebuah smartphone kelas high-end dari segi desain. Desain yang diusungnya berbeda sama sekali dari iPhone, HTC maupun Samsung yang populer terlebih dahulu. Material casing-nya terbuat dari metal seperti halnya iPhone maupun HTC, namun Sony masih melapisi Sony Xperia Z2 dengan glass sehingga kesannya tampak berbeda sama sekali dari dua kompetitornya itu.

Belajar dari kelemahan casing pada Sony Xperia Z1 yang begitu mudah terkena noda jari, kini casing Xperia Z2 bebas dari masalah serupa dan lebih tahan terhadap goresan maupun goncangan. Sementara itu meski layarnya lebih lebar dibanding Z1 namun bobot totalnya justru menyusut menjadi 163 gram saja.

Harga Sony Xperia Z2 Terbaru
Beli Sony Xperia Z2


Spesifikasi Sony Xperia Z2

Ukuran (L x W x H cm) 14.6 x 7.3 x 0.8
Berat (kg) 0.163
Hard Disk 16
RAM 3
Kapasitas Penyimpanan 16
Kecepatan CPU 2.30
Megapiksel 20.7
Fitur Tampilan Full HD
Fitur GSM|Primary Camera|Bluetooth|3G|Email|Wi-Fi|GPS|Secondary Camera|MP3|Internet Ready
Garansi produk Garansi Resmi 1 Tahun
Koneksi Nirkabel Bluetooth|WiFi|EDGE|3G
Tipe Memori Micro SD
Tipe Processor Quad-core Qualcomm MSM8974AB
Sistem Operasi Android 4.4.4 KitKat
Warna Hitam
Ukuran Layar (in) 5.2
Sistem Operasi Android
Input USB
Output 3.5mm jack|USB
Kamera Ya
Kamera Belakang 20.7 MP
USB Port USB 2.0
Resolusi Layar 1080x1920
Tipe Baterai Li-Ion
Kapasitas Baterai 3200 mAh
Ukuran File Foto 5248х3936
Video HD Ya
Resolusi Video 2160p
Built in Flash Ya, LED
Tipe Memory Card microSD
HDMI Port Tidak
Fitur Kamera Lainnya Autofocus
Tipe Layar IPS Kapasi
Kedalaman Warna 16juta warna
Versi Sistem Operasi Android 4.4 Kitkat
SIM Single SIM
Kapasitas Penyimpanan 16 GB
Kecepatan Processor 2.3 GHz
Waktu Bicara Hingga 19 jam
Waktu Siaga Hingga 740 jam

Layar 5.2 inch pada smartphone Android termahal dari Sony ini memiliki kedalaman warna 423 ppi, hasilnya gambar serta font yang ditampilkan tampak tajam dengan warna natural. Selain itu pihak produsen juga mengklaim mereka menggunakan teknologi Live Color LED yang menjadikan warna pada layar Sony Xperia Z2 tampak lebih tajam dan natural dibanding para kompetitor. Seperti model flagship lainnya dari Sony, teknologi lain seperti TRILUMINOS dan X-Reality tentu saja turut disematkan pada Xperia Z2.

Spesifikasi Sony Xperia Z2 boleh dibilang setara dengan para kompetitor di kelas ini, tengok saja misalnya chipset Qualcomm Snapdragon 801 dengan prosesor quad-core 2.3 GHz, GPU Adreno 330 serta RAM sebesar 3 GB. Bahkan kapasitas RAM yang dimiliki oleh Sony Xperia Z2 1 GB lebih besar dibanding HTC One M8 maupun Samsung Galaxy S5.

Sayang masih ada kekurangan Xperia Z1 yang masih menjadi kelemahan pada Sony Xperia Z2 yaitu temperatur yang cukup panas saat digunakan untuk bermain game selama 15 menit.

Kamera belakang memiliki resolusi 20.7 MP dengan auto focus dan ½.3 inch Exmor RS sensor. Selain itu kamera ini menggunakan G Lens dan teknologi intelligent BIONZ for mobile image-processing engine.

Bagi mereka yang lebih suka menyerahkan setting pada mode Auto, memang resolusi maksimal yang diijinkan pada setting ini hanya 8 MP. Namun lagi-lagi nilai MP bukan patokan menentukan baik tidaknya kualitas foto. Faktanya kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera Sony Xperia Z2 jauh lebih baik dibandingkan foto yang dihasilkan oleh smartphone lain sekelasnya pada mode yang sama.

Soal kamera, kualitas foto yang dihasilkan oleh Sony Xperia Z2 adalah salah satu yang terbaik dan hanya bisa dikalahkan oleh Nokia Lumia 1020.

Satu-satunya kondisi dimana kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera Sony Xperia Z2 kalah dari Samsung Galaxy S5 adalah pada kondisi minim cahaya. Namun di luar itu rasanya cukup adil untuk menilai bahwa Samsung Galaxy S5 kalah telak dari Sony Xperia Z2.

Sony Xperia Z2

Spesifikasi Sony Xperia Z2


Sony Xperia Z2

Harga Sony Xperia Z2

Harga Sony Xperia Z2 di Indonesia saat ini sudah jauh lebih murah dari saat pertama kali dirilis, lebih-lebih dalam waktu dekat Sony Xperia Z3 sudah akan hadir di Indonesia. Di beberapa toko online maupun offline harga Sony Xperia Z2 dibanderol Rp 6,7 juta-an.

Jujur saja kalau harus memilih antara Samsung Galaxy S5 atau Sony Xperia Z2, dengan pasti saya akan pilih Xperia Z2. Alasannya meski keduanya setara dalam banyak hal namun Xperia Z2 memiliki kelebihan di sektor kamera. Selain itu material metal dilapisi glass pada casing Z2 terasa lebih premium ketimbang casing plastik pada Samsung Galaxy S5.