on

Spesifikasi dan Harga Xiaomi MiPad Bulan Ini

Xiaomi MiPad menjadi tablet Android pertama yang diproduksi oleh Xiaomi setelah sukses dengan smartphone Android. Di kategori smartphone sendiri kesuksesan perusahaan asal China di setiap segmen memang pantas diacungi jempol. Namun apakah kesuksesan di kategori smartphone itu bisa dianggap sebagai bekal memasuki kategori tablet lewat Xiaomi MiPad ini?

Sejujurnya Xiaomi MiPad seperti halnya produk Xiaomi yang lain sangat kental kemiripannya dengan produk Apple. Peletakkan tombol-tombol, desain layar dan beberapa detil lainnya sungguh segera mengingatkan orang pada iPad. Bagian casing belakang pun sama, penempatan kamera, speaker dan sebagainya pada Xiaomi MiPad mirip sekali dengan iPad.



Spesifikasi Xiaomi MiPad

Specification
Model: Mi Pad
Sim Card: NO
Color: Black, Pink, White,Yellow,Blue,Green
Capacity16GB
External Memory Support: MicroSD(TF) up to 128GB
Multi-Languages English, French, Polish, Bulgarian, Russian,Dutch ,Italian
ChipsetCPU:  NVIDIA Tegra K1 Quad Core 2.2GHz
GPU: Nvidia Tegra K1 GPU ,a potent 192-core Kepler GPU
RAM: 2GB  LPDDR3 RAM
Others: eMMC 4.5 high standard flash memory
SystemMIUI V5
ScreenDisplay Size: 7.9 Inch
Type: IPS, capacitive touch screen
Resolution: 2048 x 1536 pixels(~326 ppi pixel density)
Screen Color: 16000K Colors
Multitouch: Yes
Technology:Use the touch screen without taking off your gloves,OGS
CameraRear Camera: 8MP
Front Camera: 5MP
Video Capture: Rear and Front support 1080p@30fps
Network and Wireless ConnectivityWiFi: 802.11/b/g/n/ac,WiFi Direct
Bluetooth 4.0: HID
Battery capacity and lifeNon-removable 6700mAh lithium-ion battery
SensorGyro, Light, Proximity, Compass
SizeDimensions: 202.1 x 135.4 x 8.5 mm
Net Weight: 360 g  (Including battery)
Package1 x Xiaomi mi pad
1 x Travel Charger
1 x Usb Data Cable
1 x User Manual

Sama halnya dengan Xiaomi Mi4, perbedaan utama Xiaomi MiPad dengan iPad adalah casingnya yang memiliki permukaan glossy dan terbuat dari material plastik. Meski casingnya sendiri tampak marginal jika dibandingkan iPad namun di dalam casing ini tersembunyi potensi besar yang bisa menjadikan Xiaomi MiPad sebagai salah satu tablet Android terbaik.

Layar 7.9 inch pada tablet keluaran Xiaomi ini memiliki resolusi 2048 x 1536 ppi yang menjadikannya memiliki kedalaman warna 324 ppi, dan itu artinya hanya berselisih tipis dengan layar Retina milik Apple yang kedalaman warnanya 326 ppi. Maka tak heran jika huruf dan gambar yang ditampilkan sangat tajam, demikian pula dengan warna yang dihasilkan.



Sama halnya seperti produk smartphone mereka, Xiaomi MiPad pun menjalankan sistem operasi Android KitKat dengan tampilan antarmuka MiUI yang sudah diadaptasi dengan layar tablet. Sejauh ini MiUI adalah salah satu User Interface Android terbaik yang ada di pasaran.

Performa tablet Android buatan Xiaomi ini dipercayakan pada prosesor 2.2 GHz quad-core dari Nvidia yang berpadu dengan GPU GeForce Kepler dan RAM sebesar 2 GB. Sementara internal memori yang tersedia adalah 16 GB dan 64 GB dengan opsi bagi pengguna untuk menambah memori eksternal hingga 128 GB.

Satu hal yang patut disesalkan dari Xiaomi MiPad adalah ketiadaan slot SIM card sehingga koneksi internet sepenuhnya hanya mengandalkan koneksi WiFi. Memang banyak tablet merek lain yang mengalami keterbatasan serupa. Namun dengan ukuran yang ideal serta performa yang dimiliki sebenarnya Xiaomi MiPad memiliki potensi lebih besar jika pihak pabrikan menyediakan slot SIM card.

Di sektor kamera perusahaan yang namanya terus meroket itu meletakkan kamera 8 MP di bagian belakang dan kamera 5 MP di depan. Memang dengan dimensinya sebenarnya mengambil foto dengan tablet sama sekali bukan kondisi yang ideal. Namun berhubung nyatanya tak sedikit pemilik tablet yang gemar berfoto-foto dengan tabletnya maka fitur ini pun layak dibahas.



Kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera Xiaomi MiPad cukup baik untuk ukuran sebuah tablet, namun ada baiknya kamera tablet hanya digunakan saat terpaksa. Karena selain tidak praktis, kualitas foto yang dihasilkan juga tidak cukup layak untuk dicetak.

Harga Xiaomi MiPad

Lagi-lagi karena ketiadaan harga resmi maka harga Xiaomi MiPad yang bisa dicatat di sini adalah harga di bursa black market (BM). Beberapa penjual online sempat menjual Xiaomi MiPad di Indonesia dengan harga Rp 3,5-4 juta-an untuk versi dengan internal memori 16 GB. Harga resminya sudah pasti lebih murah, namun sampai tulisan ini dibuat belum ada kejelasan kapan tablet buatan Xiaomi ini bakal resmi masuk Indonesia.