on

Spesifikasi dan Harga Kamera Digital Samsung NX Mini

Kamera digital Samsung NX Mini merupakan terobosan yang layak diapresiasi oleh penggemar fotografi. Pasalnya meski lensa kamera digital ini bisa diganti layaknya interchangeable kamera namun ukurannya tak beda jauh dari point-and-shoot kamera biasa. Apakah digital kamera kompak keluaran Samsung ini mampu menyamai kualitas interchangeable kamera yang dimensinya lebih besar?

Saat Samsung NX Mini pertama kali diumumkan banyak orang kagum dengan dimensi yang minimal. Pasalnya selama ini kamera interchangeable yang ada di pasaran selalu hadir dengan dimensi yang relatif besar meski tidak sebesar kamera DSLR. Karenanya tak heran jika banyak yang meragukan kemampuan Samsung NX Mini dalam menghasilkan kualitas foto setara interchangeable kamera biasa.

Harga Kamera Digital Samsung NX Mini
Harga Kamera Digital Samsung NX Mini

Spesifikasi Kamera Digital Samsung NX Mini

Model Kamera Mirrorless
Ukuran (L x W x H cm) 1x1x1
Berat (kg) 1.2 kg
Warna Putih
Tipe Samsung NX Mini
Ukuran Layar (in) 3.0
Megapiksel 20.5
Garansi produk 1 Tahun Garansi Samsung Electronic Indonesia
Format Foto JPEG
Ukuran File Foto 5472x3648
Format Video MP4
Video HD Ya
Resolusi Video 1920x1080
Image Stabilization Ya
ISO Range 160-12800
Range Shutter Speed 1/16000 s
Built in Flash Ya
Tipe Memory Card SD/SDHC/SDXC
Tipe Layar TFT LCD

Begitu memegang kamera digital Samsung NX Mini dalam genggaman orang seketika bakal menyadari bahwa kamera digital ini bagaimanapun bukan kamera kelas premium. Pada bagian atas pun sama sekali tidak diteketemukan tombol dial sebagaimana umumnya kamera interchangeable atau DSLR. Seluruh setting dilakukan lewat layar layaknya point-and-shoot kamera. Negatifnya operasionalisasi tidak bisa dilakukan dengan cepat seperti jika lewat tombok fisik.

Selain lensa yang bisa diganti, hal lain yang membedakan kamera digital keluaran Samsung ini dengan kamera point-and-shoot adalah ketersediaan port untuk meletakkan eksternal flash jika dikehendaki oleh penggunanya. Meski demikian internal flash tetap menjadi bagian dari fitur yang ada pada NX Mini ini.

Untuk mengambil foto dengan setting manual pengguna harus mengatur nilai ISO, shutter ataupun aperture lewat layar sentuh yang tersedia. Jika belum terbiasa jujur saja mengatur setting kamera lewat layar sentuh cukup merepotkan.

Harga Kamera Digital Samsung

Spesifikasi Kamera Digital Samsung

Meski dari namanya sendiri yang menggunakan unsur “NX” orang bakal berpikir bahwa berbagai fitur canggih yang ada pada Samsung NX bakal diketemukan di sini nyatanya tidak demikian. Lagi-lagi Samsung sedikit merusak ekspektasi calon konsumen seperti halnya penamaan Samsung Galaxy S5 dengan Samsung Galaxy S5 Mini yang sebenarnya sama sekali tidak memiliki kesamaan spesifikasi.

Alih-alih menggunakan sensor APS-C sebagaimana digunakan oleh Samsung NX 30 misalnya, Samsung NX Mini justru menggunakan sensor yang sama digunakan pula oleh kamera Sony RX100M3 yang notabene adalah kamera point-and-shoot biasa dengan lensa yang tidak bisa diganti-ganti. Berita buruknya tak berhenti sampai di situ, sebab lensa yang bisa digunakan oleh Samsung seri NX lain pun tak bakal bisa dipasangkan pada Samsung NX Mini ini.

Meski demikian kualitas foto yang dihasilkan serta kecepatan focus-nya tergolong baik jika dibanding point-and-shoot kamera biasa. Dan oleh karena pangsa pasar Samsung NX Mini bukanlah profesional maupun mereka sudah berpengalaman dengan kamera interchangeable maka rasa-rasanya segala kekurangan yang ada pada Samsung NX Mini ini tak bakal menjadi soal.

Harga Kamera Digital Samsung Murah


Pangsa pasar NX Mini adalah mereka yang sebelumnya sekedar menggunakan kamera smartphone atau tablet, mereka yang sebelumnya adalah pengguna point-and-shoot kamera serta mereka yang sama sekali belum pernah menggunakan kamera.

Harga Samsung NX Mini

Harga Samsung NX Mini sebenarnya sudah bisa membuat orang menyadari target market serta kelas digital kamera keluaran Samsung ini. Saat ini harga kamera digital Samsung ini dibanderol tak lebih dari Rp 5 juta. Dengan fitur yang memungkinkan pengguna menambah flash eksternal, mengganti lensa serta kualitas foto yang di atas kamera point-and-shoot rasanya harga tersebut terbilang murah.

Bukan hanya para pemula yang rasanya bakal mengapresiasi kehadiran Samsung NX Mini ini, juga termasuk mereka yang suka melakukan travelling dan mengabadikan perjalanan lewat foto namun enggan menenteng kamera yang berat dan besar.