on

Prakiraan Update Android Lollipop untuk Samsung Galaxy

Pemilik tablet maupun smartphone Samsung Galaxy yang populasinya terbilang tinggi dibanding merek lain tentu sudah begitu antusias menantikan update Android Lollipop untuk smartphone dan tablet Android yang dimiliki. Untuk saat ini sebagian besar device Samsung Galaxy masih menggunakan sistem operasi Android KitKat. Namun dalam beberapa minggu mendatang update Android Lollipop untuk Samsung Galaxy diperkirakan akan segera dimulai.

Android Lollipop sebagaimana sudah diketahui bersama bahwa mula-mula hanya akan dijalankan pada dua device terbaru dari Google yaitu Nexus 6 dan Nexus 9 yang masing-masing diproduksi oleh Motorola dan HTC. Setelah rilis resmi keduanya maka akan dilanjutkan dengan update untuk Nexus keluaran lawas. Tablet dan smartphone Android merek lain mendapat giliran berikutnya setelah semua perangkat Android merek Nexus resmi mendapat update Android Lollipop.



Sementara ini baru HTC, Motorola dan Sony yang sudah merilis jadwal resmi update Android Lollipop untuk smarphone dan tablet Android buatan mereka. Sementara Samsung sebagai produsen smartphone dan tablet Android terbesar di dunia justru masih bungkam soal kepastian dan jadwal update Android Lollipop untuk produk buatannya yang sudah beredar di tangan konsumen saat ini.

Meski belum ada informasi resmi dari Samsung namun rumor yang beredar saat ini menyebutkan bahwa update Android Lollipop untuk Samsung Galaxy akan dimulai dengan Samsung Galaxy Note 4 dan Samsung Galaxy S5 yang diperkirakan akan dimulai pada akhir November atau awal Desember. Jika benar maka jadwal ini lebih cepat dari prakiraan semula yang memprediksi bahwa update Android Lollipop untuk perangkat non Nexus baru akan dimulai awal tahun depan.

Rumor ini meski masih belum dikonfirmasi resmi namun diperkuat oleh status Twitter akun resmi milik Samsung Mobile yang memamerkan gambar Samsung Galaxy Note 4 menjalankan Android Lollipop.
Menurut laman SamMobile alasan Samsung belum merilis jadwal resmi update Android Lollipop untuk Samsung Galaxy adalah karena pabrikan asal Korea itu masih melakukan uji coba internal terhadap kesesuaian Android Lollipop dengan device Samsung Galaxy.

Android Lollipop untuk Samsung Galaxy Note 4

Masih menurut laman yang sama, diyakini bahwa update Android Lollipop untuk Samsung Galaxy tidak akan lebih awal dari bulan Januari tahun depan. Dan menilik sejarahnya tahun lalu bahwa dua perangkat Samsung Galaxy pertama yang menerima update Android KitKat kala itu adalah Samsung Galaxy Note 3 dan Samsung Galaxy S4 yang notabene adalah tipe tertinggi di antara keluarga Samsung Galaxy maka besar kemungkinan kali ini juga Samsung Galaxy Note 4 dan Samsung Galaxy S5 yang bakal menerima Android Lollipop lebih dulu dibanding seri lain.

Berdasarkan kecenderungan pabrikan asal Korea itu pula selama ini bahwa mereka masih memberikan support untuk Samsung Galaxy yang berusia dua tahun maka besar kemungkinkan bahwa Samsung Galaxy Note 2 dan Samsung Galaxy S3 masih akan mendapatkan update resmi Android Lollipop dari Samsung.