on

Ini Alasan Mengapa Windows Phone Lebih Unggul Dibanding iOS

Pada artikel sebelumnya dibahas beberapa keunggulan Windows Phone dibanding Android. Kini akan coba diulas keunggulan Windows Phone dibanding iOS. Sebelum Anda berpikir bahwa tim Bursa Harga Ponsel dan Laptop adalah fanboy Windows Phone perlu diinformasikan bahwa tim kami terdiri dari beberapa orang dengan preferensi berbeda. Namun demikian ada beberapa kesamaan diantara kami, antara lain adalah suka berganti-ganti merek serta platform HP setidaknya sekali dalam setahun. Bukan karena berlebihan uang, namun karena ingin mencoba-coba hal baru. Dan jika Anda berpikir kami pro terhadap salah satu platform atau merek karena dibayar, maka Anda pasti adalah salah satu orang yang rela melakukan apapun demi uang? As simple as that!

Berlawanan dengan pengetahuan awam selama ini sistem operasi atau platform yang ada bukan hanya Android, iOS dan Blackberry. Meski tidak sepopuler ketiga platform yang disebut sebelumnya namun setidaknya dalam tiga tahun terakhir Windows Phone mengalami perkembangan yang cepat dan signifikan hingga terlalu sayang untuk dilewatkan.

keunggulan Windows Phone dibanding iOS


Jika selama ini Anda hanya berpikir bahwa yang disebut smartphone adalah HP “yang sudah Android” maka kami harus memaklumi. Pasalnya konsumen di Indonesia memang tipe follower yang keputusannya sangat dipengaruhi oleh opinion leader dan orang-orang di sekitarnya. Tapi lewat tulisan ini setidaknya Anda mendapat pengetahuan baru bahwa ada beberapa platform smartphone, atau setidaknya empat platform untuk saat ini. Android meski sangat populer, hanya satu diantaranya.

Windows Phone sendiri bagi mereka yang mengenal, sangat identik dan mudah dikenali dari Live Tles yang seolah sudah menjadi ikon atau ciri khasnya sejak tahun 2010, tepatnya kala platform Windows Mobile secara resmi bertransformasi menjadi Windows Phone. Semenjak itu pula hingga hari ini setidaknya sudah terjadi update Windows Phone sebanyak tujuh kali. Bahkan saat ini Microsoft tengah mempersiapkan rilis Windows 10 versi mobile.

Sejauh ini perubahan paling signifikan diusung oleh Windows Phone 8.1, tentu mengingat bahwa Windows 10 for mobile masih belum dirilis saat tulisan ini dibuat. Dan sejauh ini, Windows Phone versi terakhir tersebut sudah menunjukkan beberapa keunggulannya atas iOS. Berikut beberapa diantaranya:

Keunggulan Windows Phone atas iOS

Tampilan Antar Muka “Live Tiles”

Sama seperti keunggulan Windows Phone dibanding Android, lagi-lagi “Live Tiles” memegang kunci keunggulan Windows Phone atas iOS. Memang tampilan antar muka ini sudah diperkenalkan semenjak pertama kali munculnya Windows Phone pada tahun 2010. Namun berbeda dengan saat itu, perkembangan “Live Tiles” saat ini menjadikannya lebih fungsional sekaligus menarik dari segi estetika.

Memang benar bahwa sejak iOS 7 tampilan antar muka sistem operasi besutan Apple tampak lebih menarik dibanding sebelumnya. Namun dari segi estetika, fungsionalitas dan interaktif masih kalah dibandingkan Windows Phone.

Cortana

Lagi-lagi sama seperti artikel sebelumnya, Cortana juga mampu membawa sistem operasi Windows Phone unggul atas iOS dengan Siri-nya. Kala Apple merilis Siri beberapa tahun lalu orang dibuat terkesima , bahkan salah satu episode serial sitkom “The Big Bang Theory” kala itu menggambarkan bagaimana salah satu karakternya, Raj begitu terobsesi dengan Siri dan menganggapnya bak manusia sungguhan. Apple dianggap sebagai pelopor voice assistant lewat Siri, padahal Android sudah lebih dulu memiliki fitur serupa dengan nama Google Voice.

Meski dibilang terlambat dari Apple dan Google, Microsoft melakukan pekerjaannya dengan sangat baik. Cortana yang diperkenalkan sejak Windows Phone 8.1 bukan hanya hadir dengan nama paling menarik dibanding Google Voice dan Siri namun juga mampu memberikan saran sesuai histori preferensi pemiliknya.

Sementara Siri kala memberikan saran tidak mempertimbangkan histori serta preferensi pengguna, Cortana bisa memperkirakan misalnya menu seperti apa yang Anda suka ketika Anda meminta saran mengenai sebuah restoran termasuk mempertimbangkan seberapa jauh Anda mau bepergian berdasarkan catatan sebelumnya. Dan itu hanya sedikit dari beberapa keunggulan Cortana dibanding Siri.

Android sendiri juga sudah berkembang sehingga Google Now menjadi lebih manusiawi ketika memberikan saran. Namun Google Now tidak memberikan peringatan (reminder) sebagaimana bisa dilakukan oleh Cortana.

Cloud yang Lebih Fleksibel

Apple membuat terobosan ketika melahirkan iCloud Drive yang pada dasarnya merupakan pengembangan dari Dropbox dengan beberapa modifikasi. Sayangnya seperti biasa, Apple memilih bersikap eksklusif dengan tidak memberikan akses API kepada pihak ketiga, sehingga pengguna iOS hanya diperhadapkan pada satu pilihan saja.

Microsoft pada sisi lain menyadari bahwa bersikap eksklusif seperti yang dilakukan oleh Apple pada masa dimana lintas platform dan lintas device menjadi keinginan konsumen bukanlah sebuah langkah bijak untuk platform dan smartphone mereka yang bisa dibilang masih berusia muda. Meski Windows Phone 8.1 mendukung Cloud milik Microsoft sendiri yang memungkinkan pengguna mengakses beberapa aplikasi eksklusif seperti Office 365 dan One Drive namun pada saat bersamaan sistem operasi ini mengijinkan pengguna untuk mengakses dan mensinkronisasi dengan Cloud milik kompetitor termasuk iCloud yang memudahkan pengguna platform lain bermigrasi ke Windows Phone.

Belakangan justru Apple mulai mempertimbangkan untuk mengikuti jejak Microsoft, meski belum sepenuhnya.

Benarkah Windows Phone Lebih Baik dari iOS?

Tentu saja dengan semua peningkatan itu tak serta merta pengguna setia iOS akan berpindah platform ke Windows Phone. Atau tidak juga berarti Windows Phone menjadi ancaman bagi Android. Faktanya tidak sesederhana itu.

Keunggulan sistem operasi Windows Phone yang diuraikan di atas bertujuan menggambarkan bahwa meski di tingkat penjualan dan loyalitas gap antara Android, iOS dan Windows Phone masih begitu besar namun dari sisi teknis terutama menyangkut fitur dan fungsionalitas ternyata tak bisa dinilai hanya berdasar tingkat popularitas dan loyalitas semata. Faktanya meski dari sisi penjualan Windows Phone masih merupakan pemain minoritas namun pada sisi lain perkembangannya justru menyamai bahkan melewati dua kompetitornya itu.

Alasan klasik sebagian besar pengguna smartphone menghindari Windows Phone adalah ketersediaan aplikasi yang terbatas dan dengan makin meningkatnya popularitas aplikasi seperti Instagram dan Netflix sejauh ini memang terasa mustahil bagi Windows Phone untuk memperkecil gap dengan iOS maupun Android dari sisi penjualan dan popularitas.

Di lain sisi kehadiran smartphone canggih berbasis sistem operasi Windows Phone seperti Nokia Lumia 930 yang mengusung kamera berteknologi tinggi dan tak bisa disamai oleh device berbasis iOS dan Android serta kehadiran HTC One M8 Windows Phone justru bisa menjadi kunci untuk mendongkrak penjualan smartphone WP. Dengan semakin banyaknya produsen yang bergabung dan merilis ponsel canggih berbasis WP maka perlahan namun pasti rasanya popularitas dan tingkat penjualan HP Windows Phone akan mulai terangkat.