on

Perbandingan Sony Xperia Z3 dan Sony Xperia Z3 Compact

Perbandingan Sony Xperia Z3 dan Sony Xperia Z3 Compact mencoba memberi panduan bagi Anda yang saat ini tengah bingung memilih salah satu diantara kedua ponsel Android terbaru keluaran Sony Mobile tersebut. Perbedaan paling kentara antara keduanya tentu paling mencolok terletak pada dimensi dimana Sony Xperia Z3 Compact menggunakan layar 4.6 inch sementara Sony Xperia Z3 yang masuk dalam kategori phablet mengusung layar 5.2 inch. Perbandingan dimensi keduanya bisa dilihat pada tablet di bawah:

Perbandingan Desain Sony Xperia Z3 dan Sony Xperia Z3 Compact

Phone Sony Xperia Z3 Sony Xperia Z3 Compact
Screen size 5.2-inches 4.6-inches
Dimensions 146 x 72 x 7.3mm 127 x 65 x 9mm
Weight 152g 129g
Water resistant? Yes Yes

Perbandingan Sony Xperia Z3 dan Sony Xperia Z3 Compact pada tabel di atas rasanya cukup menjelaskan dimensi masing-masing yang bagi sebagian orang dianggap sebagai faktor penting kala hendak membeli sebuah HP. Oleh karena menggunakan layar lebih lebar dan masuk dalam kategori phablet seperti halnya HTC One M8, LG G3 atau Samsung Galaxy S5 maka Sony Xperia Z3 menuntut dioperasikan dengan dua tangan. Sementara dengan layar kompak Sony Xperia Z3 Compact cukup dioperasikan dengan satu tangan saja, kurang lebih demikian perbandingan antara Sony Xperia Z3 dan Sony Xperia Z3 Compact dari sisi kepraktisan.


Perbandingan Sony Xperia Z3 dan Sony Xperia Z3 Compact

Umumnya orang menilai kualitas sebuah smartphone dari ukuran layar, semakin besar maka dipersepsi semakin baik. Namun persepsi tersebut sebenarnya tidaklah tepat, kala Anda berada di tengah keramaian seperti di dalam moda transportasi umum atau lainnya maka ponsel dengan ukuran kompak bakal terasa lebih praktis. Dalam kasus semacam ini sudah pasti Sony Xperia Z3 Compact terasa lebih unggul dibandingkan Sony Xperia Z3. Di samping itu dengan dimensi kompak sebuah ponsel juga lebih memungkinkan masuk ke dalam kantong. Itu sebabnya kaum pria lebih menyukai ponsel dengan layar berukuran sedang seperti Sony Xperia Z3 Compact sementara kaum wanita cenderung menyukai ponsel layar lebar seperti Sony Xperia Z3.

Terlebih lagi soal casingnya baik Sony Xperia Z3 Compact maupun Sony Xperia Z3 sudah diberi perlindungan dari air hingga kedalaman 1,5 meter berikut perlindungan terhadap debu (IP65 dan IP68). Lagi-lagi nyaris tak ada perbedaan antara keduanya selain soal ukuran atau dimensi.

Perbandingan Layar Sony Xperia Z3 dan Sony Xperia Z3 Compact

Keduanya sama-sama menggunakan layar tipe IPS LCD dengan viewing angles yang luas. Bahkan jika dilihat dari sudut 90 Derajat pun degradasi warna pada layar kedua ponsel ini sangat minim dibandingkan ponsel lain di kisaran harga yang sama.

Bagi penggemar game atau mereka yang gemar menonton film lewat smartphoen sudah barang tentu layar berukuran 5.2 inch milik Sony Xperia Z3 terasa lebih menjanjikan ketimbang layar 4.6 inch milik Sony Xperia Z3 Compact.

Masuk ke resolusi, sementara Sony Xperia Z3 Compact menawarkan resolusi 720 pixels (HD) Sony Xperia Z3 dengan layar yang lebih lebar mengusung resolusi 1080 pixels (Full HD). Kedalaman warna keduanya pun berbeda sebagai konsekuensi dari rasio ukuran layar dengan resolusinya. Sony Xperia Z3 Compact memiliki kedalaman warna 319 ppi, sedangkan Sony Xperia Z3 424 ppi. Di atas kertas Sony Xperia Z3 jelas unggul atas Sony Xperia Z3 Compact.

Namun jangan lupa bahwa perbandingan di atas kertas tidak selalu bisa dirasakan di lapangan. Faktanya meski dibandingakn head to head sangat sulit bagi mata awam untuk membedakan kualitas layar Sony Xperia Z3 Compact dengan Sony Xperia Z3.

Perbandingan Performa Sony Xperia Z3 dan Sony Xperia Z3 Compact

Berbeda dengan HTC One Mini 2 atau Samsung Galaxy S5 Mini yang spesifikasi teknis-nya mengalami downgrade dari HTC One M8 dan Samsung Galaxy S5, Sony Mobile tidak melakukan kompromi serupa. Karena itu tak perlu heran jika spesifikas hardware pada Sony Xperia Z3 Compact dan Sony Xperia Z3 hampir sepenuhnya identik kecuali kapasitas RAM yang berselisih 1 GB.
Namun lagi-lagi ketika performa keduanya dibandingkan, sulit menemukan perbedaan. Tampaknya alasan Sony Mobile.

Di sektor performa baterai sudah bisa diduga bahwa layar yang lebar membawa konsekuensi pada kebutuhan daya yang lebih besar pula. Meski demikian selisih keduanya tak jauh berbeda, baik Sony Xperia Z3 maupun Sony Xperia Z3 Compact sama-sama mampu bertahan lebih dari satu hari.

Perbedaan Sony Xperia Z3 dan Sony Xperia Z3 Compact

Oleh karena sama-sama menggunakan kamera 20.7 MP dengan kemampuan merekam video 4K, fakta ini menjadikan Sony Xperia Z3 Compact menjadi satu-satunya smartphone berukuran kompak yang mampu merekeam video 4K. Sedangkan fitur lain seperti auto focus, LED Flash dan sebagainya yang ada pada Sony Xperia Z3 juga dimiliki oleh Sony Xperia Z3 Compact.

Sementara di bagian depan keduanya sama-sama memiliki kamera 2.2 MP. Mungkin bagi penggemar foto selfie angka tersebut dianggap remah mengingat umumnya ponsel selfie memiliki kamera depan 5 MP. Namun faktanya angka tersebut bukanlah patokan, sebab kualitas foto dari kamera depan 2.2 MP pada Sony Xperia Z3 dan Sony Xperia Z3 Compact masih lebih baik dibanding kamera depan 5 MP yang umumnya ada pada ponsel selfie. Selain itu penempatan physical shutter button-nya pun dirancang pada posisi ideal ketika hendak mengambil foto dari depan.

Kesimpulan Perbandingan Performa Sony Xperia Z3 dan Sony Xperia Z3 Compact

Melihat berbagai fakta yang diuraikan di atas jelaslah bahwa perbedaan Sony Xperia Z3 dan Sony Xperia Z3 Compact sebatas pada ukuran saja. Karena itu alih-alih menyebut mana yang terbaik antara keduanya akan terasa lebih pas jika memilih sesuai preferensi dan kebutuhan masing-masing.

Cek Harga Sony Xperia Z3 dan Sony Xperia Z3 Compact
Sony Xperia Z3 Compact Sony Xperia Z3
Sony Xperia Z3 Compact Sony Xperia Z3
Sony Xperia Z2 beli sekarang

Sony Xperia Z3 Compact dengan ukuran yang kompak terasa lebih praktis baik saat disimpan maupun digunakan, kaum pria yang umumnya menenteng backpack atau bahkan sama sekali tidak menenteng tas tentu cenderung memilih ponsel ini dengan alasan kepraktisan. Sebaliknya kaum wanita yang hampir pasti menenteng tas tangan cenderung tak berkeberatan dengan ukuran besar Sony Xperia Z3. Manapun pilihan Anda dari sisi performa dan spesifikasi pada dasarnya kedua ponsel ini adalah sama.